Review: Cleansing Balm Pertama dari Brand Lokal, Fanbo All In One Deep Cleansing Balm. Worth to Try?

by - April 07, 2022

Cleansing Balm merupakan salah satu produk skincare yang banyak disukai karena praktis. Cleanser dengan bentuk balsem ini pertama kali dipopulerkan oleh brand Banila Co, disusul dengan Heimish yang juga sempat rame banget di Indonesia. Karena produk cleansing balm ini lagi rame dan banyak peminat, salah satu brand lokal jadul yang juga lagi sering berinovasi, Fanbo, merilis produk cleansing balm-nya berbarengan dengan event SurabayaxBeauty by Female Daily. Aku pun juga sempat datang ke acara itu di tahun 2019 lalu, sebelum corona menyerang. Huhuhu, I miss that day.

Di event itu, Fanbo mengadakan sale special untuk perilisan Fanbo All In One Deep Cleansing Balm ini dengan harga special. Seingatku sih harganya Rp49.000 dan ada promo buy 1 get 1 juga. Jadi lebih hemat. Aku pengen banget beli semua varian, tapi pas aku nitip ke temanku, Ci Tiffany, yang ada cuma Tea Tree (Hijau) sama Lemon (Kuning). Kalo lengkap, ada varian satu lagi namanya Sakura (Pink).

Masing-masing varian punya fungsi yang berbeda. Berhubung pas aku beli wajahku lagi jerawatan, aku milih yang Tea Tree untuk dicoba lebih dulu, baru yang lemon pas jerawatku udah mulai reda. Tapi ternyata semuanya gagal, gak sesuai rencana awal karena ada beberapa alasan yang akan aku beberkan di postingan ini. Penasaran gak sih gimana performa produk ini di kulitku? Eh tapi, aku udah pernah nge-review produk ini di Instagramku sebelumnya, jauh sebelum postingan ini dibuat. But, gapapa lah ya, anggap aja sebagai reminder. Kan lumayan bisa baca lagi review produk ini, siapa tau ada yang terbantu. So, here's the review.

Packaging

Dari kemasannya, aku gak akan banyak berkomentar sih. Jujur aja, desainnya terlalu rame, tapi aku dulu mikir kemasannya cute, hahaha. Bahan kemasannya cuma dari plastik yang pas dipegang lumayan kokoh, tebal gitu. Daaaann, ini yang bikin aku agak sebel, warnanya. Jujur aja, pas ambil foto produk ini tuh susah banget buat nyesuaiin warnanya. Apalagi pas itu aku fotonya cuma modal cahaya matahari, jadi ya pinter-pinternya yang nge-foto aja deh. Aku gak bisa cari posisi yang bagus, jadi, my fault.

Untuk bentuk kemasannya, keamanannya, dll, aku gak ada masalah. Fanbo juga udah ngasih spatula buat ambil produknya, dan ada tutup pembatasnya juga. Jadi bisa lebih higienis soalnya gak dicolek langsung pakai tangan.

Description & Ingredients


Fanbo All In One Deep Cleansing Balm Lemon

Description:

Cleansing balm yang sempurna untuk membersihkan makeup waterproof & long lasting. Mengandung bahan aktif yang natural seperti Ekstrak Lemon yang dapat membuat kulit tampak lebih bersinar, menyamarkan noda-noda hitam, dan mengurangi pigmentasi. Sesuai untuk semua jenis kulit, terutama kulit sensitif.

How to use:

Gunakan spatula yang sudah disediakan. Oleskan cleansing balm diseluruh wajah & pijat perlahan-lahan. Hapus makeup menggunakan handuk kering atau kapas.

Ingredients:

Caprylic/Capric Triglyceride, Ethylhexyl Palmitate, Mineral Oil (Paraffinum Liquidium), PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Helianthus Annuus Seed Cera, Decyl Cocoate, Butyrospermum Parkii Butter, Polyamide-8, Ozokerite, Water, BHT, Citrus Aurantifolia Fruit Extract, Tocopherol, Ascorbyl Palmitate, Pentaerythrityl Tetra-Di-T-Butylhydroxyhydrocinnamate, Phenoxyethanol, Methylparaben, Ethylparaben.

Fanbo All In One Deep Cleansing Balm Tea Tree Oil

Description:

Kehebatan cleansing balm ini dapat membersihkan makeup waterproof & long lasting sekalipun. Diformulasikan dengan Tea Tree Oil yang dapat membantu melindungi kulit dari penyebab jerawat, menyejukkan kulit kemerahan, melembapkan & mengontrol minyak. Sesuai untuk kulit berminyak dan sensitif.

How to use:

Gunakan spatula yang sudah disediakan. Oleskan cleansing balm diseluruh wajah & pijat perlahan-lahan. Hapus makeup menggunakan handuk kering atau kapas.

Ingredients:

Caprylic/Capric Triglyceride, Ethylhexyl Palmitate, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Helianthus Annuus Seed Cera, Decyl Cocoate, Butyrospermum Parkii Butter, Polyamide-8, Ozokerite, Water, BHT, Citrus Aurantifolia Fruit Extract, Tocopherol, Ascorbyl Palmitate, Pentaerythrityl tetra-Di-T-Butylhydroxyhydrocinnamate, Phenoxyethanol, Methylparaben, Ethylparaben.

Result

Cleansing balm ini memiliki tekstur seperti lilin, kalo dioles agak sedikit kasar karena ada butiran scrub di dalamnya. Tapi scrubnya masih termasuk kecil, gak beresiko bikin kulit meradang. Pas awal pakai, aku agak geli sama sensasinya karena baru kali ini pakai produk first cleanser yang ada scrubnya. Meskipun teksturnya kayak lilin, tapi pas udah kena kulit jadi meleleh.

Pas awal pakai cleansing balm ini, aku merasa gak ada keanehan sama kulitku, 3-4 hari pertama masih baik-baik aja. Nah, pas udah semingguan lebih pakai produk ini, baru kelihatan anehnya karena jerawat yang awalnya udah kalem tiba-tiba jadi meradang lagi dan muncul juga beberapa di berbagai tempat. Gak cuma jerawat yang muncul, tapi komedo juga ikut muncul.

Biasanya kalau habis cleansing tuh kulitku jadi halus kan rasanya, tapi pas habis pakai produk ini kok enggak, malah biasa aja kayak belum pakai first cleanser. Pokoknya aku sebel pol karena bikin kulitku tersumbat, gak bisa diemulsi juga, jadi kayak masih kerasa banget minyaknya meskipun udah pakai face wash. Setelah gak pakai cleansing balm ini, kulitku jadi membaik banget. Jerawat-jerawat yang sebelumnya muncul jadi hilang perlahan. Aku ganti cleanser lain dan alhamdulillah cocok.

Untuk claeansing powernya sendiri menurutku cukup oke sih karena bisa hapus makeup tanpa ribet. Aku coba hapus BB Cream, waterproof eyeliner & mascara, Lip cream, dan Lip tint. Semuanya bersih tanpa sisa.

Aku baru sadar sih ternyata cleansing balm ini pakainya harus dilap dulu pakai handuk basah atau kapas, pantesan sih soalnya pas langsung aku bilas gak teremulsi dengan baik. Salahku sih emang karena gak baca dulu cara pakainya huhuhu. Tapi karena pernah bikin kulitku jerawatan dan aku jadi badmood banget, aku gak akan pernah coba produk ini lagi meskipun dikasih gratis. I'm so sorry, Fanbo, karena kebodohanku sendiri aku jadi trauma mau coba cleansing balm ini lagi.

Kalau dibandingkan dengan cleansing balm dari brand lain, Fanbo All In One Deep Cleansing Balm ini punya harga yang lebih terjangkau lho, yaitu cuma 40ribuan. Meskipun bikin kulitku jadi gak bagus pas aku pakai (karena kebodohanku), apakah kalian tertarik untuk mencoba produk ini? Atau kalian sudah pernah coba produk ini? Ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar ya.

You May Also Like

5 comments

  1. Wih mantap juga ya cleansing powernya. Ga kalah sama yang brand luar

    ReplyDelete
  2. Harganya affordable ya, tapi jadi takut juga nih nyobainnya

    ReplyDelete
  3. aku pernah pake cleansing balmya fanbo tapi yang warna pink, emang sebagus itu ya kan buat bersihin makeup

    ReplyDelete
  4. Berena ya penting banget deep cleansing tuh, biar gak nyisain kotoran yg bisa jd permasalahan kulit

    ReplyDelete
  5. Wishlist aku dr fanbo si sunscreennya sih, tp balmnya menarik jg nih

    ReplyDelete

Tinggalin komentar setelah baca post ku ya supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar unfaedah. Thank you.