A LITTLE THING CALLED FIRST LOVE, DRAMA CHINA ADAPTASI FILM THAILAND YANG SANGAT HITS

by - March 31, 2020


Haiii, welcome back.

Sesuai janjiku, aku akan bikin segmen baru dimana aku bakal ngereview beberapa drama yang aku tonton. Entah itu drama Korea, Jepang atau China. Aku juga akan mereview film kalau aku sempat ya, karena aku jarang banget nonton film dan bisa dibilang aku lebih suka menghabiskan waktu dengan nonton drama dibanding dengan nonton film.


Drama yang akan aku review kali ini adalah drama dari negara China yang berjudul A Little Thing Called First Love. Yes, kalian gak salah baca kok, judulnya sama persis seperti film Thailand yang terkenal banget itu. Ini bukan plagiat judul, drama ini memang diadaptasi dari film tersebut. Sebenarnya, ini bukan review drama yang mau aku post lebih dulu, tapi gak tahu kenapa akhir-akhir ini aku jadi tergila-gila sama drama China, jadi aku memutuskan buat post review ini terlebih dahulu, siapa tahu banyak yang keracunan gitu. Oh iya, back to the drama. Awalnya aku gak tertarik sih sama drama ini, alasannya karena satu, ini drama China, aku gak terbiasa nonton jadi agak gak suka. Dua, ceritanya pasti sama seperti versi film nya. Karena dua alasan itu, aku jadi menunda nonton drama ini padahal drama ini disambut banget pas penayangannya.

Aku gak akan banyak basa basi ya, pasti kalian bakal bosan kalau tulisan ini terlalu panjang dan gak langsung to the point. So, aku akan mulai menuliskan pendapatku tentang drama ini, keep reading.

Xia Miaomiao sebelum transformasi

Seperti yang sudah aku duga, cerita drama ini mirip seperti di film tapi ada sedikit modifikasi di dalam ceritanya. Wajar sih, karena ini merupakan drama 36 episode. Kalau dibikin persis seperti di film gak akan menarik kan? Drama ini menceritakan tentang seorang gadis yang punya wajah kurang cantik bernama Xia Miaomiao yang saat itu masih SMA dan baru pindah ke sekolah baru. Dia jatuh cinta pada pandangan pertama kepada seorang lelaki tampan bernama Liang Younian yang merupakan senior di sekolah barunya. Selain tampan, dia juga sangat bertalenta. Awalnya, Xia Miaomiao mengira senior yang disukainya ini bernama Lin Kaituo karena dia melihat Liang Younian sedang bermain basket menggunakan baju bernama Lin Kaituo. Setelah masuk di sekolah barunya, Xia Miaomiao baru mengetahui kalau nama senior yang disukainya bukanlah Lin Kaituo, melainkan Liang Younian. Lin Kaituo adalah teman sebangkunya yang punya kepribadian cuek dan dingin, berbeda dari Liang Younian yang lebih friendly.


Di awal masa sekolahnya, dia sempat berselisih dengan gadis cantik dan pintar di sekolahnya yang bernama He Xin. Xia Miaomiao sempat mengira bahwa He Xin merupakan pacar Liang Younian, tapi setelah beberapa waktu, Xia Miaomiao tahu kalau He Xin adalah sepupu Liang Younian. He Xin juga sempat mengira Xia Miaomiao menyukai Lin Kaituo, tapi akhirnya He Xin mengetahui bahwa Xia Miaomiao menyukai Ling Younian yang merupakan sepupunya dan berusaha membantu Xia Miaomiao supaya menjadi lebih dekat dengan sepupunya. Sejak saat itu mereka menjadi sahabat dekat.

Itu sekilas cerita ya, aku gak mau spoiler disini, jadi kalau kalian penasaran, langsung tonton aja dramanya. Aku akan kasih tahu cast dan karakter dari 4 pemeran utama yang jadi center di drama ini. Biar gak ngalor ngidul gitu pembahasanku, karena kalau aku jabarkan semuanya, aku takut bahasan kali ini gak terarah dan malah bikin bingung.

Cast:

Angel Zhao sebagai Xia Miaomiao


Xia Miaomiao diperankan oleh aktris cantik bernama Angel Zhao. Ini pertama kalinya aku tahu tentang dia karena aku bukan penggemar drama China. Saat pertama aku lihat dia, sekilas ngingetin aku sama sosok Nam Bora, sama-sama punya wajah bulat dan kalem. Xia Miaomiao sendiri memiliki sifat yang gak mudah menyerah, mau belajar dan bekerja keras dan baik hati. Berkat kerja kerasnya, dia bisa dilirik oleh lelaki yang disukainya dan dia berhasil meraih ranking yang cukup tinggi di sekolahnya. Jika saat SMA dia tampil lusuh dan culun, saat masuk univeristas dia berubah menjadi gadis cantik dan sangat disukai.

Lai Guanlin sebagai Liang Younian


Liang Younian diperankan oleh dedek gemes Lai Guanlin. Kalau kalian pecinta seri Produce dan Kpopers, kalian pasti sudah gak asing kan sama nama ini. Yeppp, Lai Guanlin yang merupakan mantan member Wanna One ini memerankan Liang Younian yang kalem dan cool tapi tetap hangat dan friendly. Pas aku lihat di awal episode, aku agak ragu sih karena wajah Lai Guanlin terlihat sangat cute, rasanya seperti kurang cocok. Tapi seiring berjalannya episode, aku jadi suka dengan pembawaannya yang santai (terlihat dari mukanya), dan dia berhasil mengubah pandanganku dari Lai Guanlin yang cute jadi Liang Younian yang idaman banget.

Dia jadi bucin juga pada akhirnya



Wang Runze sebagai Lin Kaituo


Lin Kaituo diperankan oleh Wang Runze. Aku juga gak banyak tahu tentang dia, tapi pas aku lihat pertama kali, kyaaaaaaa, he’s so cool. Pas awal lihat, sekilas aku rasa dia mirip Cha Eunwoo karena punya wajah dingin dan cuek. Tapi lama-lama aku merasa dia lebih mirip Choi Kyujin karena mereka punya fitur wajah dan bentuk bibir yang sama. Aku langsung jatuh cinta pas pertama lihat Lin Kaituo. Saat itu, aku rasa pemeran Lin Kaituo sepertinya lebih cocok menjadi lead male. Tapi seiring berjalannya episode, aku menyadari bahwa Wang Runze ini cocok banget sama karakter Lin Kaituo yang cuek, terkesan kejam, tapi penuh perhatian. Di dalam drama ini, Lin Kaituo merupakan saudara tiri Liang Younian karena ibu Lin Kaituo menikah dengan ayah Liang Younian. Sebelum menjadi suadara, mereka berdua bersahabat baik, tapi setelah menjadi suadara, hubungan mereka semakin renggang.

Gantian si Kaituo yg ngebucin

Lin Kaituo disukai sama He Xin yang merupakan teman masa kecilnya sekaligus sepupu Liang Younian. Tapi, Lin Kaituo lebih tertarik kepada Xia Miaomiao dan hal itu membuat He Xin patah hati dan memutuskan untuk beriskap dingin kepada Lin Kaituo. Akhirnya lama-lama flipped deh, Lin Kaituo jadi ngejar-ngejar He Xin. Oh iya, sifat dingin Lin Kaituo muncul bukan tanpa sebab lho. Makanya tonton dramanya biar gak penasaran.

Chai Wei sebagai He Xin


He Xin diperankan oleh aktris cantik Chai Wei. Sebelumnya, dia sudah populer karena membintangi drama Bu Bu Jin Xin alias Scarlet Heart: Ryeo versi China (ini versi aslinya, yang versi Korea cuma remake). Pas pertama lihat Chai Wei, aku kok jadi teringat sama Kim Hyeyoon karena karakternya disini bucin banget dan agak cerewet. Jadi inget karakter Eun Danoh yang bucin + cerewet gak sih?

Xia Miaomiao & He Xin baikan

He Xin ini digambarkan sebagai gadis yang cantik dan pintar, dia juga sangat populer di sekolahnya. Dia sangat menyukai Lin Kaituo dan berusaha mendekatinya dengan berbagai cara, pokoknya bucin banget deh cewek yang satu ini. Awalnya, dia sempat berselisih dengan Xia Miaomiao karena dia mengira Xia Miaomiao juga tertarik dengan Lin Kaituo. Tapi setelah dia tahu bahwa Xia Miaomiao gak tertarik, dia malah bersahabat dekat dengan Xia Miaomiao. He Xin juga sering meminta bantuan Xia Miaomiao untuk mendekatkan dirinya dengan Lin Kaituo, hal itu membuat Lin Kaituo salah paham dan malah mengira Xia Miaomiao menyukainya. Saat Lin Kaituo menyatakan perasaannya ke Xia Miaomiao, He Xin sangat sedih sampai tidak saling sapa dengan sahabatnya. Tapi akhirnya hubungan mereka membaik, Xia Miaomiao dan He Xin kembali berteman. 

My favorite couple

Kalian ngerasa gak sih kalau aku lebih banyak menjelaskan tentang Lin Kaituo & He Xin daripada pemeran utamanya? Gak tahu kenapa, selama aku nonton drama ini, aku lebih tertarik sama second couple daripada main couple. Ini udah jadi kebiasaan sih, karena menurutku biasanya second couple punya cerita yang lebih unik dan ending yang gak ketebak.

Selama menonton drama ini, aku merasa ada beberapa hal yang sangat berbeda dari film aslinya, salah satu contohnya adalah ada second couple. I know sih, karena ini drama, pasti butuh bumbu-bumbu lebih banyak kan. Beda sama film yang fokusnya cukup 1 couple aja. Setting waktunya juga berbeda. Kalau di film aslinya menunjukkan cerita semasa SMP dan SMA, di dalam drama ini menunjukkan cerita masa SMA dan kuliah. Perjalanan pemeran utama wanita untuk mendapatkan cinta dari pemeran utama pria pun digambarkan dengan cukup detail, mulai dari memberikan perhatian kecil, minta diajari matematika, ikut kursus seni, dll. Mungkin karena film durasinya lebih pendek, jadi disingkat aja perjuangannya.


Transformasi pemeran utama wanita dalam drama dan film juga berbeda. Di dalam drama ditunjukkan transformasi bertahap dari Xiao Miaomiao yang gak cantik sampai berubah menjadi cantik dan banyak disukai. Sedangkan di film hanya ditunjukkan saat pemeran utama wanita mulai berdandan untuk club drama dan akhirnya jadi cantik di scene berikutnya.

Gak Cuma itu saja, banyak juga beberapa scene yang dijadikan bumbu pelengkap supaya drama makin menarik dan gak terkesan mengikuti film nya, salah satu yang aku ingat adalah adegan saat pemeran utama wanita mulai melepas kawat giginya. Saat di film, gak ditunjukkan alasan kenapa dia melepas kawat gigi, tapi di drama dijelaskan dengan detail alasan dia melepas kawat gigi dan saat itu juga ditemani oleh pemeran utama pria.

Ada perubahan karakter juga, yang aku notice Cuma ibu pemeran utama wanita yang gak selembut di versi film. Karakter ibu lead female di dalam drama terkesan kejam dan egois tapi juga masih menunjukkan sisi penyayang. Dan masih banyak lagi. Kalau dijelaskan semua perbedaannya, mungkin aku bisa bikin novel khusus buat bahas drama ini.

Adegan di jembatan ini pasti pada tahu kan.

Kalau kalian penggemar berat filmnya, kalian pasti bakal notice banget perbedaan-perbedannya. It’s not a bad thing menurutku, karena dengan adanya perbedaan-perbedaan ini, cerita jadi lebih menarik dan make sense. I think gak ada salahnya kalian coba tonton drama ini, karena selain ceritanya yang klasik, pengambilan gambarnya juga sangat menarik, tidak ada yang dipaksakan seperti kebanyakan sinetron Indonesia yang aku tonton. Ditambah lagi dengan akting para pemeran yang sangat bagus dan gak terkesan kaku pasti akan membuat kalian enjoy nonton drama ini tanpa ada rasa ingin menghujat.

Bonus pic:

Astaga, cute banget makhluk satu ini




Pas lagi akur nih

Jika kalian ingin mulai menonton drama China, kalian bisa mulai dari drama ini, siapa tahu kalian suka dan berakhir nonton judul-judul lainnya.

That’s all untuk racun drama kali ini. Next time, aku usahakan membuat racun drama yang lebih ajib. I’m so sorry kalau masih banyak kekurangan dari review kali ini because this is my first time. Aku harap kalian enjoy dengan tulisanku kali ini, kalau kalian ada rekomendasi drama, kalian bisa tulis di kolom komentar. See you on my another Racun Drama post, bye.

With Love,
Firda

You May Also Like

11 comments

  1. Reviewnya asik, Mbak. Berasa ikut nonton dan kenalan dengan para pemerannya. Ini cerita percintaan khas anak muda ya, manis-manis gitu.

    ReplyDelete
  2. Udah lama banget nggak nonton film China, kalau saya mah memang sukanya film, karena lebih cepat selesai.

    Meskipun agak ngerasa aneh sih nonton film China, karena butuh waktu buat nyesuain bahasanya di telinga.
    Karena biasanya lebih familier Korea ama Jepang, terus berganti China :D

    ReplyDelete
  3. Sama seperti kalau kit abaca novel, dalam film pasti banyak yg dipersingkat. Mungkin di versi filmnya drama ini pun begitu?
    Dalam drama cerita bisa mengalir panjang. Detail. Dalam film semua diburu waktu jadi dipersingkat. Hehehe
    Cmiiw

    ReplyDelete
  4. Wah, menariknya, cewek cantik di sini enggak digambarkan jadi antagonis yang selalu jadi lawan lead female, ya. Malah jadi sahabat akhirnya. Jadi, kalau di drama ini, enggak ada cerita geng-gengan populer vs nerd gitu, ya?

    ReplyDelete
  5. Panjang juga yah 36 episode hehe. Btw nontonnya dimana Kak? Aku penyuka drama romance gitu dan baru ingat udah lama ngga nonton.

    ReplyDelete
  6. kayaknya seru ya aku belom nonton nih jadi penasaran hehe

    ReplyDelete
  7. Aktornya ganteng banget mbak, aku gakuaaaaaaat jadi bucin. Mau nonton ini abis iniiii cuma banyak banget kalo drama cina sumpahhhh episodenya hahaha.

    BTW aku ini baru aja nyelesain Eternal Love, bagus banget mbaaaak huhuhuhu pasti asik mbak yg revieeew soalnya detail bangettttt

    ReplyDelete
  8. Baru tau ada versi China nya juga ya sekarang. Aku udah nonton versi originalnya dan itu keren banget parah bikin baper bgt😭

    ReplyDelete
  9. Wajahnya imut banget ya Artis utamanya, cakepan pas rambutnya masih keriting..kalo udah rambut lurus, kayak perempuan kebanyakan ah.

    ReplyDelete
  10. Aku termasuk penggemar film nya a little thing called love versi Thailand nih, Mbak. Agak kaget juga ternyata film dua jam dibikin drama yang 36 episode. Tapi bagus sih kalau banyak yang beda sama film aslinya, jadi banyak kejutan yang menyenangkan waktu nonton drama ini.

    ReplyDelete
  11. Wah udah lama banget nih drama seliweran wkwk tapi belum coba mau nonton soalnya jarang nonton drama China padahal disini ada guanlin aku ngikutin produce jugaa.. Btw makasih reviewnya kak siapatau kapan2 aku tonton.

    ReplyDelete

Tinggalin komentar setelah baca post ku ya supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar unfaedah. Thank you.