11 Oktober 2021

Review: Avoskin Miraculous Retinol Toner, Produk Retinol yang Beginner Friendly

Sebagai pemula retinol, aku masih maju mundur kalau mau coba produk yang mengandung retinol. Karena aku takut banget sama efek purgingnya yang kebanyakan dikeluhkan sama pengguna retinol. Mulai dari kulit yang jadi kering di beberapa spot, muncul jerawat, komedo, dll. Gatau kenapa kok jadi parno duluan, padahal pas awal coba exfoliating toner, aku juga merasakan hal yang sama.

Ini bukan produk retinol pertamaku sih, karena aku udah pernah coba produk dengan kandungan retinol sebelumnya. Cuma review produknya belum aku up dimana-mana, maybe next time. Produk retinol yang aku coba berupa cream, tapi gak dijelaskan jenis retinol apa yang dipakai dan berapa persentasenya. Aku juga sempat mention produknya sebagai salah satu produk di 2020 favorites.

Baca Juga: 2020 Favorites

Aku udah ngincar Avoskin Miraculous Retinol series ini sejak pertama kali launching di pasaran. Yang paling bikin aku penasaran adalah klaimnya yang katanya mengandung retinol yang mild dan gentle, bahkan bisa dipakai juga buat kulit sensitif, dan pastinya beginner's friendly. Belum lagi aku lihat beberapa review yang bilang Miraculous Retinol series ini bagus banget efeknya di kulit, aku jadi makin keracun.

Packaging

Kemasan Avoskin Miraculous Retinol Toner ini masih sama seperti seri Miraculous sebelumnya, warna kemasannya dark brown dengan kombinasi warna silver untuk tulisan produknya. Tonernya sendiri dikemas dalam botol berbahan plastik dengan tutup ulir. Karena bahannya plastik, botolnya termasuk ringan dan masih bisa dibawa berpergian. Produk ini juga dikemas dalam box yang dilengkapi dengan penjelasan produk yang lengkap mulai dari deskripsi produk, daftar komposisi, hingga tempat produksi yang ditulis dalam dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris).


Description & Ingredients

Description:

Toner dengan kandungan Niacinamide, Retinol, Peptide dan diperkaya dengan ekstrak buah pomegranate untuk memudarkan garis halus, menjaga kekencangan kulit, dan mencerahkan. Bekerja efektif memicu regenerasi sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen secara alami.

Toner ini mengandung 1% Actosome Retinol yang setara dengan 0.03% Active Retinol, 0,1% Hexapeptide yang cocok untuk kulit sensitif.

How to use:

Aplikasikan pasa kulit dalam kondisi bersih dan gunakan sunscreen pada keesokan harinya. Jika timbul kemerahan atau tanda iritasi, sesuaikan frekuensi pemakaian. Produk ini bisa digunakan setiap hari pada malam hari.

Ingredients:

Water, Propylene Glycol, Niacianamide, Glycerin, Polysorbate 20, Phenoxyethanol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Polyglyceryl-2 Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Glyceryl Stearate, Stearyl Alcohol, Camellia Sinensis (Green Tea) Leaf Extract, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Polyglutamic Acid, Tetrasodium EDTA, Retinol, Hydrogenated Lecithin, Ethylhexylglycerin, Cholesterol, Xanthan Gum, Tocopheryl Acetate, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, BHT, Punica Granatum (Pomegranate) Fruit Extract, Butylene Glycol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, BHA, Avena Sativa (Oat) Meal Extract, Palmitoyl Hexapeptide-12.

Result

Aku suka banget sama performa produk ini. Gak salah sih aku jadiin Avoskin Miraculous Retinol Toner in sebagai salah satu wishlist ku sejak pertama kali launching. Aku ngerasa banget ada banyak perubahan di kulitku selama aku pakai toner ini selama kurang lebih 3 minggu.

Awalnya, aku kira toner ini teksturnya cair dan kayak agak seret gitu. Ternyata pas aku coba, teksturnya gak begtu cair, masih agak kental tapi masih termasuk ringan. Gampang diratakan ke kulit juga. Wanginya gak ada, aman. So, kalau kalian suka produk yang gak mengandung wewangian, Avoskin Miraculous Retinol Toner ini bisa banget buat kalian coba.

Sebelum aku coba produk ini, kulitku tuh kelihatan enggak banget karena aku udah jarang pakai skincare. Paling cuma pakai face wash terus lanjut pakai moisturizer. Jadi kulitku kelihatan kering sampe flaky di beberapa bagian. Terus, muncul little bumps juga karena kebiasaan buruk malas pakai skincare. Huhuhu, tolong jangan ditiru yaaaa. Setelah ketemu Avoskin Miraculous Retinol Toner ini, kulitku jadi amat sangat membaik, seakan-akan semua masalah kulitku terhempas. Mulai dari kulit yang awalnya terasa kering, kasar saat dipegang, dan terlihat flaky di beberapa spot jadi lebih supple, halus, dan lembap setelah aku pakai toner ini. Little bumps yang agak bikin kulit kelihatan gak bagus juga ilang tanpa jejak, jadi mulus lagi ini kulit. Nih, kalian bisa lihat foto before-afternya di bawah.

Aku rutin pakai Avoskin Miraculous Retinol Toner setiap malam, gak aku kasih jeda sama sekali. Tapi untungnya, kulitku baik-baik aja. Gak ada muncul tanda-tanda purging atau apapun itu lah. Karena teksturnya yang agak kental, aku lebih suka apply langsung pakai tangan daripada dituang ke kapas.

Untungnya, untung banget, aku gak ngerasa ada reaksi aneh-aneh (dalam konteks negatif) selama pemakaian toner ini. Sebelumnya, aku sudah pakai retinol cream kan, nah pas pakai produk itu tapi gak dibarengi pemakaian sunscreen (pas paginya), kulitku jadi terasa agak kebakar gitu padahal kena sinar matahari gak lebih dari 10 menit. Tapi pas pakai si Avoskin Miraculous Retinol Toner ini, kulitku baik-baik aja meskipun aku gak pakai sunscreen pas paginya. Atau karena sekarang hampir 98% kegiatanku ada di dalam ruangan ya? Jadi kemungkinan kulit terbakar karena sinar matahari jadi berkurang.

So far, aku suka banget sama hasil yang diberikan oleh Avoskin Miraculous Retinol Toner ini. Beneran gak sia-sia aku masukin produk ini ke wishlist ku dan sangat worth to try. Kalian harus coba juga sih, aku sangat merekomendasikan produk ini. Untuk harganya, Avoskin Miraculous Retinol Toner ini harganya gak begitu mahal sih menurutku, masih di bawah Rp200.000 jadi masih termasuk terjangkau. Harga aslinya Rp199.000 untuk satu botol toner dengan isi 100ml, tapi sering banget diskon di beberapa toko menjadi beberapa ribu lebih murah. Kalau mau beli, bisa langsung klik disini:


Kalian udah pernah coba produk ini atau produk-produk Avoskin yang lain? Share juga pengalaman kalian di kolom komentar ya, karena aku suka banget bacain komentar kalian. Thank you so much udah menyempatkan waktu baca review produk ini sampai selesai. Semua review aku tulis berdasarkan apa yang aku rasakan tanpa ada yang aku kurang/lebihkan. See you on my next post.

With Love,
Firda

13 Comments:

  1. aku udah abis 3 botol toner ini, saking cintanya, tapi kalau dah abis sebotol biasanya aku seling sama toner lain dulu baru balik lagi ke toner ini :)

    BalasHapus
  2. Wah bisa buat tekstur kulit juga ya.. Keliatan bgt beda before afternya

    BalasHapus
  3. Duh brand ini selalu kaaih racun skincare yaaa, mana kialitasnya juara semua lagi

    BalasHapus
  4. wah tekstur kulitnya jadi semakin membaik ya, dari rilis ada di wishlist.
    tp makin banyak aja produk avoskin, bingung coba yg mana duluan

    BalasHapus
  5. Aku udah cobain ini juga, dan enak teksturnya di kulit ehehe

    BalasHapus
  6. Retinol toner nya aku suka sii bienak banget dikulit🤤

    BalasHapus
  7. Tosss aku juga pake toner retinol ini jd retinol pertama aku hehe

    BalasHapus
  8. Referensi retinol toner buat aku coba nanti ^^

    BalasHapus
  9. Aku masih maju mundur coba skincare kandungan retinol, boleh nih buat dicoba khususnya pemula kyak aku

    BalasHapus
  10. Produk ini joss bikin kulit kenyel, tp aku ga cocok kandungannya deh kayaknya, soalnya selalu muncul jerawat nodul pas pakein series ini

    BalasHapus
  11. Aku juga pake ini. Suka banget ngefek di kulitku. Apalagi buat mengatasi jerawat.

    BalasHapus

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.