17 Desember 2020

[REVIEW] Madame Gie Madame Protect Me SPF 30, Another Produk Murah dari Madame Gie

Halo, apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Gak nyangka tinggal beberapa hari lagi udah mau ganti tahun. Karena udah mau ganti tahun, aku mau mengisi sisa-sisa hari di tahun 2020 dengan berbagai hal positif, salah satunya aktif nulis review.
Aktif nulis review, baik di blog dan instagram, merupakan salah satu goals ku di tahun ini. Karena efek pandemi, aku jadi malas pakai skincare dan jadi gak ada inspirasi buat nulis. Makanya, pas aku update review sebulan 2x aja rasanya untung-untungan banget. Tapiiii, aku akan mulai produktif lagi mulai saat ini dan seterusnya. Aku juga udah nyiapin beberapa segmen baru dan rencananya akan aku post dalam waktu dekat. Doakan lancar ya🤭.

Ngomong-ngomong soal skincare, aku paling gak bisa skip sunscreen, apalagi kalau keluar rumah. Kalau cuma di dalam rumah biasanya aku juga pakai sih, tapi jarang reapply. Aku lebih suka pakai day cream. Karena aku jarang banget terpapar sinar matahari, menurutku day cream aja udah cukup. Tapi kalau lagi rajin banget, aku pakai sunscreen sampai rajin reapply tiap 2 jam.

Nah, karena aku termasuk boros dalam penggunaan sunscreen, jadi aku senang banget kalau ada sunscreen yang harganya affordable + proteksinya maksimal. Tapi, kebanyakan sunscreen yang harganya affordable, proteksinya kurang nendang, rentan bikin kulit menggelap.

Salah satu sunscreen affordable yang aku coba adalah Madame Gie Madame Protect Me. Yes, ini adalah produk sunscreen dari Madame Gie. Seperti yang kalian tau ya, Madame Gie produknya murah-murah banget. Tapi ya gitu, bejo-bejoan. Ada yang bagus banget, ada yang biasa aja, bahkan ada juga jelek (sorry to say ya, emang kenyataan). Sunscreen ini punya SPF 30, kalau buatku yang kebanyakan beraktivitas di dalam ruangan, udah cukup banget. Tapi gimana sih performanya? Apakah sunscreen harga segini hasilnya bagus? Kalau penasaran, baca terus sampai selesai.


Packaging

Madame Gie Madame Protect Me ini dikemas dalam tube berwarna putih dengan tutup flip top berbahan plastik berwarna kuning transparan. Aku suka sama perpaduan warnanya, memberikan kesan fresh. Ukuran kemasannya gak begitu besar, masih nyaman dipegang.

Description & Ingredients

Description:
Madame Protect Me SPF 30 adalah sunscreen yang yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Diperkaya dengan Aloe Vera yang memberikan kesegaran dan kelembapan ekstra tanpa meninggalkan rasa lengket pada kulit.

How to use:
Oleskan pada area leher & wajah 15 menit sebelum terkena matahari.

Ingredients:
Water, Glycerin, Ethylhexyl Palmitate, Mineral Oil, Glyceryl Stearate, Dimethicone, Cetearyl Alcohol, PEG-100 Stearate, PPG-10 Cetyl Ether Phosphate, DI-C12-15 Pareth-8 Phosphate, Titanium Dioxide, Triethoxycaprylylsilane, Trehalose, Potassium Cetyl Phosphate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Isononyl Isononanoate, 4-Methylbenzylidene Champor, Ethylhexyl Metoxycinnamate, Sodium Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Isohexadecane, Polysorbate 80, Carbomer, Triethanolamine, Hydroxyacetophenone, Phenoxyethanol, Sorbitan Isostearate, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Xanthan Gum, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Parfum.

Madame Gie Madame Protect Me ini mengklaim bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV. Bahan yang dipakai untuk membentuk proteksi adalah Titanium Dioxide, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, 4-Methylbenzylidene Champor, dan Ethylhexyl Metoxycinnamate.

Titanium Dioxide sudah banyak digunakan dalam produk sunscreen, khususnya physical sunscreen. Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate merupakan salah satu chemical sunscreen agent yang disebut memiliki perlindungan UVA yang tinggi. Sayangnya, bahan ini tidak bisa digunakan di Amerika dan Kanada karena belum mendapatkan regulasi dari FDA. 4-Methylbenzylidene Champor juga merupakan salah satu bahan chemical sunscreen yang berfokus untuk perlindungan terhadap sinar UVB. Dan yang terakhir, Ethylhexyl Metoxycinnamate yang berfungsi menghalau sinar UVB. Tapi, bahan ini tidak stabil, jadi harus dikombinasikan dengan bahan lain untuk membentuk proteksi yang kuat.

Jika dilihat dari bahannya, sunscreen ini merupakan hybrid sunscreen (gabungan antara physical dan chemical sunscreen).


Result

Madame Gie Madame Protect Me ini punya SPF 30 (sudah aku sebut di awal) tapi gak ada PA+, jadi aku kurang yakin sama proteksinya.

Tekstur sunscreen ini watery dan lumayan ringan, sama seperti tekstur chemical sunscreen tapi lebih encer lagi. Wanginya fresh floral yang hampir gak kecium, jadi gak mengganggu penciuman.

Meskipun warnanya putih, tapi sunscreen ini gak ada whitecast. Karena teksturnya yang ringan, sunscreen ini mudah diratakan dan gak terasa berat di kulit. Saat pertama kali diaplikasikan, gak ada rasa gerah, hasilnya bukan matte tapi gak memberikan efek shiny dan tetap terasa lembap. Tapi dalam waktu 2 jam pemakaian, kulitku sudah terasa gak nyaman karena minyak sudah bermunculan. Menurutku ini wajar sih, karena aku biasa reapply sunscreen setelah 2 jam pemakaian. Jadi ini bukan masalah besar buatku.


Aku suka feel produk ini di kulitku, tapi aku kurang suka proteksinya. Aku pernah pakai produk ini untuk beraktivitas seharian di luar rumah, yang terjadi adalah kulitku jadi menggelap dan untung aja gak sampai gosong banget. Karena kejadian itu, aku lebih sering pakai sunscreen ini kalau aku lagi di dalam rumah.

Menurutku, sunscreen ini kurang oke buat kalian yang sering beraktivitas outdoor karena proteksinya kurang maksimal. Tapi kalau sehari-hari cuma beraktivitas di dalam rumah, kalian bisa coba pakai produk ini.


Harga produk ini terjangkau banget, cuma Rp 21.000 aja di toko tempat aku beli. Kalian bisa dapet harga lebih murah pas lagi diskon.

What I Love:
-Kemasan praktis
-Harga terjangkau
-Finish cukup nyaman setelah diaplikasikan

What I Hate:
-Proteksi kurang maksimal, rentan membuat kulit menggelap
-Setelah 2 jam, sunscreen ini membuat kulit terasa gerah

Repurchase? No, mending aku beli sunscreen yang lebih mahal tapi proteksinya bagus.

Where to buy? Produk ini bisa di beli di toko kosmetik, di akun Shopee/Lazada/Tokopedia Madame Gie.

Sekian dari aku. Aku harap review ini membantu. Jangan lupa share ke social media kalian kalau kalian rasa reviewku sangat membantu kalian. Thank you for reading and I'll see you on my next post, Bye.

*Review ini ditulis sesuai dengan pengalamanku saat menggunakan produknya. Tidak ada yang aku lebih atau kurangkan, semuanya aku tulis berdasarkan pengalaman yang aku rasakan. Hasil di setiap orang mungkin berbeda.

With love,
Firda

28 Comments:

  1. Aku juga pernah pake ini, Fiiiiir 🤭. Tapi sayangnya di aku agak whitecast dikit 😭. Tapi terlepas dari itu aku masih oke-oke aja sama sunscreen ini. Bisa lah aku repurchase lagi kalau sunscreen udah habis, tapi kantong lagi bokek banget.🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena kulit kering kali ya Roem, tapi memang kalau proteksinya kurang jadinya nyebelin juga ya, jadi kudu sering aply terus :D

      Hapus
    2. Lucky you, Rum. Aku berharap banget sunscreen ini gak bikin kulitku gosong bcs murah. Enak kan, bisa dijadiin opsi buat everyday sunscreen, harganya gak nyekek

      Hapus
  2. Saya baru tau, kalau madame gie mengeluarkan sunscreen, karena yg saya tau dia hanya mengeluarkan makeup saja. Sayang banget ya riview produk ini membuat kulit terasa gerah padahal harganya sangat bersahabat. Terima kasih kak sudah mengenalkan saya dgn produk ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang makeup dari Madame Gie tuh terkenal banget ya bcs harganya yang super murah. Iya, sayang banget, mana bikin gosong. Padahal kalau gak bikin gosong, ini mau kupakai buat sehari-hari. Hihihi, sama-sama ya.

      Hapus
  3. Kalau sunscreen untuk oily skin bagusnya yg kaya gimana menurut kamu say? Soalnya kalo oily bgt malah cpt bikin jerawatan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo buat kulit oily, sensi, acne prone, aku rekomen physical sunscreen kak. Minusnya, physical sunscreen ada whitecast. Etapi sekarang udah ada physical sunscreen yang tanpa/minim whitecast. Salah satu favoritku ada dari Etude House yg Sunpride Mild Airy Finish.

      Hapus
  4. Hmm, jadi ragu mau coba. Karena kulitku tergolong sensitif. Takut terdampak setelah aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih ragu, sebaiknya gak usah dicoba, hihihi.

      Hapus
  5. Proteksinya kurang ya.. rncna ogen cobai juga si.. tp gak jd deh . Soalnua kulitku gmpang gosong 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, proteksinya kurang. Kalau mau coba juga boleh sih kak, tapi gak bisa dipakai buat aktivitas outdoor dan harus sering reapply. Agak ribet.

      Hapus
  6. Produk madam gie jadi makin lengkap ya, sekarang udah ada sunscreenya. Harganya terjangkau banget pula, keren banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang Madame Gie juga ada cleanser, toner, dll loh. Jadi makin lengkap koleksinya.

      Hapus
  7. Sunscreen emang penting banget buat perlindungan kulit. Aku juga kalau pergi kemana - mana selalu bawa sunscreen buat di reapply 2 jam sekali. Disini tuh panas banget. Gawat dah kalau ngga pakai sunscreen, kulit bisa sun burn

    BalasHapus
    Balasan
    1. same here, kak. Disini juga panas banget, gak bisa lepas dari sunscreen meskipun cuma di rumah. Mana gerah juga, jadi harus pinter milih sunscreen yang nyaman di kulit dan kantong.

      Hapus
  8. Kemaren mau cobain ini tapi sayang habis di marketplace nya. Jadi aku beralih ke yang ready haha cobain emina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sekarang juga pakai Emina. Kayaknya reformulasi ya? Soalnya feel nya beda dari kali terakhir aku pakai.

      Hapus
  9. Paket lengkap nih, reviewnya udah sama ingredients juga..soalnya aku sekarang lebih teliti sama ingredients ketimbang manfaat..makasih ya mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingredients emang penting banget ya kak, apalagi kalau kulitnya sensi sama satu ingredients, auto was-was

      Hapus
  10. Terimakasih sudah berbagi infonya...
    https://bit.ly/2QFug3Q

    BalasHapus
  11. aku juga sering jadi minyakan gitu kadang sama beberapa sunscreen, makanya aku jarang pakai yg khusus, biasanya pakai foundie atau bedak yg sudah ada spfnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cuma ngandelin foundie atau bedak, menurutku proteksinya masih kurang.

      Hapus
  12. lumayan jg ya buat dipakai di dalam rumah

    BalasHapus
  13. ternyata produknya madame gie ini cukup hit & miss yah.. aku sebetulnya penasaran juga sama produk mereka kalo lagi browsing di tokped karena harganya murce2 bangett.. terutama sama kuteksnya

    BalasHapus

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.