28 Februari 2023

Basa Basi Beauty: Trend Wash Off Peeling Serum, Beneran Worth To Try atau Cuma Gimmick?

peeling serum

Akhir-akhir ini, aku banyak menjumpai produk serum dengan kandungan acid (AHA, BHA, PHA) yang cara pemakaiannya mirip seperti wash off mask. Yap, dibilas. Hal ini gak cuma aku temui di satu atau 2 produk, tapi kayak hampir semua exfoliating serum yang aku temui, anjuran pemakaiannya kayak gitu. Jujur aja, aku agak kaget dengan trend ini. Karena pas aku lihat, kandungan acid di dalamnya bahkan gak begitu tinggi.

Awal Mula

Ngomongin soal wash off peeling serum, kayaknya produk-produk semacam ini mulai muncul sejak produk The Ordinary populer. Karena yang bikin trend ini populer ya The Ordinary sendiri. Dia punya suatu produk yang namanya AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution. Melihat kandungan AHA yang setinggi itu, ya jelas ini bukan produk yang bisa stay di kulit dalam waktu lama. Tapi jujur, aku belum pernah coba produk ini. Sempet pengen sih, tapi sering mikir lagi, apa iya efektif buat kulit?

Akhirnya ada satu brand lokal yang saat itu baru muncul dan membawa konsep yang sama kayak produk-produknya The Ordinary. Sebut saja nama brandnya Somethinc, hehehe. Aku cukup terkesan sih sama brand ini, karena kayaknya Somethinc tuh brand lokal pertama yang ngusung konsep produk skincare dengan penamaan ingredients (kayak 10% Niacinamide, dll), cmiiw ya.

Pas itu, Somethinc ngeluarin produk peeling serum yang konsepnya wash off juga kayak produknya The Ordinary. Warnanya juga sama-sama merah, tapi somehow punya Somethinc warnanya gak sepekat The Ordinary punya. Teksturnya juga beda, dan persentase kandungan Acidnya juga tentu berbeda. Somethinc punya kadar acid yang lebih 'manusiawi' daripada The Ordinary. Kalo gak salah inget, kandungaan AHA dan BHA di produk Somethinc cuma 3% dan 1%, jauh banget dari produknya The Ordinary.

Kemungkinan Alasan Adanya Produk Ini

Mungkin nih ya, mungkin, produknya memang sengaja dibikin wash off biar jadi beginners friendly. Karena pas itu belum banyak orang yang pakai acid di produk skincare, ada pun mungkin persentasenya rendah. Jadi, Somethinc bikin The Ordinary Peeling Solution versi lite buat para pemula acid.

Aku sendiri sebenernya gak ada masalah dan gak ada drama-drama kebencian sama produk wash off peeling serum. Aku juga pakai kok dan hasilnya oke. Tapi aku ada keluhan pribadi, aku kurang enjoy sama proses wash off nya, menurutku memakan waktu banget. Mohon maaf ya, karena aku sangat mageran, hehehe.

Produk yang Aku Coba

Produk wash off peeling serum ini ternyata terus bermunculan, bahkan beberapa bulan yang lalu, aku sempat dapat PR package dari salah satu brand yang ngeluarin produk serum terbaru. Salah satu produknya ya si wash off peeling serum.

peeling serum

Kebanyakan sih produk-produk yang aku punya kandungan acidnya gak begitu tinggi, cuma 3-5%. Aku sebenernya gak masalah kalopun pakai produknya tanpa dibilas. Tapi aku bimbang. Takut kalo formulanya emang buat dibilas, takut kulitku kenapa-kenapa. Jadi daripada resiko, yauda aku pakai sesuai dengan cara pemakaian.

Dari banyaknya produk peeling serum yang dibilas dari brand lokal, aku udah coba 3 produk, yaitu Trueve, Dermies, dan Rivera. Ketiganya punya kandungan acid yang berbeda, tapi cara pakainya sama. Tekstur dan konsistensinya juga berbeda.

Kesimpulan dari Bahasan Ini

Aduh, jadi bingung ini mau kasih kesimpulan kayak gimana. Intinya, produknya ribet. Aku pribadi sih prefer sama peeling serum yang tanpa bilas-bilasan biar gak repot dan gak perlu bolak-balik kamar mandi. Toh persentase acidnya juga gak begitu tinggi, dan aku pikir kulit orang-orang udah bisa menolerir acid dengan persentase segitu.

Kalo ngomongin produknya bagus apa engga, ya aku akui produknya bagus-bagus. Bekerja dengan sangat baik di kulit. Tapi aku gak melihat perbedaan dengan serum acid lainnya yang cara pakainya gak usah dibilas.

Mau pakai atau engga, it's your choice. Kalo penasaran, ya silakan coba. Tapi kalo kalian yang emoh ribet macam aku, mending skip daripada kesal, hehehe. Cukup sekian, thank you.

*Note: Postingan ini dibuat berdasarkan keluhan pribadi. No baper, ya.

0 Comments:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.