9 Desember 2020

[REVIEW] Pratista Brightening Liquid Serum

Dark spot merupakan salah satu dari sekian banyak problem di kulit dan banyak banget yang mengeluhkan kehadiran si dark spot.

Aku merupakan salah satu orang yang sebel banget sama kehadiran dark spot karena aku pernah jerawatan cukup parah dan akibatnya, kulitku dipenuhi dengan bekas jerawat hitam/dark spot/PIH.

If you know me, aku sempat jerawatan selama beberapa tahun tapi akhirnya sembuh, alhamdulillah. Tinggal PR ngilangin bekasnya aja, nah ini yang susah.


Salah satu cara yang aku gunakan untuk memudarkan dark spot adalah dengan rajin memakai sunscreen dan dibarengi dengan pemakaian brightening serum.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya beberapa bulan yang lalu, aku mendapat kesempatan untuk mencoba produk-produk Pratista. Salah satu produk yang membuatku tertarik adalah Brightening Liquid Serum yang aku review kali ini. Aku tertarik karena aku suka bahan pencerahnya (Niacinamide dan Alpha Arbutin), selain itu, kandungan bahannya juga minimalis.


Packaging

Pratista Brightening Liquid Serum ini dikemas dalam botol mungil yang jika dilihat mirip seperti botol obat tetes mata. Tapi jangan dipakai di mata ya, ntar matamu putih.

Bahan botolnya terbuat dari plastik ringan dengan tutup ulir. Botol dan tutupnya berwarna putih. Di sekeliling botol terdapat keterangan produk yang lengkap meskipun ukuran botolnya kecil.

Description & Ingredients

Description:
Membantu mencerahkan dan merawat kulit wajah.

How to use:
Tuangkan 5 tetes Brightening Liquid Serum pada cotton bud atau kapas. Oleskan secara tipis dan merata di area noda hitam (PIH) atau merah (PIE) pada wajah 2 kali sehari.

Ingredients:
Aqua, Niacinamide, Glycerin, Alpha Arbutin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Hydoxypropyl Methylcellulose, DMDM Hydantoin, Glychirrhiza Glabra (Licorice) Root Extract.

Pratista Brightening Liquid Serum ini mengandung bahan-bahan yang sangat bagus untuk mencerahkan kulit seperti Niacinamide, Alpha Arbutin, dan Licorice Extract. Niacinamide dan Alpha Arbutin berada diurutan teratas meskipun tidak dijelaskan berapa persentasenya.

Kulitku memiliki hubungan baik dengan Niacinamide dan Alpha Arbutin. Kedua bahan pencerah ini bekerja dengan baik di kulitku, terutama Niacinamide. Selain mencerahkan, Niacinamide juga membantu mengontrol minyak sekaligus melembapkan kulitku.


Result

Pratista Brightening Liquid Serum ini memiliki tekstur cair yang sangat ringan. Saat diaplikasikan ke kulit tidak meninggalkan rasa lengket dan cepat meresap. Wanginya samar, tapi aku sedikit mencium wangi citrus.

Aku sudah menggunakan produk ini sejak bulan Agustus-November. Yang aku rasakan adalah, PIH di kulit semakin memudar. Meskipun butuh waktu yang cukup lama, tapi setidaknya produk ini bekerja sesuai dengan klaimnya. Jika ditambah dengan pemakaian sunscreen, hasilnya jadi lebih maksimal.

Sayangnya, aku kurang suka dengan cara pemakaiannya yang lumayan ribet (menurutku). Harus pakai cotton bud, terus nuang produknya, baru bisa dipakai ke kulit. Ditambah lagi, tekstur serum ini cair banget, jadi cepat meresap dan cotton bud nya jadi cepat kering. Aku lebih suka pakai caraku sendiri, langsung aku tuang beberapa tetes ke tangan, lalu aku aplikasikan ke area yang membutuhkan. Tapi pastikan tangan sudah bersih ya.

Selain untuk memudarkan PIH (dark spot), produk ini juga mengklaim bisa memudarkan PIE (redness). Tapi karena aku tidak bermasalah dengan PIE, jadi aku gak tahu gimana hasilnya. Sejauh ini, aku puas dengan hasil yang diberikan oleh produk ini.

Kalau kamu mengira produk ini mahal, kamu salah besar. Pratista Brightening Liquid Serum ini harganya cuma 40-50ribuan. Menurutku, ini cukup hemat sih karena pakainya cuma dikit. Pasti bisa dipakai untuk beberapa bulan kalau dark spot mu gak begitu banyak.

Kamu punya masalah sama dark spot? Apa produk andalanmu untuk memudarkan dark spot? Share di kolom komentar ya.

What I Love:
-Ringan dan mudah meresap
-Hasil ada meskipun butuh waktu lama

What I Hate:
-Pemakaian lumayan ribet

Repurchase? Sepertinya enggak, karena dark spot ku sudah mulai memudar dan aku gak akan butuh produk ini.

Where to buy? Produk ini bisa dibeli di akun Shopee Pratista disini.

Sekian dari aku. Aku harap review ini membantu. Jangan lupa share ke social media kalian kalau kalian rasa reviewku sangat membantu kalian. Thank you for reading and I'll see you on my next post, Bye.

*Review ini ditulis sesuai dengan pengalamanku saat menggunakan produknya. Tidak ada yang aku lebih atau kurangkan, semuanya aku tulis berdasarkan pengalaman yang aku rasakan. Hasil di setiap orang mungkin berbeda.

With love,
Firda

4 Comments:

  1. samee!
    aku juga sebel sama dark spot, tapi aku tu bukan yang dark, lebih ke merah :( dan itu lamaaaa banget sembuhnya. aku nggak ada sih produk yang khusus dark spot kayak gini. ngeliat harganya worth to try sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sering denger kalo PIE tuh lamaaaaa banget pudarnya dan butuh banyak effort. Iya, Far, ini worth to try sih emang meskipun ngefeknya lama.

      Hapus
  2. Iya ini cara pemakaiannya cukup ribet ya mbak, jadi banyak produk yg terbuang di kapas/cotton bud nya kan, emang mending langsung tuang ke tangan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, jadi banyak produk kebuang di cotton bud. Mending langsung pakai tangan, lebih praktis.

      Hapus

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.