Kenapa Malas Pakai Sunscreen?

by - November 16, 2018


Miris juga ya pas tau kalo belum banyak orang yang paham apa pentingnya sunscreen, malah cenderung menyepelekan arti penting dari penggunaan sunscreen. Menurutku sunscreen harus selalu ada di pouch makeup atau di tas, kapanpun dan dimanapun. Khususnya saat pagi sampai siang hari. Apalagi sekarang udaranya panas banget, mataharinya juga makin galak. 

Aku mulai rutin pakai sunscreen sekitar setahun yang lalu karena aku sadar sih dampak pemakaian sunscreen di kulit itu besar banget. Keliatan banget mana kulit yang rutin dipakein sunscreen sama kulit yang gak pernah dipakein sunscreen. Pas waktu SMA aku gak pakai sunscreen, tapi aku pakai pelembab wajah yang mengandung sunscreen. I think that's enough for me.

Karena sebelum-sebelumnya aku belum terlalu ngerti apasih gunanya sunscreen? Bukannya sama aja ya sama SPF yang ada dipelembab yang aku pakai? Aku ngerasa mendapat hidayah setelah rajin ngecek blognya kak Lintang dan aku imbangin baca-baca jurnal perawatan kulit, nanya sana-sini, dsb dsb. Dan akhirnya aku ngerti kenapa sunscreen ini diciptakan😂.

Jadi sunscreen pada umumnya mengandung UVA dan UVB. Sinar UVA (Ultraviolet A) menyebabkan kulit cepat menua dan muncul bintik-bintik hitam (sun spot) bila tidak dilindungi dengan sunscreen karena sinar UVA menembus sampai kedalam epidermis. Sinar UVB (Ultraviolet B) menyebabkan kulit seperti terbakar dan akan muncul warna kemerahan. Gampangnya sih biasanya aku nyebut UVAging sama UVBurning biar gampang diinget dan biar gak malas pakai sunscreen wkwk. Penjelasannya kurang lebih seperti gambar di bawah

Sumber
Ada 2 jenis sunscreen yaitu Chemical dan Physical Sunscreen.  Chemical Sunscreen merupakan sunscreen yang menyerap sinar UV, biasanya chemical sunscreen gak meninggalkan white cast serta cocok untuk kulit berjerawat (tapi ada beberapa yang breakout). Sedangkan Physical Sunscreen merupakan sunscreen yang menyerap dan memblokir sinar UV. Physical sunscreen meninggalkan white cast, tidak menyumbat pori tapi dapat menyebabkan kulit kering. Zinc Oxide dan Titanium Dioxide merupakan jenis-jenis physical sunscreen.

Sumber
 Baik Chemical maupun Physical Sunscreen mempunyai kelebihan tersendiri. Chemical sunscreen tidak meninggalkan white cast tapi harus re-apply setiap 2 jam sekali. Physical Sunscreen meninggalkan white cast tapi bebas dipakai seharian meskipun tanpa re-apply.

Sunscreen memiliki SPF yang berbeda-beda, mulai dari SPF 15 sampai SPF 50. Kebanyakan sunscreen sudah mengandung UVA dan UVB protection jadi gausah takut kulit jadi gosong. Menurutku tingginya angka SPF sama sekali gak ngasih pengaruh, karena antara SPF 15 dengan SPF 50 tidak jauh berbeda. Seperti yang aku baca di blognya kak Lintang, semakin tinggi angka SPF maka semakin banyak zat kimia yang terkandung di dalamnya. Meskipun ber-SPF tinggi tapi juga wajib re-apply setiap 2 jam sekali hehe.

Sumber

Bagaimana cara pakainya?

Sunscreen digunakan distep terakhir skincare, biasanya aku pakai setelah moisturizer. Di sebuah artikel yang aku baca, sunscreen harus dipakai sekitar setengah sendok teh untuk perlindungan yang lebih maksimal, untuk badan membutuhkan sekitar 30ml. Sunscreen biasanya dipakai 15-30 menit sebelum beraktivitas, saat berkeringat atau terkena air harus di re-apply dan wajib re-apply setiap 2 jam.

Rekomendasi Produk Sunscreen

1. Emina Sun Protection


Sumber
Baca Juga: Review Emina Sun Potection

Emina Sun Protection dengan SPF 30 dan PA+++ memiliki tekstur ringan yang membantu melindungi kulitmu dari sinar UV di hari yang aktif. Diperkaya dengan Aloe Vera Extract dan Emollient untuk memberikan kelembaban ekstrak pada kulit.

2. Skin Aqua UV Moisture Gel
Sumber
Skin Aqua UV Moisture Gel merupakan gel yang mampu memberikan perlindungan ganda terhadap sinar UV-A dan UV-B.Improved Hyaluronic Acid dan Collagen dapat melembabkan, melembutkan, dan mempertahankan elastisitas kulit. Produk ini juga mengandung vItamin B5, E dan C yang mampu menutrisi kulit.

3. Zoya Sunscreen

Sumber
Zoya Cosmetics Sunscreen Cream SPF 35 PA ++ dapat melindungi wajah dari sinar matahari yang dapat memberi pengaruh buruk pada wajah. Dapat membantu mencerahkan wajah, menyamarkan noda, serta mengontrol produksi minyak pada wajah. Memliki formula ringan dan mudah menyerap dengan hasil akhir matte. 

4. Parasol

Sumber
Parasol Face Sunblock Cream SPF 33 merupakan krim untuk melindung kulit dari bahaya terik sinar matahari. Produk ini mengandung Aloe Vera dan Vitamin E, yang bekerja melindungi kulit akibat pengaruh buruk sinar matahari sekaligus menjaga kelembaban kulit sehingga tetap lembut, halus dan tidak kering. Produk ini dapat dipakai sebagai alas tata rias. Produk ini memiliki tekstur yang creamy.

5. Wardah Sunscreen Gel

Sumber
Wardah Sunscreen Gel merupakan pelindung matahari bertekstur gel lembut dengan formula baru dan membuat kulit terasa nyaman. Diperkaya dengan SPF 30 untuk perlindungan maksimal pada kulit. Dengan dua kali perlindungan dari UV A dan UV B, Aloe Vera, dan Pro Vitamin B5 sebagai pelembab dan Vitamin E sebagai anti oksidan. Mengkondisikan dan melembabkan kulit. Tidak lengket maupun berminyak, non-comedogenic, dan mudah menyerap. 

Gimana penjelasanku tentang sunscreen? Udah lengkap kan? Udah aku kasih rekomendasi produknya juga. So, mulai sekarang jangan malas lagi ya pakai sunscreen. Btw, kalo kalian mau cek harganya berapa dan baca-baca review produknya bisa langsung di klik sumbernya ya, udah aku kasih link nya.


Sumber
So, itu aja dari aku. Semoga postingan ini bisa bermanfaat. Kalo ada yang mau nambahin bisa langsung kasih komentar. Thank you for reading and see you on my next post. Bye♥️

With love,
Firda

You May Also Like

0 comments

Tinggalin komentar setelah baca post ku ya supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar unfaedah. Thank you.