5 Maret 2024

Cegah Rambut Menua dengan Menerapkan 3 Tips Ini, Yuk Simak!

rambut menua

Tahukah kamu kalau gak cuma kulit, ternyata rambut juga bisa mengalami penuaan lho! Aku pun baru tahu tentang hal ini saat cek kondisi rambutku. FYI, aku punya masalah rambut kering, padahal rambutku tuh tebal, bikin frustasi banget! Lalu aku iseng googling berbagai masalah rambut, dan kemudian aku menemukan fakta menarik bahwa ada juga yang namanya rambut menua.

Tapi pasti gak banyak dari kalian yang ngeh dengan problem rambut satu ini. Memang sih, masalah ini gak sepopuler rambut rontok, bercabang, atau yang lainnya. Tapi rambut yang mengalami penuaan, harus banget diatasi agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan rambut dan penampilan.

Kalau kalian masih clueless banget dengan apa itu penuaan pada rambut, aku akan bahas secara singkat nih tentang apa itu rambut menua, apa saja penyebabnya, bagaimana ciri-cirinya dan treatment yang tepat untuk mengatasi rambut menua. Simak terus sampai akhir ya!

Penyebab Rambut Menua

Rambut menua adalah suatu kondisi dimana rambut terlihat kering, tidak berkilau, kasar, dan rapuh. Selain itu, penuaan pada rambut ini menyebabkan berbagai permasalahan rambut lainnya, bahkan jika tidak segera diatasi bisa berdampak pada penampilan lho!

Ada banyak faktor penyebab rambut menua, mulai dari faktor internal seperti konsumsi makanan yang tidak sehat, dan faktor eksternal seperti paparan sinar UV serta polusi dan panas berlebih akibat styling rambut. Gak cuma itu, ternyata pemilihan hair care yang kurang tepat juga bisa jadi penyebab penuaan rambut lho!

Ciri-Ciri Rambut Menua

Kondisi rambut ini gak cuma muncul pada orang yang sudah tua secara usia, tapi juga bisa terjadi pada usia 20-an. Untuk mengetahui apakah rambutmu termasuk mengalami penuaan, kamu bisa cek beberapa ciri rambut menua yang sudah aku rangkum berikut ini.

1. Rambut Terlihat Kusam

rambut kusam

Saat rambut kamu terlihat kusam dan tidak berkilau meskipun sudah pakai produk perawatan rambut, kamu perlu was-was. Siapa tahu, rambutmu mengalami penuaan. Rambut kusam terjadi akibat kurangnya kelembapan dan minyak alami pada rambut. Jika rambut mengalami hal ini, kilau rambut akan berkurang. Selain itu, paparan sinar UV dan suhu panas ekstrem akibat styling rambut juga bisa menyebabkan rambut kusam. 

2. Rambut Sering Kering dan Kasar

rambut kering

Apakah kalian sering kesulitan menyisir atau menata rambut? Kalau iya, bisa jadi rambut kalian termasuk kering dan kasar. Rambut kering dan kasar umumnya disebabkan oleh panas, baik itu dari alat styling atau sinar matahari, dan sering keramas. Ditambah dengan minyak alami pada rambut yang berkurang, juga menyebabkan rambut kering dan kasar, lho!

3. Rambut Mudah Patah

rambut rontok

Hayo, siapa di sini yang sering mengalami rambut rontok dan patah? Ternyata, rambut memang bisa mengalami kerontokan dengan batas 50-100 helai per hari. Jika lebih dari itu, bisa jadi rambut kalian memang mudah patah dan ini termasuk ciri rambut menua. Ada banyak faktor penyebab rambut patah, seperti kebiasaan menyisir rambut yang kurang tepat, sering mengikat rambut dengan kencang, hingga melakukan pewarnaan rambut secara kimiawi.

3 Tips Mengatasi Rambut Menua dan Rusak

cara merawat rambut menua

Jika kamu mengalami masalah rambut menua, kamu bisa cek beberapa tips mengatasi rambut rusak dan menua berikut ini.

1. Perhatikan pola makan

Seperti yang sudah aku mention, rambut menua disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah makanan yang tidak sehat. Nah, untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat, kamu bisa mulai dari menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan.

Pastikan asupan gizi harian sudah terpenuhi. Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi, kaya vitamin, dan tinggi omega 3 untuk menjaga rambut tetap sehat.

2. Lindungi rambut dari siar UV

ellips hair vitamin

Paparan sinar UV juga menjadi salah satu penyebab utama rambut menua. Nah, kamu bisa melindungi rambur dari sinar UV dengan cara pakai topi atau scarf untuk melindungi rambut saat aktivitas outdoor. Atau kamu juga bisa pakai hair vitamin yang mengandung heat & UV protection untuk mendapatkan perlindungan pada rambut yang lebih optimal.

3. Gunakan Vitamin Rambut

Untuk menjaga rambut dari berbagai masalah, kalian bisa mempertimbangkan untuk pakai vitamin rambut. Umumnya, produk vitamin rambut bisa mengatasi berbagai permasalahan rambut, seperti rambut kering, kusam, dan patah.

ellips hair vitamin

Kalian bisa pilih vitamin rambut dengan kandungan Moroccan Oil atau Argan Oil. Dua jenis minyak ini sangat bagus untuk menjaga kelembapan dan mengembalikan kilau rambut, serta membuat akar rambut jadi lebih kuat.

Selain itu, kalian juga bisa pilih hair vitamin dengan kandungan antioksidan dan heat protection untuk menjaga rambut agar tetap ternutrisi. Adanya heat protector pada produk vitamin rambut dapat melindungi rambut dari panas alat styling lho!

Wah, ternyata rambut menua merupakan problem yang sangat krusial ya! Kalau gak segera diatasi, rambut bisa rusak parah dan bikin penampilan kelihatan gak banget, huhuhu. Karena kalian sudah tahu penyebab, ciri-ciri, dan mengatasi rambut menua, yuk cegah dari sekarang! Kalian bisa mulai dengan melakukan perawatan rambut dengan hair vitamin secara rutin.


16 Comments:

  1. oaaala baru tahu salah satu dari ciri di atas merupakan ciri-ciri rambut tua. Ternayata bukan hanya umur yang menua, rambut pun bisa hiks. Ellipss yaaa ampun, vitamin rambut aku dari zaman bahelua, hasilnya mantap pwol

    BalasHapus
  2. hair vitamin oil dari ellips ini aku udah rutin pake lumayan lama, sayangnya dia ga ada packaging yang sekaligus banyak gitu..
    soalnya jujur agak repot kalo mau pake harus gunting-gunting dulu dan satu ampoule ini kadang juga kebanyakan buat aku yang rambutnya ga terlalu tebel..

    BalasHapus
  3. Selama ini aku jarang memperhatikan kesehatan rambut, tapi sekarang jadi tahu kalo rambut juga bisa menua.
    Harus melakukan perawatan rambut ni agar rambut aku sehat berkilau

    BalasHapus
  4. Langganan vitamin rambut nih. Rambutku rusak parah karena beberapa kali cat dan diluruskan. Sekarang cenderung kasar dan megar. Jadi vitamin rambut seperti Ellips ini sangat membantu.

    BalasHapus
  5. Masalah rambut emang ga beres2. Apalagi semenjak lahiran, masalah paling bandel ya rambut rontok. Aku baru tau ternyata rambutpun ngalamin penuaan, duh harus segera aware nih, jgn smpe kebablasan ga ngerawat rambut dengan baik.

    BalasHapus
  6. eh iya loo aku baru tau ternyata ada ya penuaan rambut selama ini taunya rambut rontok kering gitu hehehe...ellips bisa nie jadi salah satu solusi terbaik untuk rambut tetap sehat dan berkilau ;)

    BalasHapus
  7. Benar juga ya. Selama ini hanya fokus pakai shampoo dan conditioner saja. Ternyata butuh vitamin rambut juga ya agar terhindar dari rambut menua

    BalasHapus
  8. Masalah rambut di aku rontok parah nih kak pengaruh nutrisi makanan kali ya...sama kayanya butuh juga untuk vitamin rambut, makasih rekomendasi nya ya

    BalasHapus
  9. Ya ampun ternyata kalau dari ciri-cirinya ternyata rambutku sudah masuk di kategori menua ya? Huhuhu... harus mulai dirawat serius nih

    BalasHapus
  10. Kayaknya udah ada beberapa ciri yabg sama dengan rambutku huhu 🥲 emang jarang banget pake vitamin rambut, harus dibiasakan ya

    BalasHapus
  11. Ke 33 nya ciri rambutku banget, next bakal aku coba ellips deh semoga rambutku kembali sehat

    BalasHapus
  12. Vitamin rambut andalanku. Aku udah lama pake. Efeknya berasa di rambut apalagi kalo rutin dipake

    BalasHapus
  13. ya ampun baru tahu kalau rambut bisa menua, kalau lihat ciri-cirinya duu saya masuk katagori nih, belum pernah ngasi vitamin rambut, wajib coba demi rambut mahkot kita para wanita :)

    BalasHapus
  14. Aku seringnya pakai Elips yang hair mask kak. Tapi sekarang kok di mini market nggak pernah ada ya? Kalau Elips yang vitamin rambut ini jarang aku pake. Tapi emang bikin rambut lembut dan harum

    BalasHapus
  15. Mulai merasakan rambut menua dengan semakin kusut dan kasar mbak. Penting banget memang terus menjaga kesehatan rambut dengan Vitamin yg terpercaya salah satunya dengan Elips.

    BalasHapus
  16. Elips tuh jadi salah satu vitamun rambut yang selalu aku pakai sejak lama. soalnya bisa melembutkan rambutku yang kering ini.

    BalasHapus

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.