15 Mei 2020

[REVIEW] SOMETHINC COPY PASTE BREATHABLE CUSHION

Assalamualaikum


Beberapa waktu yang lalu, salah satu brand lokal, Somethinc, mengeluarkan produk terbaru mereka yang berupa cushion. Aku excited banget meskipun aku bukan pecinta cushion. Kemasannya yang menarik dan beberapa klaimnya yang anti mainstream sukses membuatku super penasaran. Ditambah lagi, racun dari beberapa beauty vlogger membuatku makin penasaran dong.

Pas aku baca beberapa klaimnya, aku rasa produk ini sangat menarik. Karena cushion ini bisa merangkap sebagai makeup sekaligus skincare karena banyak kandungan skincare di dalamnya seperti Allantoin, dll. Dan yang lebih gila lagi, cushion ini katanya aman dibawa tidur. But, I'm not crazy, jadi aku gak pakai ini buat tidur. Selain itu, cushion ini mengaku sangat ringan, makanya dikasih nama Breathable Cushion dan punya coverage medium.


Seperti cushion pada umumnya, cushion ini juga cuma mengeluarkan 3 shade dengan undertone yang berbeda. Kalau buat kulit orang Indonesia, pastinya kurang banget, karena kulit orang Indonesia bukan cuma 3 warna. 3 shade cushion ini yaitu:
1. Serene (Light-Medium skin tone)
2. Coco (Medium-Olive skin tone)
3. Charlotte (Medium-Golden skin tone)
Karena kulitku gak terlalu gelap atau terlalu terang dan kulitku lebih punya tone kuning, jadi aku ambil shade Coco.

Beneran sesuai klaimnya gak sih? Gimana hasil shade Coco di kulitku? Baca terus sampai selesai ya.

Packaging


Cushion ini datang dengan box yang punya desain cute banget, aku juga dapet sticker buat ditempel di atas kemasan cushion, cute parah. Di bagian depan box nya terdapat tulisan Somethinc yang bersambung gitu, aku gak tau gimana nyebutnya. Di bagian atas, terdapat nama shade yang merangkap sebagai segel box.


Kemasan dari cushion ini sendiri beda dari cushion pada umumnya karena cushion ini tutupnya magnet, jadi gampang banget kalau mau dibuka tutup. Terus bahan kemasannya ringan tapi bukan yang ringkih gitu.


Pas tutupnya dibuka, kalian akan menemukan puff cushion yang menurutku cantik banget karena bentuknya kotak, beda dari puff cushion lain.


Kalau kalian beli baru, kalian akan menemukan segel macam ini dan pas dibuka kalian akan menyadari kalau bagian cushionnya beda dari cushion lain. 


Ini merupakan Mesh Cushion yang pas dipencet agak keras tapi produk yang nempel di puff gak berlebihan, jadi lebih hemat.

Description & Ingredients

Sayang banget pas aku gak menemukan deskripsi produk ini di kemasannya. Di box nya cuma ada daftar komposisi aja.

Ingredients:
Water, Titanium Dioxide, Cyclopentasiloxane, Diphenylsiloxy Phenyl Trimethicone, Butylene Glycol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Dicaprylyl Carbonate, Cyclohexasiloxane, Iron Oxide (Cl 77492), Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Trimethylsiloxysilicate, Phenyl Trimethicone, Pentylene Glycol, Polypropylsilsesquioxane, Synthetic Fluorphlogopite, PEG-10 Dimethicone, Zinc Oxide, Phenoxyethanol, Magnesium Sulfate, Dipentaerythiryl Hexa c5-9 Acid Esters, Iron Oxides (Cl 77491), Dimethicone, Triethoxycaprylylsilane, Dimethicone/Vynil Dimethicone Crosspolymer, Iron Oxides (Cl 77499), Betaine, Polyhydroxystearic Acid, Aluminum Hydroxide, Disteardimonium Hectorite, Stearic Acid, Fragrance (Parfum), Ethylhexylglycerin, Lecithin, Ethylhexyl Palmitate, Isostearic Acid, Isopropyl Myristate, Hydrogenated Castor Oil Isostearate, Polyglyceryl-3 Polyricinoleate, Anthemis Nobilis Flower Extract, Disodium EDTA, 1,2-Hexanediol, BHT, Tocopherol, Allantoin, Caffeine.

Result

Awalnya aku ragu sih sama kualitas cushion ini, apakah sebanding gitu sama harganya yang menurutku lumayan mahal?
Saat aku coba, ternyata lumayan banget. Sesuai sama namanya, breathable, cushion ini ringan banget dan nyaman dipakai di kulit, gak membuat kulit terasa pengap kayak make up-an banget. Cushion ini juga mengklaim tetap aman meskipun dipakai tidur dan tidak menyumbat pori seperti cushion lain. Tapi aku gak gila, aku gak ada nyali dan gak berminat pakai cushion ini sampai keesokan hari karena kulitku rewel.


Untuk coverage nya menurutku medium dan gak dapat ditambah lagi, udah, medium aja. Tapi meskipun dilayer beberapa kali pun tetap terasa ringan dan noda hitam di kulitku tersamarkan. Meskipun punya coverage medium, tapi ini cukup oke buat nutup dark circle. Ya, I know, sih, dark circle ku gak begitu gelap. Kalau kalian punya lingkar mata yang gelap banget, sepertinya gak bakal tertolong, harus pakai concealer😜.

Saat pertama pakai, aku juga merasa pori-pori di wajahku sedikit ke-blur. Jadi kelihatan lebih kecil dan lebih smooth. Tapi lama-lama efek blur nya hilang dan untungnya gak membuat wajah kelihatan aneh.

Sayangnya, cushion ini gak transferproof. Jadi saat aku gak sengaja pegang wajah, warnanya nempel ke jari-jariku.



Tapi untungnya warna yang aku pilih pas banget di kulitku, jadi gak kelihatan kalau warnanya keangkat. Menurutku ini kurang cocok buat kalian yang sering beraktivitas berat di luar ruangan karena gak tahan lama. Staying powernya cuma sekitar 2-3 jam, setelah itu bakal kalah sama minyak di wajah.

It's a good product, sih, tapi bukan yang bagus banget. Kalau kalian cari cushion yang ringan, coverage oke, kemasan cute, dan gak begitu mempedulikan staying power, sepertinya kalian akan suka dengan cushion ini. Tapi untukku, sepertinya akan aku skip karena aku lebih suka cushion yang tahan lama.

Jika kalian tertarik mencoba produk ini, kalian bisa membelinya di e-commerce atau online shop langganan kalian. Untuk 1pc cushion dibanderol dengan harga Rp 185.000. Menurutku cushion harga segitu termasuk mahal sih. Kalau kalian tanya apa aku akan Repurchase? Aku akan bilang enggak. Aku lebih suka Pixy karena harganya lebih affordable.

What I Love:
-Kemasan menarik
-Terasa ringan saat dipakai
-Tidak menyumbat pori-pori
-Mampu meng-cover bekas jerawat di kulitku
-Warnanya pas di kulitku

What I Hate:
-Pilihan warna terbatas
-Gak tahan lama
-Gak transferproof
-Harga lumayan mahal

Repurchase? No.

Where to buy? Kalian bisa beli di e-commerce yang biasa menjual produk Somethinc.

Sekian dari aku. Aku harap review ini membantu. Jangan lupa share ke social media kalian kalau kalian rasa reviewku sangat membantu kalian. Thank you for reading and I'll see you on my next post, Bye.

*Review ini ditulis sesuai dengan pengalamanku saat menggunakan produknya. Tidak ada yang aku lebih atau kurangkan, semuanya aku tulis berdasarkan pengalaman yang aku rasakan. Hasil di setiap orang mungkin berbeda.

With love,
Firda

37 Comments:

  1. Bisa dipake tidur? Wah gila sih kalo beneran aman dipake tidur wkwkw

    BalasHapus
  2. Waahhh kalau mahal tapi nggak tahan lama jadinya gimanaa gitu ya, apalagi shadenya terbatas, sementara kulit orang-orang beragam :D
    tapi lumayan sih ya bisa menutupi bintik hitam di wajah, meski medium :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara love and hate sih mbak, tapi demi kewarasan dompet, better cari yg murah dan tahan lama aja wkwk.

      Hapus
  3. Wow, coveragenya lumayan banget itu mba! Sebagai team foundation, aku belum pernah nyobain cushion karena kadang coveragenya itu so-so aja, bahkan ada yang nggak menutupi sama sekali. Tapi ini lumayan banget ya mbak... Coba mbak dipake tidur.. wkwkwk :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, meskipun termasuk medium coverage tapi masih bisa nutup dark spot.
      Monmaap nih mbak, gaada nyali😭. Pengennya sih uji coba gitu, tapi kewarasanku lagi dipuncak😂😂

      Hapus
  4. banyak inovasi yang baru ditawarkan dan kerennya lagi bisa dipakai tidu, tidak bisa buat kulit rusak berarti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klaimnya sih aman mbak, tapi belum aku coba pakai buat tidur. Masih gaada nyali wkwk.

      Hapus
  5. Cushionnya tempatnya lucu sih. Warnanya juga kayaknya pas. Belum pernah beli cushion. tapi kalau harga segitu masih mikir-mikir dulu juga hehe. Thanks reviewnya Kak ehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pankapan harus cobain salah satu cushion lokal sih mbak. Coba pixy aja mbak karena harganya lebih terjangkau dan menurutku lebih bagus dibanding ini.

      Hapus
  6. Ih keren banget sampe bisa buat dibawa tidur, hehe. Aku sih emang lebih suka yang shade nya medium gini, soalnya jadi natural banget hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss, jadi gak kelihatan dandan banget kan mbak🤭

      Hapus
  7. Kemasan cushionnya cantik ya. Aku pakai produk Somethinc tapi baru pakai serumnya aja. Tapi emang bagus ya produk-produknya. Setelah baca review ini ada kesimpulan masih bagusan dan affordable cushion Pixy, aku ke Pixy aja deh. Udah pernah nyobain juga. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini produk somethinc pertama yg aku punya sih mbak, aku masih belum tertarik sama skincarenya karena menurutku agak mahal hehehe.
      Iya, pixy menurutku masih lebih oke dibanding ini.

      Hapus
  8. Wah baru tau nih merk somethinc.
    Di liat-liat kemasannya keren ya mba. Harga sih lumayan ya tapi liat hasil pemakainnya bagus banget deh bisa menutup sempurna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kemasannya cakep buat ukuran produk lokal. Finishnya oke sih, tapi sayang gak tahan lama huhuhu.

      Hapus
  9. Tempatnya lucu ya.. Aku termasuk suka pakai cushion untuk sehari-hari, karena simpel untuk touchup. Coveragenya termasuk lumayan menurutku Mba, cuma kalau gak tahan lama harus sering-sering di touchup yaa berarti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tempatnya cantik banget mbak, simple gitu. Iya mbak, sayang ini gak tahan lama jadi harus sering touch up biar gak luntur.

      Hapus
  10. Sayang banget ya kurang tahan lama. Padahal packaging nya lucu (visual banget anaknya, hahaha) dan harganya juga lumayan bikin mikir-mikir sebelum beli. Hahaha

    BalasHapus
  11. Awalnya tertarik ma packaging nya yg unyu2 warna fav aku, tpi kok trnyata harga ga worthed bgt ya Mba, makasih review nya mba

    BalasHapus
  12. Woww packaging nya se simple itu ya kak. Tapi setelah di swatch kayanya ga terlalu full coverage dan warna nya baguss.. anyway aku sendiri belum pernah pake cushion nih hehe masih suka make up yg ribet2 gitu wkwkw

    BalasHapus
  13. Akhirnya nemu juga yang review ini.
    Kalau coverage nya medium kayaknya masih kurang deh. Soalnya dark spot aku lumayan gelap nih. Butuh coverage medium to full lah minimal.

    BalasHapus
  14. Baru kali ini nih aku tau cushion yang kemasannya kotak. Biasanya kan bulet-bulet gitu. Tapi dengan begini malah cushion ini jadi menarik karena kemasannya terkesan unik dibanding yang lain.

    Tapi yang aku sayangkan shade nya sedikit banget. Kasihan sama orang yang warna kulitnya lebih gelap, gak bisa ikut cobain.

    BalasHapus
  15. Somethinc itu ternyata produk lokal. Aku pikir produk luar soalnya harganya mahal. Pernah liat packaging di counter mall tertarik gitu tapi pas liat harga ga jadi beli haha

    BalasHapus
  16. Packagingnya lucu yaah.. finish looknya juga bagus ga ndempul. Auto bookmark nih buat belanja makeup yang selanjutnya.

    BalasHapus
  17. duh packagingnya kok gemes yaa, kan jadi ke suggest pengen beli, pas banget cushionku abis ini, breathable pula ya mba cushionnya jd gak bikin kulit ga bernafas, boleh lah dicoba

    BalasHapus
  18. Packagingnya bagus ini ya, terus hasilnya pun oke banget loh. Ih jadi pengen juga nyobain deh beli Something Copy Paste Breatable Cushion. Bisa sekalian dipakai untuk lebaran nanti, walaupun cuma di rumah aja gak kemana-mana.

    BalasHapus
  19. Kalau ga tahan lama, harus sering di touch up ya mba.

    BalasHapus
  20. Wah ini layernya kain gitu bukan Kak? Aku lagi suka banget sama cushion sejak beberapa bulan belakangan nih

    BalasHapus
  21. Packagingnya bagus ya. Gak kayak cushion lain yang biasanya bulet. Sayang sekali banyak cons-nya. Jadinya cukup tahu aja deh. Udah gitu harganya mahal pula. Sip, sementara, aku puasin pake yang ada di rumah aja. :D

    BalasHapus
  22. Kemasannya menarik ya kak. Warnanya ungu gituuu. Tapi sayang banget ya kalau kurang ok dipakai keluar rumah. Apalagi hanya bisa sekitaran 2-3 jam.

    BalasHapus
  23. Pas lihat kemasannyya, langsung tergoda. Tapi melihat daya tempelnya 2- 3 jam dan dengan harga yang lumayan juga, ini jadi pertimbangan yang menentukan. Setidaknya sudah tahu ulasan cudhionya disini, jadi sudah ada gambaran ttg cushion ini

    BalasHapus
  24. Suka nih ada tiga pilihan warna, jadi bisa menyesuaikan warna kulit. Selain itu coveragenya oke banget dapat menutupi noda. Penasaran jadi kepengen coba, dan warnanya aku cocoknya yang serene deh.

    BalasHapus
  25. Baru tau aku somethic ngeluarin cushion, jd penasaran dia work di kulit aku ga ya, suka sama ckveragenya dech💕

    BalasHapus
  26. Aq baru tau somethic ngeluarin cushion, penasaran jd mau coba, kepo sih sama covarage nya

    BalasHapus
  27. aku pun lebih suka cushion yang stay lama soalnya males touch up, heu ...
    tapi emang nih somethinc punya packaging yang unik.

    BalasHapus
  28. Saya baru tau merk ini, untuk pemakaian sebentar memang bagus ya karen akita ga perlu lama2 menutup pori2 kulit wajah kita

    BalasHapus

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.