Review: Rawat Kulit Kemerahan dan Pori-Pori Sampai Glowing dengan Produk-Produk Elformula

by - January 27, 2021

Sejak setahun yang lalu, aku sudah mengenal brand Elformula. Brand asal Korea Selatan ini memiliki konsep minimalis yang tergambar jelas dari kemasannya. Setelah coba beberapa produknya, ternyata performa produk-produknya gak begitu buruk, malah bagus di kulitku. Sejauh ini, aku sudah mencoba 2 produk dari Elformula, yaitu 28 Days Miracle Whitening Solution (Ampoule) dan Daily Gentle Low pH Facial Cleanser.


Gak berhenti disitu, aku kembali mencoba beberapa produk dari Elformula. Kali ini aku gak cuma coba 1 produk, tapi 3 produk sekaligus. Semua produk yang aku coba punya fungsi yang berbeda dan saling melengkapi satu sama lain. Seperti yang kalian baca di judul, produk yang aku coba kali ini punya fungsi untuk calming kulit, merawat pori-pori, dan membuat kulit tampak glowing.

Apakah hasil produknya sesuai dengan ekspektasiku? Aku sih berharap banget semoga kali ini aku gak kecewa karena selama ini belum pernah kecewa sama produk Elformula. Penasaran apa saja produknya? Baca terus reviewku sampai selesai.

1. Elformula Effective CalmingFirst Treatment Essence

Produk pertama yang aku ulas adalah essence dari Elformula yang bernama Elformula Effective Calming First Treatment Essence. Aku bukan penggemar berat essence, jadi aku belum coba banyak produk essence, khususnya essence untuk calming kulit. So, this is my first time. Produk ini dikemas dalam botol dengan desain yang sederhana. Ukurannya tidak begitu besar tapi ramping dan agak tinggi. Bahannya terbuat dari plastik transparan, ringan saat dipegang. Tutupnya ulir. Produk ini disertai dengan box berwarna putih, memberikan kesan bersih dan minimalis. Semua keterangan tentang produk ini terdapat di sekeliling box.

Saat tutupnya dibuka, ada lubang untuk mengeluarkan produknya. Pas masih baru, ada segel foil yang menutupi lubangnya. Cukup aman. Menurutku ukuran lubangnya pas, karena saat aku menuang produknya, gak pernah terlalu banyak/sedikit.

Description:

First Treatment Essence yang dibuat sebagai booster untuk  mempersiapkan kulit menyerap rangkaian skincare selanjutnya. Dibuat dengan formula yang mampu menyeimbangkan pH pada kulit, menenangkan kulit kemerahan, mencerahkan kulit, dan melembapkan wajah tanpa membuat wajah terasa berminyak. Digunakan setelah toner dan sebelum menggunakan skincare lainnya.

How to use:

Tuang beberapa tetes essence pada tangan, tepuk-tepuk dengan lembut pada wajah hingga meresap. Gunakan 2 kali sehari sebelum tahapan skincare lainnya untuk hasil yang maksimal.

Ingredients:

Water, Pentylene Glycol, Dipropylene Glycol, Propanediol, Xylitol, Melia Azadirachta Leaf Extract, Chlorella Vulgaris Extract, Melia Azadirachta Flower Extract, Calendula Officinalis Flower Extract, Sctuellaria Baicalensis Root Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Althaea Officinalis Root Extract, Centella Asiatica Extract, Houttuynia Cordata Extract, Hydrolyzed Corn Starch, Polygonum Cuspidatum Root Extract, Butylene Glycol, Choleth-24, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin, Erythritol, Menthyl PCA, Ethyl Menthane Carboxamide, Sodium Citrate, Citric Acid, Glucose, Fructooligosaccharides, Fructose, 1,2-Hexanediol, Tocopherol, Allantoin, Glycerin, Methyl Propanediol, Sucrose, Xanthan Gum, Disodium EDTA.

Saat awal mencoba, aku gak berekspektasi tinggi. Aku pikir efeknya akan sama seperti calming produk pada umumnya. Karena aku gak punya masalah kemerahan, jadi aku gak begitu excited sama calming produk semacam ini. Pikirku, mungkin cuma efek hidrasinya aja yang kenceng, lainnya meh.

Tapi pas aku coba apply ke kulit, rasanya langsung dingin, enak. Beda banget dari calming produk yang selama ini aku pakai. Rasa dinginnya juga bertahan lama dan sedikit mengingatkan aku dengan cleansernya yang juga punya cooling sensation. Tapi efek dingin yang diberikan essence ini terasa lebih kencang namun tetap nyaman di kulit.

Essence ini punya tekstur yang sangat cair. Wanginya hampir gak ada, bukan hampir sih, emang gak ada wanginya. Tapi meskipun begitu, gak ada bau aneh-aneh yang mengganggu, beneran plain aja kayak air. Aku yakin sih kalau ada yang gak suka atau sensi sama wewangian suatu produk, pasti akan suka dan enjoy saat pakai essence ini.

Awalnya aku mengira produk ini cuma akan memberikan efek hidrasi. Tapi setelah aku lihat teksturnya yang cair banget, aku jadi ragu dengan perkiraanku. Dan benar aja, saat sudah aku aplikasikan ke kulit, aku hanya merasakan efek dingin dan tanpa ada efek hidrasi. Tapi ya gak bikin kulit kering juga. Intinya, ini pas. Jadi kalau mau hidrasi atau kelembapan lebih, bisa pakai hydrating toner atau hydrating serum setelah pakai produk ini.

Baca Juga: Review Elformula Daily Gentle Low pH Facial Cleanser

So far aku gak merasakan adanya efek negatif di kulitku selama aku memakai essence dari elformula ini. Karena aku gak punya kemerahan, jadi aku kurang bisa menjelaskan bagaimana efeknya di kulit yang punya banyak redness. Tapi karena efek dinginnya yang ada banget, aku yakin sih kalau produk ini cukup bisa mendinginkan kulit yang kemerahan.

Produk ini bisa dibeli DISINI

2. Elformula Intensive BlackheadClear and Pore Tightening Kit

Produk kedua yang aku coba adalah Elformula Intensive Blackhead Clear and Pore Tightening Kit. Awal tahu produk ini, aku kira ini cuma nose pack biasa, tapi pas aku baca beberapa keterangan di kemasannya, ternyata gak se-simple itu. Karena step nya banyak, aku rasa hasilnya jauh lebih nampol daripada nose pack/pore care pada umumnya.

Produk ini datang dengan box yang berisi 5 sachet Blackhead Clear Mask (step 1), 5pcs cotton stick, dan 5 sachet Pore Tightening Mask (step 2). Di kemasan produk (box maupun sachet), sudah dijelaskan dengan lengkap cara pemakaian produknya dengan 2 bahasa (Inggris dan Korea), Jadi seharusnya gak akan kesusahan kalau mau pakai. Selain itu, daftar komposisinya juga dituliskan dengan lengkap di bagian belakang box.

Description:

Perawatan pori-pori yang dibuat khusus untuk membersihkan komedo dan minyak pada pori-poriyang tersumbat dengan lembut tanpa merusak kulit dan memperbesar pori-pori. Terdiri dari 2 tahapan, tahap 1 untuk membuka pori-pori dan melunakkan komedo agar lebih mudah untuk dibersihkan dengan cotton stick yang diberikan serta tahap 2 untuk menutup kembali pori-pori guna mencegah membesarnya tampilan pori-pori dan menutrisi pori-pori wajah.

How to use:

1. Aplikasikan step 1 pada hidung yang telah dibersihkan. Diamkan selama 10-15 menit
2. Bersihkan komedo dengan stick hitam yang sudah disediakan dengan lembut
3. Aplikasikan step 2 pada hidung yang telah dibersihkan dan dikeringkan. Diamkan selama 10-15 menit. Gunakan 1-2x seminggu.

Ingredients:

Step 1:

Water, Glycerin, Propylene Glycol, Glyceryl Caprylate, Caprylic Hydroxamic Acid P-Hydroxyacetiphenone, Arginine, Xanthan Gum, Carbomer, 1,3-Propanediol Menthol Lactate, Sodium Hyaluronate, Hydroxyacetophenone, Nelumbium Speciosum Flower Extract, Nymphaea Coerulea Flower Extract, Fomes Officinalis Extract, Raphanus Sativus Root Fermentation Product Filtrate, Caffeine Carboxylic Acid, Pomegranate Peel Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Lactobacillus Fermentation Lysate, Butylene Glycol, Glycyrrhiza Inflata Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, P-Hydroxyacetophenone.

Step 2:

Water, Glycerin, Butanediol, 1,3-Propanediol, Caprylyl Hydroxamic Acid, 1,2-Hexanediol, Dsodium EDTA, Sodium Citrate, Beta-Glucan, Panthenol, Allantoin, Licorice Dipotassium Acid, Sodium Hyaluronate, Jojoba Wax PEG-120 Esters, Arginine, Ethoxydiglycol, Sebacic Acid, Bio-Sugar Xanthan Gum, Hamamelis Virginiana Leaf Water, Lactobionic Acid, Dipropylene Glycol, Rosemary Extract, Centella Asiatica Extract, Licorice Extract, Portulaca Oleracea Extract, Medicinal Layer Hole Fungus Extract, Gall Extract, 1,3 Butanediol, Snail Secretion, P-Hydroxyacetophenone.

Sebenarnya, aku gak berharap banyak sama produk ini karena sering dikecewakan dengan produk semacam ini. Saat aku coba, aku agak kurang excited. Aku kira nose pack nya akan lengket seperti blackhead remover pada umumnya, tapi ternyata bukan. Baik yang step 1 atau step 2, nose pack nya berupa lembaran kain seperti sheet mask. Di dalam pouch kemasannya juga terdapat essence meskipun cuma sedikit.

Saat aku coba pakai yang step 1, aku gak merasakan apa-apa selain area hidungku menjadi lebih basah. Setelah aku tunggu sekitar 15 menit, ini saat yang paling aku tunggu, ekstraksi blackhead. Jadi, di bagian bawah cotton stick, terdapat stick untuk mendorong blackhead supaya keluar. Pas pakai, gak sempat aku foto karena keasyikan pencet-pencet komedo, huhuhu. Kalau dirasa udah bersih, baru pakai bagian cotton nya untuk membersihkan area hidung. 

Setelah itu, baru aku pakai step 2 untuk meredakan merah-merah di hidung. Untuk yang step 2, aku merasakan ada sedikit efek dingin saat aku pakai di hidung. Setelah pakai step 2, area hidungku jadi lebih kalem dan pori-pori terlihat samar.

Aku menyertakan foto before after pemakaian produk ini. Aku baru pakai 1x dan hasilnya kalian lihat sendiri dan simpulkan sendiri. Ternyata, produk ini bekerja dengan sangat baik, melebihi harapanku malah. Aku gak nyangka sih kalau pore care semacam ini ternyata ada. Akhirnya aku nemu blackhead and pore care yang hasilnya nyata.

Produk ini bisa dibeli DISINI

3. Elformula Intensive GlowRepair Sleeping Mask

Produk terakhir yang aku coba adalah sleeping mask yang bernama Elformula Intensive Glow Repair Sleeping Mask. Saat pertama kali lihat kemasannya, aku dibuat jatuh cinta karena desainnya simple dan minimalis. Ditambah lagi dengan bahan kemasannya yang terbuat dari kaca tebal membuat kemasannya jadi lebih elegan. Karena ukuran wadahnya agak besar, aku jadi mengira di dalamnya ada spatula. Tapi pas aku buka, ternyata gak ada. Not a minus point, karena kalaupun ada spatulanya, kemungkinan besar gak akan aku pakai, hahaha.


Description:

Sleeping mask yang memiliki tekstur gel, sangat ringan dan tidak lengket di kulit. Digunakan sebagai penutup rangkaian skincare malam setiap harinya. Diformulasikan khusus untuk mencerahkan kulit wajah dan membantu memperbaiki kulit yang rusak sehingga wajah akan terlihat glowing dan sehat.

How to use:

Aplikasikan sleeping mask pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan, hindari daerah mata dan bibir. Tunggu hingga produk menyerap dengan sempurna, biarkan semalaman. Gunakan 1-2x seminggu atau dapat digunakan setiap hari.

Ingredients:

Water, Glycereth-26, Niacinamide, Pentylene Glycol, Chlorella Vulgaris Extract, Hydrolyzed Collagen, Acacia Senegal Gum, Rose Extract, Eclipta Prostrata Extract, Melia Azadirachta Leaf Extract, Moringa Oleifera Seed Oil, Dimethicone, PEG-241/HDI Copolymer Bis-Decyltetradeceth-20 Ether, Glucose, Hydrogenated Polydecene, Butylene Glycol, Caprylyl Glycol, Fructooligosaccharides, Fructose, Octyldodeceth-16, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Aminomethyl Propanol, Glycerin, 1,2-Hexanediol, Caprylic/Capric Triglyceride, Hydrogenated Lecithin, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Ethylhexylglycerin, Ceramide NP, Potassium Laurate, Glycolic Acid, Sodium Ascorbyl Phosphate, Carbomer, Xanthan Gum, Disodium EDTA, Talc, BHT, Fragrance (Parfum), Citronellol, Geraniol.

Saat pertama kali aku buka produknya, aku langsung suka sama teksturnya yang menurutku lucu. Teksturnya gel warna pink dan ada butiran-butiran kapsul kecil di dalamnya. Wanginya enak, floral agak powdery yang soft banget. Pas diaplikasikan ke kulit, wanginya gak terasa nyegrak dan gak bertahan lama.

Karena teksturnya gel, aku sempat meragukan kelembapan produk ini. Tapi setelah aku pakai dan aku diamkan semalaman, ternyata produk ini mampu mengunci kelembapan kulitku. Skincare yang aku pakai sebelumnya jadi lebih awet lembapnya, bahkan sampai pagi pun (sebelum maupun sesudah cuci muka) kulitku masih terasa lembap dan bouncy. Suka banget.

Sleeping mask ini gak susah diratakan, jadi gak bikin ribet. Saat pakai produk ini, aku gak merasakan kulitku jadi berat atau sumuk karena teksturnya sangat ringan. Kulitku yang cenderung oily ini suka banget sama tekstur gel kayak gini. Aku pakai sleeping mask ini seperti pakai masker pada umumnya, dioleskan rata ke seluruh wajah tapi lebih tipis. Biasanya, aku juga pakai produk ini sebagai pengganti moisturizer, jadi dipakai secukupnya. Tapi aku lebih suka pakai ini sebagai sleeping mask.

Setelah aku pakai beberapa kali, aku merasa kulitku jadi lebih lembap dan sehat. Untuk efek cerah dan calming nya belum aku rasakan karena aku gak ada kemerahan dan belum merasa kulit kusamku terbantu dengan produk ini. Tapi, aku suka sama ini dan akan terus aku pakai karena suka banget sama efek lembapnya yang gak too much. Kalau kalian lagi cari sleeping mask yang teksturnya ringan, gak berat di kulit tapi kelembapannya oke, kalian bisa coba lirik produk ini.

Produk ini bisa dibeli DISINI

Dari ketiga produk yang aku coba, aku paling suka dengan Elformula Intensive Blackhead and Pore Tightening Kit karena hasilnya sudah nampak bahkan sejak pemakaian pertama. Selama pakai rangkaian produk dari Elformula ini, aku gak merasakan ada efek negatif di kulitku, so far kulitku baik-baik aja dan masalah kulitku sedikit-demi sedikit mulai teratasi.

Kalau kamu penasaran dan ingin coba produk-produk Elformula, kamu bisa beli disini. Kamu juga bisa dapat info lebih banyak tentang brand Elformula serta produk-produknya dengan mengunjungi akun Instagram Elformula disini.

Sekian dari aku. Aku harap review ini membantu. Jangan lupa share ke social media kalian kalau kalian rasa reviewku sangat membantu kalian. Thank you for reading and I'll see you on my next post, Bye.

*Review ini ditulis sesuai dengan pengalamanku saat menggunakan produknya. Tidak ada yang aku lebih atau kurangkan, semuanya aku tulis berdasarkan pengalaman yang aku rasakan. Hasil di setiap orang mungkin berbeda.

With love,

Firda

You May Also Like

9 comments

  1. Semua produknya punya efek calming ya kak. Dingin bikin segarrr. Eh serius itu komedo bisa keangkat dan pori-pori mengecil. Uwow banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma produk essence nya aja kak yang punya efek calming. Iya kak, komedonya ilang setelaah pakai Blackhead Clear and Pore Tightening Kit nya, hebat banget kan kak

      Delete
  2. Kok aku tertarik sama produk essence nya ya.. Sejauh ini sih aku belum pernah pakai essence, tergiur banget dengan efek calming yang didapatkan. Ini kalau di tonernya nggak ada fragrance nya ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk cobain kak, mantep banget produknya. Iya kak, gak ada wanginya sama sekali pas aku pakai

      Delete
  3. kayanya bisa rekomendasiin suami nih, tapu mba kl dipake buat kulit kering cocok gak yah, apa produknya mana buat ibu menyusui?

    ReplyDelete
  4. ini aku banget waktu 3 tahun silam, karena pakai krim dokter jadi wajah sangat mudah merah, lalu aku lepas dan alhamdulilah deh membaik mba.

    ReplyDelete
  5. Sudah lama enggak membersihkan komedo nih, dulu banget jaman SMP itu ada produk untuk membersihkan komedo, sekarang malah jarang sekali

    Elformula ini produk baru ya? Saya baru membacanya, tapi packaginya bagus dan memperhatikan saat awal mula produk dibuka benar-benar tertutup y

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah aku belum pernah kemerahan tapi ini bisa jadi referensiku juga kalau nanti pilih skincare dengan Elformula.

    ReplyDelete
  7. Wah untung ada ingredients berbahasa inggris ya. Soalnya korea tuh paling narsis, seringnya tulisan pake hangeul gitu, kita mana ngerti kan. Jadinya ngeri mau beli hihi

    ReplyDelete

Tinggalin komentar setelah baca post ku ya supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar unfaedah. Thank you.