[DIY] Fermented Oat Face Mask

by - November 12, 2018


Hari ini aku mau bikin DIY. Ini pertama kalinya aku bikin post DIY, dan rencananya aku mau bikin postingan kek gini lebih banyak, setuju?

Kali ini aku mau bikin DIY masker dong ya. Disini siapa yang suka maskeran? Cung tangannya🙋. Aku suka banget maskeran karena pas maskeran itu aku ngerasa lebih relaks aja dan seerasa banyak waktu nganggur😂.

Aku pertama kali pakai masker oatmeal udah lama, sekitar 2-3 tahun yang lalu. Waktu itu cuma oatmeal terus aku campur sama air doang. Aku banyak baca review kalo hasilnya bagus banget, banyak yang merekomendasikan oatmeal ini buat masker. But, anehnya di wajahku doi gak cocok. Jadi habis pakai masker oatmeal + air, wajahku jadi gatel-gatel dan super kering, I don't know why😩.

Aku gamau menyerah dong, akhirnya beberapa waktu kemudian aku nyoba lagi masker ini + aku kasih madu, jadi oatmeal + madu + air dan tetep aja gak cocok🤦. Kan jadi kesel akutu. Habis pakai masker kedua ini wajahku emang jadi lembut, lembab dan keliatan cerah, cuma ya why gitu loh masih gatel😑. Akhirnya aku nyoba-nyoba bikin masker oatmeal fermentasi setelah baca postingan ini. Hasilnya? Scroll terus ya😊

Okay, langsung ke tutorialnya yuk.

Alat dan bahan:


-Oatmeal (aku pakai merk Quaker yang bungkus merah)
-Ragi roti (aku pakai merk Pakmaya, boleh pakai merk apa aja)
-Air secukupnya
-Mangkok kaca/porselen
-Sendok

Kalian bebas mau pakai merk apa aja, karena aku punya yang itu jadi aku pakai aja biar gak beli lagi🤭.

Untuk mangkok/wadahnya wajib pakai yang kaca/porselen ya. Karena gampang dibersihkan dan gak meninggalkan bau, selain itu pori-porinya lebih rapat dari plastik jadi proses fermentasi bisa berlangsung dengan baik.

Step by step:


1. Ambil 3 sendok teh oatmeal. Bisa dikurangi atau ditambah sedikit sesuai kebutuhan. Menurutku 3 sendok udah jadi banyak banget loh. Btw, mangkoknya ada merknya ya, aku sensor biar gak dikira promosi karena keliatan jelas wkwk.

2. Tambahkan air secukupnya, aku pakai 3 sendok makan. Bisa dikurangi kalo ngerasa terlalu banyak, bisa ditambah juga. Setelah itu diaduk sampai tercampur. Maaf ya gambarnya gaada, lupa difoto wkwk.


3. Setelah itu, tambahkan ragi roti. Disini aku pakai 1 sendok teh. Aku pakai perbandingan oatmeal dan raginya 3:1.


4. Setelah ditambah ragi, aduk lagi dengan sendok hingga rata, lalu tutup dengan plastik atau alumunium foil.


5. Aku ganti ke gelas kaca soalnya kalo pakai mangkok gak bisa ditutup pakai plastik😂. Kalo kalian mau pakai mangkok aku saranin pakai mangkok yang ukuran atas sama bawahnya sama ya biar gak susah, atau kalian bisa pakai alumunium foil biar lebih mudah. Kalo udah ditutup biarkan mengalami fermentasi selama kurang lebih 2 jam.


5. Setelah difermentasi selama 2 jam. Teksturnya jadi agak kental, baunya kayak bau tape, menurutku baunya agak lebih tajam daripada tape. Aku suka baunya, tapi buat kalian yang gak suka bau kecut khas fermentasi pasti gak bakalan suka.


6. Pas dicolek ada rongganya di dalem. Asik lah buat mainan #eh 😂


7. Pas udah aku colek dan aku swatch di tangan. Teksturnya lengket banget, kayak lem. Baunya juga nyengat. Masih ada butiran-butiran oatmealnya. 

Cara pemakaian:

1. Aplikasikan masker di wajah menggunakan jari/kuas. Aku sendiri lebih suka pakai kuas karena kalo pakai jari jadinya lengket banget. 

Gak ada foto pas pakainya ya, soalnya serem. Maskernya jadi kayak topeng monster pas dipakai, tebel banget😂.

2. Tunggu hingga setengah kering. Biasanya aku pakai sekitar 15-20 menit.

3. Bilas dengan air bersih. Jangan langsung disiram air, basahi sedikit demi sedikit sambil digosok seperti memakai scrub.

4. Kalo udah bersih semua gausah pakai facial wash lagi ya, karena oatmeal udah mengandung cleansing agent jadi wajah kalian bisa langsung bersih tanpa facial wash.

5. Langsung pakai toner setelah dibilas.

Result:

Setelah pakai masker ini, aku ngerasa kulitku jadi lebih halus dan kelihatan bersih. Dan aku juga ngerasa blackhead di hidungku mulai berkurang, tapi masih ada beberapa yang gamau ilang.

Scrubnya bener-bener gentle banget, sama sekali gak bikin kulit iritasi. Cocok banget buat yang punya kulit gradakan karena scrubnya halus banget, gak sakit.

Masker ini cocok buat kalian yang pengen ngilangin blackhead dengan cara yang gak menyiksa. Dan buat yang pengen kulitnya cerah, halus, dan bersih sehabis maskeran menurutku kalian harus coba masker ini, aku yakin kalian bakalan suka sama hasilnya.

Aku gak rekomen masker ini buat daily use, karena bisa bikin kulit kelihatan kusam. Aku saranin pakainya seminggu sekali aja.

Overall aku suka banget sama DIY masker ini, karena hasilnya bener-bener memuaskan. Tapi aku gak suka karena prosesnya agak ribet. Buat kalian yang gak suka bau-bau fermentasi, aku gak rekomen masker ini karena baunya tajem banget. Mirip bau tape tapi lebih tajam. But I love the smell♥️.

What I Love:
- Murah
- Hasilnya memuaskan

What I Hate:
- Bikinnya ribet, harus difermentasi dulu
- Tekstur maskernya seperti lem, jadi susah diaplikasikan

Bikin lagi? Of course.

Sekian dari aku. Tunggu DIY ku yang lain ya👋. Thank you so much for reading, see you on my next post. Bye♥️

With love,
Firda




You May Also Like

3 comments

  1. Wahh menarik nih mbak bisa buat bersihin blackhead. Blackheadku susah banget dibersihin cara biasa, sampe mo nangis kl pencetin :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba yuk say, mumpung gampang banget bikinnya. Biar gak sakit lagi kalo mau ngilangin blackhead🤭

      Delete
  2. Kenapa tapi di kamu bisa bikin kusam, ya? Harusnya secara teori nggak terjadi seperti itu.

    Resepnya si OK, mungkin bisa ditambah sumber gula untuk raginya biar dia bisa lebih bereaksi dibandingkan cuma starch dari oatmeal. Jadi pengen bikin fermented mask lagi. =D

    Kalo aku buatnya pake masker organik yang di online shop gitu. Kasih madu sedikit, air matang, face oil 3 tetes, dan gliserin. Aduk jadi paste lalu tambahin ragi roti. Tutup rapet (aku pake sejenis gelas gitu, ada tutupnya) dan simpen di tempat hangat seharian.

    Hasil akhirnya yang lembek2 itu aku kasih bubuk kopi sedikit dan serum2 murah aja. Aduk, simpen di kulkas.

    ReplyDelete

Tinggalin komentar setelah baca post ku ya supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar unfaedah. Thank you.