25 Juni 2023

Pilih Skincare Sesuai Kebutuhan dengan Skinproof, No More Terjebak Klaim Produk yang Menyesatkan

Apasih yang membuat kalian tertarik saat membeli produk kosmetik (skincare dan makeup)? kemasan produknya? Kandungan produknya? Atau klaim produknya? Pasti mayoritas dari kalian akan menjawab klaim produk. Memang, klaim dalam sebuah produk kosmetik kadang terdengar begitu menggiurkan, tapi tak jarang juga menyesatkan.

Ada beberapa klaim produk kosmetik, khususnya skincare, yang menurutku menyesatkan banget. Seperti mencerahkan dalam 7 hari, menghilangkan bekas jerawat dalam hitungan hari, hingga menghilangkan bopeng. Biasanya, produk-produk ini meng-highlight salah satu bahan yang katanya 'powerful' untuk mengatasi permasalahan kulit.

Padahal, untuk mencerahkan kulit dalam waktu 7 hari tuh susah banget. Apalagi jika kamu hanya mengandalkan satu atau dua produk skincare tanpa diimbangi dengan gaya hidup sehat dan perawatan dari ahli. Bahkan untuk mengatasi bopeng juga tidak cukup hanya dengan menggunakan skincare, tetap memerlukan bantuan dokter kulit.

Menurutku, klaim-klaim yang menyesatkan seperti ini sangat merugikan konsumen. Khususnya untuk para konsumen baru, yang mungkin saja baru mengenal dunia perawatan kulit. Selain tidak akan memberikan perubahan apapun di kulit (karena memang hasilnya tidak sesuai klaim), uang juga terbuang sia-sia.

Pengalaman Salah Memilih Skincare


Aku sendiri pernah menjadi korban klaim menyesatkan suatu produk skincare saat aku masih berjuang dengan jerawat. Kulitku bukannya membaik, malah makin hancur dan jerawat seperti mati satu tumbuh seribu. Aku tergiur dengan klaim dapat memperbaiki segala masalah kulit dalam waktu 30 hari. Bahkan di bagian iklan, ada demo pemakaian produknya. Brand ini menganjurkan untuk menggunakan produknya setiap hari.

Yang aku sadari saat ini, klaimnya sangat menyesatkan. Produk yang dijual merupakan toner dengan kandungan acid (AHA, BHA, PHA) yang seharusnya tidak digunakan setiap hari. Apalagi untuk kulit yang baru mencoba kandungan tersebut, yang mungkin malah membuat kulit bukannya membaik, malah lebih parah.

Baca juga: Perjalananku Melawan Jerawat + Tips Bebas Jerawat

Akhirnya setelah tersesat selama bertahun-tahun, aku mulai paham bagaimana cara memilih produk skincare yang tepat untuk kulitku. Aku juga tidak lagi termakan klaim dan iklan suatu produk. Kulitku yang awalnya berjerawat, oily tapi kering (dehidrasi), menjadi lebih baik dan jarang banget jerawatan, plus minyak lebih terkontrol. Nanti aku jelaskan cara memilih skincare yang tepat, ya, stay tune terus!

Beruntungnya generasi sekarang sudah mulai dimudahkan jika ingin mencoba produk skincare. Mulai dari banyaknya review produk, hingga penjelasan tentang skincare yang bisa diakses dengan mudah dan gratis.

Untung Ada Skinproof!

Seiring berkembangnya jaman dan majunya teknologi, untuk mencari produk yang tepat tanpa harus terjebak klaim yang menyesatkan pun semakin mudah. Salah satunya adalah Skinproof, perusahaan yang fokus pada riset konsumen dan pengujian produk di industri kosmetik.

Skinproof PT Derma Lab Asia merupakan anak perusahaan dari Arya Nobel  dan sudah ada sejak tahun 2017 dan banyak menangani perusahaan kosmetik ternama. Tak hanya berfokus pada riset konsumen dan pengujian produk, Skinproof juga mengedukasi konsumen tentang keamanan dan efektifitas produk. Jadi konsumen bisa memilih produk yang tepat tanpa harus khawatir terjebak klaim produk kosmetik yang menyesatkan.

Melalui workshop bertajuk Skinproof Bantu Konsumen dalam Memilih Produk Kosmetik Sesuai KebutuhanHead of Skinproof, Theresia Sinandang, menyebutkan bahwa klaim dari sebuah produk kosmetik juga menjadi daya tarik konsumen yang paling tinggi. Untuk itu, beliau menghimbau untuk jangan termakan klaim sebuah produk kosmetik. Kita juga perlu memilah produk mana yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan bagaimana efeknya.

Tips Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit


Sesuai janjiku, aku akan memberikan beberapa tips memilih skincare sesuai dengan jenis kulit. Tips ini berdasarkan pengalamanku, ya. Perlu kalian ketahui kalau aku memiliki kulit yang cenderung berminyak dan tidak memiliki banyak masalah kulit. Jadi kulitku termasuk di zona aman. So, berikut tips yang bisa kamu terapkan saat memilih skincare untuk kulit berminyak.

Memilih produk dengan kandungan pelembap

Pasti banyak yang menyangka kalau pemilik kulit berminyak tak butuh pelembap. Ini statement yang salah besar, karena kulit berminyak juga membutuhkan pelembap. Aku sendiri selalu mengutamakan adanya kandungan pelembap di dalam skincare yang aku pilih. Bahan pelembap favoritku adalah Hyaluronic Acid dan turunannya. Karena bahan ini sangat bagus untuk melembapkan dan menghidrasi kulit. Tingkat kelembapannya sangat pas untuk kulit berminyak.

Hindari skincare yang mengandung alkohol

Aku sangat menghindari penggunaan alkohol di dalam skincare sejak bertahun-tahun yang lalu. Alkohol memberikan rasa sejuk di kulit dan dapat menghilangkan minyak di wajah. Tapi penggunaan alkohol secara terus menerus tentu tidak baik, karena dapat mengganggu keseimbangan kulit dan membuat kulit kering.

Tentu tidak semua alhokol di dalam kandungan skincare itu jelek. Yang perlu untuk dihindari adalah alkohol jahat, seperti Alkohol Denat, Ethanol, Methanol, dll.

Aku juga masih pakai produk dengan kandungan alkohol, tapi beda jenis. Yang aku pilih adalah fatty alcohol atau alkohol baik, seperti Cetearyl Alcohol. Fatty alcohol ini memiliki sifat melembapkan yang nyaman di kulit berminyak

Jangan terjebak klaim 'Skincare untuk Kulit Berminyak'

Meskipun aku memiliki kulit berminyak, tapi aku menghindari produk-produk skincare yang mengklaim atau memiliki formula khusus untuk kulit berminyak. Karena aku pernah mengalami kulit dehidrasi saat menggunakan skincare dengan klaim untuk kulit berminyak.

Skincare untuk kulit berminyak biasanya memiliki finish yang matte. Mungkin awalnya terasa nyaman karena minyak berkurang, tapi lama-lama minyak di wajah makin banyak dan membuat kulit terasa kering. Jadi aku memutuskan untuk tidak lagi membeli produk skincare dengan embel-embel for oily skin, dan sebagainya.

Kesimpulan

So, kalian bisa lebih mudah memilih skincare yang tepat tanpa khawatir terjerumus klaim yang menyesatkan dengan bantuan dari Skinproof. Aku bersyukur banget ada perusahaan yang benar-benar peduli dengan konsumennya, apalagi Skinproof juga memberikan edukasi kepada konsumen secara netral.

Kalian bisa mengunjungi website Skinproof di www.skinproof.co.id, atau bisa juga mengunjungi akun instagram Skinproof, @skinproof.id. Kalian juga bisa cek akun instagram Arya Nobel di @aryanoblelife.

15 Comments:

  1. Oke juga nih ini ngebantu banget buat semua ketika pilih skincare

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeess!! Bener banget. Jadi gak ada lagi yang terjebak klaim produk yang menyesatkan.

      Hapus
  2. Seru banget sekarang jadi bisa lebih aman pilih skincare

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, jadi gak meraba-raba lagi. Bersyukur banget.

      Hapus
  3. Artikelnya ilmu banget mih, biar ga asal milih skincare juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, betul. Bair gak buang-buang uang juga kak, kan sayang ya

      Hapus
  4. Bener banget kak. Skincare untuk kulit berminyak kebanyakan malah punya kesan "narik" di kulitku kombinasi. Sekarang kalau mau cari skincare enggak melulu karena kulit cenderung berminyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayy, ternyata gak aku aja yang setuju, hehehe

      Hapus
  5. Yang newbie di dunia skincare, wajib baca ini! Apalagi dg semakin banyaknya brand skincare, pasti bingung mau beli yg mana. It's your guidance!

    BalasHapus
  6. Seneng banget nih Nemu artikel yang ga melulu ngebahas tentang produk skincare, tapi juga mengedukasi kaya gini

    BalasHapus
  7. Skinproof sangat membantu sekali dalam pemilihan produk yang tepat ya, Kak. Jadi nggak perlu khawatir salah pilih buat yang masih awam dunia per-skincare-an.

    BalasHapus
  8. Bagus banget peran Skinproof, biar aku yang pemilik acne prone skin bisa tau skincare apa yang aku butuhkan

    BalasHapus
  9. Setuju sih emang tricky banget urusan skincare even mau kulit kering tapi juga kudu ramah sensitif aku termasuk yang sulit karena kadang cocok di sensitif tapi tidak cocok di keringnya.

    BalasHapus
  10. asliiiii! skinproof bener-bener ngebantu banget, karna ternyata sepenting itu buat tau kredibilitas produk sebelum kita pake..
    sejak kenal skinproof sekarang bener-bener lebih selektif banget buat pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit, jadi ga gampang fomo sama produk yang lagi viral karna belum tentu cocok juga..

    BalasHapus
  11. Di tengah gempuran produk yang berbagai macam dan kadang bisa salah dalam memilih, Skinproof ini oke banget buat dicoba.

    BalasHapus

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.