17 Agustus 2019

Basic Skincare: Cleanser


Assalamualaikum.

Gimana kabarnya? Semoga tetap diberi kesehatan ya.
Masih rajin pakai skincare kan?? Atau mau coba-coba pakai skincare? Nah, buat yang mau coba atau yang pertama kali pakai skincare wajib banget mampir di post kali ini. Karena di post ini, aku mau membahas tentang step skincare paling penting yaitu Cleansing.

By the way, aku sudah pernah membahas tentang basic skincare di blog ini.
[BACA JUGA] PANDUAN SKINCARE UNTUK PEMULA

Kenapa tahap cleansing ini penting? Karena ditahap ini, yes cuma ditahap ini kita bisa membersihkan kulit wajah dari debu, kotoran, dan sisa-sisa makeup yang masih menempel di kulit wajah. Kalau gak dibersihkan? Jangan salahkan kulitmu kalau kamu sering jerawatan hihihi.

Kenapa? Kenapa kok bisa jerawatan? Karena kotoran yang menempel di kulit wajah bisa menyumbat pori-pori, dengan melakukan cleansing pori-pori jadi lebih bersih dan bisa bernapas. Akibat baiknya, kulit jadi semakin bagus dan sehat.

Penjelasan

Salah satu metode cleansing yang terkenal adalah double cleansing. Metode ini termasuk dalam 10 skincare korean routine (10 step skincare korea) yang sangat terkenal itu. Pada dasarnya, kita gak harus pakai sampai 10 step kok, pilih beberapa yang memang diperlukan aja, contohnya step cleansing ini.

Bagaimana cara melakukan double cleansing?

Pada umumnya double cleansing dilakukan dengan menggunakan 2 produk yang bebeda, yaitu 1st cleanser yang umumnya merupakan oil base cleanser (dapat berupa cleansing oil, cleansing balm, dan cleansing milk) dan 2nd cleanser yang merupakan water base cleanser (dapat berupa facial wash/foam). Tapi ada juga beberapa orang yang tidak menggunakan oil base cleanser, seperti menggunakan micellar water sebagai 1st cleanser.

[BACA JUGA] REVIEW NIVEA MICELLAIR SKIN BREATHE XPERT

Mana yang lebih baik?

Kalau ditanya mana yang lebih baik antara micellar water atau cleansing oil/milk/balm, aku lebih memilih cleansing oil/balm karena bersihnya lebih maksimal. Tapi jika susah menemukan cleansing oil/balm bisa menggunakan cleansing milk yang (harusnya) sangat mudah ditemukan.

Penggunaan 1st cleanser bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit, misal jika sehari-hari tidak menggunakan makeup dan lebih banyak aktivitas indoor bisa lah menggunakan micellar water atau cleansing milk. Tapi jika kalian menggunakan makeup dan banyak aktivitas outdoor, menurutku akan lebih baik jika menggunakan cleansing oil atau cleansing balm.

Kenapa harus oil base cleanser? Karena rata-rata makeup berbahan dasar minyak sehingga akan lebih mudah membersihkan makeup dengan minyak. Dengan menggunakan cleansing oil atau cleansing balm juga tidak perlu menggunakan kapas untuk mengangkat kotoran di wajah sehingga resiko iritasi akibat gesekan kapas lebih minimal. Oil base cleanser juga dapat membersihkan makeup waterproof secara mudah.

Aku sendiri lebih memfavoritkan cleansing oil sebagai 1st cleanser karena dapat digunakan oleh semua jenis kulit sekaligus haraganya affordable dan mudah ditemukan  dibanding cleansing balm.
Setelah aku beberkan sedikit tentang 1st cleanser, mari kita bahas 2nd cleanser.

Sebenarnya dalam pemilihan 2nd cleanser ini terbilang cukup mudah, kalian bisa pakai face wash atau facial foam favorit kalian dan sesuaikan juga dengan kondisi kulit kalian. Aku sangat menyarankan kalian pakai 2nd cleeanser yang pH balance untuk menghindari iritasi di kulit kalian dan supaya kulit kalian lebih nyaman setelah melakukan 2 step yang cukup melelahkan ini hehehe. Gak banyak yang bisa aku jelaskan mengenai 2nd cleanser karena kebanyakan dari kalian pasti sudah paham dengan produk-produknya.

Apakah step ini penting? Yes, sangat penting.

Rekomendasi produk:

1st cleanser

Hada Labo Gokujyun Ultimate Cleansing Oil
Sumber
Banila Co Clean It Zero Cleansing Balm

Viva Milk Cleanser


2nd cleanser
Cosrx Low PH Good Morning Gel Cleanser


Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Facial Wash

Aku kira cukup sampai disini pembahasan tentang step cleansing, insyaallah next time aku akan bahas mengenai step skincare lainnya. Jika ada pertanyaan atau hal yang perlu ditambahkan, silahkan tulis di kolom komentar dan aku akan sangat berterima kasih. Aku harap postingan kali ini membantu, jangan lupa share ke sosial media yang kalian punya jika kalian rasa artikel ini bermanfaat. See you on my next post, bye.

With love,
Firda

30 Comments:

  1. Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung ke blogku

      Hapus
  2. Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Zahrah, sesama anggota WAG IHB :)
    Semoga kedepannya bisa berteman baik ya kak hehe.
    Sudah saya follow blognya ^_^

    Saya selalu kagun dengan teman-teman yang patuh dgn setap by step bersihin muka. Karena sering pada akhirnya, saya cuma pakai sabun badan :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam mbak Zahrah. Salam kenal juga ya, semoga bisa jadi teman🤗.

      Aku juga pernah pakai sabun badan buat muka mbak, tapi cuma pas kepepet aja. Alhasil kulit wajahku jadi kering dan muncul jerawat😭, aku kapok deh. Mau gak mau harus telaten double cleansing

      Hapus
  3. Thank you for sharing! Penjelasannya mudah dipahami <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you sudah berkunjung di blogku. Btw aku nulis ini terinspirasi dari tulisan kamu tentang double cleansing loh🤭

      Hapus
  4. nice. kadang double cleansing di kulit aku yg acne prone ini masih kurang mba Firda, aku butuh 3rd step setelah facial wash pake toner dibersihin lagi sisa2 makeup dan debu2 nya biar ga jerawatan. thanks for sharing mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, kadang aku juga pakai triple cleansing tapi cuma aku pakai pas habis makeup berat aja.
      Biasanya aku pakai micellar water di awal baru ditimpa cleansing oil terus pake face wash, aku lebih suka yg kayak gitu

      Hapus
  5. aku kalau bermakeup selalu triple cleansing tapi kalau nggak bermakeup cukup double cleansing aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak. Kalo cuma double cleansing rasanya kurang bersih. Biasanya aku paki micellar water dulu terus pakai cleansing oil

      Hapus
  6. aku penasaran sama cosrx yg kamu pake kira kira itu bisa buat kulit kombinasibyang mayan mayan se ga sih kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa mbak. Kulitku oily-kombinasi cocok banget pake cosrx

      Hapus
  7. sumpah aku tuh penasaran banget sama banila co, dari kemarin pengen beli tapi mundur maju mulu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah pernah coba yg pink mbak, lumayan. Tapi mau beli yg full masih maju mundur. Harganya gak pas di kantong hehehe

      Hapus
  8. saya termasuk yang suka 1st clenser pakai cleansing milk meskipun pakai makeup tapi jadinya triple cleanser. awal belajar pakai skincare pilihanku juga pakai viva yang bengkoang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaa, aku dulu juga pakai viva milk cleanser karena murah dan bagus. Favoritku varian spirulina

      Hapus
  9. aku biasanya double cleansing pakai micellar water terus bersihin sama viva milk cleanser, abis itu aku pakai face wash

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, aku dulu juga gini. Kalo cuma pakai milk cleanser rasanya kurang bersih

      Hapus
  10. Aku mah sanggupnya baru viva. Jadi itu yg kupakai, varian greentea dan lemon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yg pakai viva ya ternyata. Aku dulu juga pengguna viva mbak, baru-baru ini aja ganti pake cleansing oil

      Hapus
  11. Aku lagi cari cleansing oil nih dan baru ngeh kalau Hadalabo ada cleansing oilnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu juga gak nyangka hada labo punya cleansing oil. Mungkin disini gak terlalu hype macam punya Biore

      Hapus
  12. Aku baru ini aja pakai double cleansing krn mulai suka makeup pdhl gak makeup pun wajib yaa.. Bermanfaat bgt artikel nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, wajib dong. meskipun cuma di rumah debu-debu juga bisa nempel dan bikin kulit kotor.
      Sama-sama. Semoga bermanfaat ya

      Hapus
  13. Double cleansing itu wajib, bahkan aku sampe 3x biar ngga komedoan huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, akupun. Biasanya aku pakai pagi, siang, malem. Ada yg bilang kalo dipake 3x sehari itu over tapi alhamdulillah kulitku baik-baik aja

      Hapus
  14. Wah beguna banget nih, skrng aku jadi ngerti banget buat bersihin kulit wajah aku

    BalasHapus

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.