[REVIEW] HYDRATING TONER LOKAL TERFAVORIT, PRATISTA HYALU HYDRATING TONER

by - September 03, 2020

Assalamualaikum

Halo, apa kabar?
Maaf banget akhir-akhir ini jarang up review karena lagi gak ada ide buat nulis dan ngefoto produk, jadi agak ngaret update reviewnya. Tapi aku usahakan akan nulis review minimal sebulan 4x.

Beberapa bulan yang lalu (ya, kalian gak salah baca, beberapa bulan yang lalu), aku mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk-produk Pratista. Kebetulan aku ingin mencoba produk mereka dari dulu tapi belum kesampaian gara-gara produk di wishlist ku terlalu banyak. Jadi, saat Pratista menawarkan kerjasama, aku excited banget.

Aku mendapatkan produk ini di awal bulan Juli dan aku mulai coba sekitar tanggal 8 Juli sampai sekarang. Ngaret 2 bulan nih reviewnya. Selain produk ini, aku juga mendapat beberapa produk Lain dari Pratista, yaitu Melt With Me Deep Cleansing Oil, Hyglow Face Mist, Brightening Liquid Serum, dan Daily Sunscreen Gel. Banyak ya? Memang, karena MinSta (admin Pratista) baik banget.

Sebelum aku coba produk ini, aku sudah banyak baca review tentang si Hyalu dan ternyata banyak review positif bertebaran. Jadi pas produk ini sudah sampai di tanganku, aku gak sabar banget buat coba produknya. Gimana sih hasil produk ini di kulitku? Cocok gak sih buat kulit berminyak? Kok bisa sih aku sebut ini sebagai Hydrating Toner terfavorit dari brand lokal? Kalau kalian penasaran, simak terus sampai akhir ya.

Packaging

Produk ini datang dengan box berwarna putih-hijau muda dengan tulisan Hyalu yang timbul, pokoknya desain box nya cantik banget. Produknya sendiri dikemas dalam botol tube yang lebar dan unik banget, aku jarang menemukan produk toner yang kemasannya seperti ini. Tutup botolnya flip top dan menurutku ini rapat banget, jadi gak mudah tumpah.

Jujur aja, saat awal melihat kemasannya, aku kira ini jar, bukan botol. Makanya aku bingung banget kenapa produk toner dimasukkan ke dalam jar😂. Tapi saat aku pegang sendiri produknya, ternyata kemasannya bukan jar. Maafkan ya, memang agak absurd.

Di sekeliling box terdapat keterangan produk mulai dari deskripsi, komposisi, tempat produksi, dll. Di bagian belakang botol juga menyertakan keterangan produk yang sama, jadi kalau box nya hilang masih bisa cek-cek entah itu daftar komposisi atau apa. Expired date ada bagian bawah botol.

Description & Ingredients

Description:
Penyegar yang dapat membersihkan kulit wajah dari kotoran, makeup, dan sisa cleanser. Mengandung Hyaluronic Acid yang membantu membuat kulit wajah menjadi lebih lembut dan lembap.

How to use:
Tuangkan Pratista Skin Health Hyalu Hydrating Toner pada kapas dan usapkan secara merata pada seluruh wajah dengan gerakan melingkar keluar.

Ingredients:
Aqua, Propylene Glycol, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, PED-40 Hydrogenated Castor Oil, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Glycerin, Butylene Glycol, Portulaca Oleracea Extract, Sodium Ascorbyl Phospate, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Glychyrrhiza Glabra Root Extract, Disodium EDTA, Parfum, Cocoamidopropyl Betaine, Sodium Benzoate, Tocopheryl Acetate.

Produk ini mengandung Sodium Hyaluronate, Aloe Vera Extract, Portulaca Oleracea Extract (Aku searching namanya Gelang Biasa, tapi di daerahku biasanya disebut Krokot), dan Licorice Extract sebagai bahan utamanya.

Sodium Hyaluronate merupakan salah satu jenis dari Hyaluronic Acid yang banyak digunakan dalam produk skincare. Fungsinya apa? Ya tentu saja untuk menghidrasi kulit. Aku sendiri merupakan penggemar berat Hyaluronic Acid karena bahan ini membuat kulitku lebih nyaman, terasa lembap dan gak mudah berminyak.

Aloe Vera Extract sudah terkenal banget di dunia kecantikan karena punya banyak manfaat. Selain bisa untuk melembapkan kulit, aloe vera juga berfungsi sebagai soothing agent yang sangat membantu untuk pemilik kulit sensitif dan mudah mengalami kemerahan.

Selanjutnya, ada bahan yang menurutku unik banget dan ini pertama kalinya aku menemukan bahan ini dalam produk skincare. Bahan ini adalah Portulaca Oleracea Extract atau aku biasanya menyebutnya Krokot. Aku baru tahu kalau Krokot bisa dijadikan skincare dan saat aku baca, ternyata Krokot juga punya banyak manfaat untuk kulit, diantaranya sebagai anti aging, mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat, serta membantu meningkatkan produksi collagen.

Bahan terakhir yang menyita perhatianku adalah Licorice Extract/Glychyrrhiza Glabra Root Extract karena bahan ini termasuk salah satu bahan yang gak pernah gagal di kulitku. Licorice Extract berfungsi sebagai pencerah kulit, mengatasi jerawat dan kemerahan pada kulit. Bahan ini juga mengandung zat-zat anti inflamasi.

Result

Aku sudah menggunakan produk ini selama ±1 bulan. Yes, aku gak pakai produk ini full, aku selang-seling dengan produk lain karena aku harus mencoba banyak produk. Tapi selama pakai produk ini, aku gak merasa ada efek negatif di kulitku.

Yang aku rasakan setelah pakai produk ini adalah kulitku menjadi lebih terhidrasi, halus, dan lebih plump. Minyak di wajah juga lebih terkontrol karena efek hidrasinya terasa cukup lama, jadi gak membuat kulitku mudah 'haus'.

Produk ini punya tekstur yang cukup kental tapi saat di spread ke kulit gak terasa berat. Toner ini mudah meresap, jadi kalau mau di layer, gak perlu menunggu lama-lama. Meskipun teksturnya kental, tapi ini termasuk hydrating toner yang ringan. Aku biasanya pakai 3-4 layer dan 5-6 tetes tiap layer. So far, itu malah membuat kulit berminyakku jadi nyaman. Biasanya aku menggunakan produk ini tanpa kapas, jadi langsung aku tuang ke telapak tangan dan aku tap-tap ke wajah sampai merata.

Oh iya, meskipun di daftar komposisi produk ini mencantumkan pewangi, tapi saat aku pakai produk ini, aku gak mencium wangi yang mencolok. Mungkin karena wanginya samar, jadi aku gak notice ada parfum di dalamnya.

By the way, aku suka sama kata-kata di atas. Menurutku itu benar sih, hidrasi merupakan kunci utama kalau kalian mau punya kulit glowing.

So, kalian mau punya kulit glowing? Yuk mulai hidrasi kulit kalian dari sekarang. Aku sangat merekomendasikan produk ini untuk kalian coba karena ini produk lokal dan harganya menurutku standar, gak terlalu mahal maupun terlalu murah. Harga toner ini Rp100.000, guys.

Kalian bisa membeli produk ini di akun shopee Pratista disini atau kalian juga bisa mengunjungi akun instagram Pratista disini kalau kalian mau tahu produk lain dari Pratista.

What I Love:
-Produk dari brand lokal
-Memberikan hasil yang oke di kulitku

What I Hate:
-Sejauh ini belum ada

Sekian dari aku. Aku harap review ini membantu. Jangan lupa share ke social media kalian kalau kalian rasa reviewku sangat membantu kalian. Thank you for reading and I'll see you on my next post, Bye.

*Review ini ditulis sesuai dengan pengalamanku saat menggunakan produknya. Tidak ada yang aku lebih atau kurangkan, semuanya aku tulis berdasarkan pengalaman yang aku rasakan. Hasil di setiap orang mungkin berbeda.

With love,
Firda

You May Also Like

22 comments

  1. Harga PRATISTA HYALU HYDRATING TONER ini lumayan juga ya mbak 100 ribu, tapi jika hasilnya bagus sesuai lah dengan harganya, karena kalo produk Korea bisa lebih mahal lagi.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebenernya ini worth it banget. Tapi menurutku 100rb agak kemahalan karena aku nemu beberapa hydrating toner dengan hasil yg mirip tapi harganya under 100k

      Delete
  2. Eh iya, tadi lihat fotonya aku pikir kemasannya jar lho. Ternyata nggak. Hehehe. 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakan, banyak yg ketipu sama kemasannya😂. Makanya pas pertama lihat aku agak bingung, namanya toner tapi kemasannya jar, eh ternyata akunya keliru.

      Delete
  3. gak salah kok kak, aku aja kira itu jar loh makanya bingung tapi kok toner eh ternyataa 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama!!😂. Aku jadi ngakak sendiri pas inget pertama kali baca review produk ini.

      Delete
  4. Selama ini aku mikirnya untuk mendapatkan kulit glowing itu harus benar-benar lengkap skin care nya. Tapi kalau ngerti kuncinya (hidrasi), itu bisa diakalin supaya lebih simpel dan murah ya ternyata hehe.

    Kemasannya lucu banget! Kayanya baru pertama kali ini deh saya tahu ada yang kaya gitu kemasannya hehe. Udah nanya ke beberapa orang kalau toner itu dipake abis facial wash untuk menstabilkan ph wajah. Tapi suka lupa huhu, keburu pake cream.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, hidrasi adalah kunci, hehehe.
      Kalo aku hampir gak pernah skip hydrating toner, mbak. Kalopun mau skip, biasanya aku ganti pakai serum/ampoule yg bisa kasih hidrasi lebih ke kulit.

      Delete
  5. Cute bgt kemasannya. Cocok buat kulit kering nih kaya aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, ini bagus banget buat kulit kering/dehidrasi. Tinggal sesuaikan aja mau pakai berapa layer dan mau seberapa lembap.

      Delete
  6. Sekarang hydrating toner banyak banget ya mba macemmya. Dan harga segini menurut lumayan sedikit mahal sih hehe karena kemasan yang gak terlalu big. Tapi kalau sudah mencoba mungkin aku bisa bilang harga dengan kwalitas yang ok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, mbak. Kemasannya gak begitu besar tapi harganya udah masuk ke 100k. Tapi sebenernya awet juga lho, mbak.

      Delete
  7. Wah ini nih produk herbal lokal yang aku cari mbak, setelah baca review nya saya tertarik mencobanya. Terima kasih sudah diinfokan penjualnya juga

    ReplyDelete
  8. Jadi penasaran dengan salah satu bahannya Portulaca Oleracea Extract, kalau bisa untuk anti aging dan memproduksi kolagen berarti bisa untuk kulit mature untuk usia 40+ juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba, mbak. Siapa tau bisa membantu nge-boost produksi kolagen.

      Delete
  9. Harganya lumayan juga ya. Tapi kalau hasilnya memuaskan, worth it lah ya...
    Saya sih ga pernah pakai ginian. Hehehe... Ga pernah dandan. Bedak sama lipstik aja jarang dipakai. Tahu tahu udah kadaluwarsa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sih mbak, aku juga jarang dandan, jarang pakai lipstick sama bedak juga kalo gak lagi pengen banget. Tapi kalo skincare masih kenceng demi kulit sehat, biar kelihatan kayak masih 20 tahun meskipun ntar umur udah 50an, hehehehe.

      Delete
  10. Brand lokal pun sekedar makin oke ya Kak, jadi gak perlu jauh-jauh lagi ngintip produk tetangga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, mbak. Sekarang banyak produk dari brand lokal yang bagus. Gak kalah sama brand dari luar negeri.

      Delete
  11. wah baru nih, seger banget deh liatnyaaa :) toner tp macam gel gt ya bentuknya, lebih ngirit kayanya nih kalau dipakai hehe dibanding yg cair sering tumpah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini teksturnya agak kental tapi gak sampai ke gel juga sih, gak secair toner pada umumnya.

      Delete

Tinggalin komentar setelah baca post ku ya supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar unfaedah. Thank you.