23 Agustus 2023

Review: Anessa Brightening UV Sunscreen Gel, Kulit Lebih Cerah dan Bebas Minyak!

Di social media lagi heboh banget gara-gara sebuah brand yang produk sunscreen-nya punya SPF palsu. Jadi kandungan SPF-nya gak sama seperti yang diklaim. Setelah kejadian ini, jadi banyak brand yang melakukan uji in-vivo dan in-vitro untuk mendapatkan kepercayaan kalau produk sunscreen mereka SPF-nya sesuai.

anessa sunscreen

Aku sempat mau beli sunscreen dari brand itu, tapi masih ragu. Tapi akhirnya aku beli sunscreen dari brand yang lebih trusted, Anessa. Aku udah kenal Anessa dari dulu banget, tapi belum pernah coba produknya. Anessa merupakan salah satu brand sunscreen asal Jepang dan sudah terpercaya sejak dulu. Karena trusted banget nih, Anessa sampai disebut sebagai merk sunscreen terbaik No 1 di Jepang. Jadi kualitas produk-produknya gak perlu diragukan.


That's why aku langsung mantap memilih Anessa. Meskipun harganya lebih mahal, tapi gapapa, yang penting Anessa jujur dan gak memalsukan SPF, hehehe.

Aku coba produk Anessa yang bernama Brightening UV Sunscreen Gel. Katanya sunscreen ini cocok untuk kulit berminyak. Karena kulitku memang sering berminyak dan gampang berkeringat kalau pakai sunscreen, aku penasaran banget sama produk ini.

Penasaran gak sih gimana performa sunscreen gel Anessa ini di kulit berminyak? Simak terus review ini untuk tahu hasilnya ya!

Packaging


Saat pertama datang, sunscreen ini punya pouch yang isinya lebih banyak menuliskan deskripsi dari produk ini. Keterangannya lengkap, tapi ditulis dalam bahasa Jepang. Untungnya sudah ada keterangan dalam bahasa Indonesia meskipun gak begitu panjang.

sunscreen anessa

Sunscreen Anessa ini dikemas dalam tube dengan ukuran 90ml. Warna kemasannya putih, clean. Di bagian depan cuma ada printed logo Anessa dan nama produk. Di bagian belakang tube-nya ada deskripsi produk, sayangnya ditulis dalam bahasa Jepang. Jadi semua info produknya bisa dilihat di bagian pouch.

sunscreen anessa

Description & Ingredients


Description

Tabir surya dengan manfaat perawatan kulit, membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV,  kulit terasa lembap.

How to use

Oleskan secara merata pada wajah dan leher sebagai langkah akhir rutinitas perawatan kulit sebelum terkena sinar matahari. Oleskan langsung ke tubuh dalam garis lurus, lalu oleskan secara merata dalam gerakan melingkar besar menggunakan telapak tangan.

Ingredients

Water, Dimethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Alcohol, Zinc Oxide, Titanium Dioxide, Glycerin, Diisopropyl Sebacate, Diphenysiloxy Phenyl, Trimethicone, Tranexamic Acid, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, PEG-100 Hydrogenated Castor Oil, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Silica, PPG-17, Hydrated Silica, BIS-Ethylhexyloxyphenol, Methoxyphenyl Triazine, Isoatearic Acid, Dimethylacrylamide/Sodium Acryloyldimethyltaurate Crosspolymer, Titanium Dioxide (CI No: 77891), Aluminum Hydroxide, Phenoxyethanol, Dextrin Palmitate, Ethylhexyl Triazone, Hydrogen Dimethicone, Mica (CI No: 77019), Sorbitan Sesquiisostearate, Beheneth-20, Succinoglycan, Cellulose Gum, Fragrance, BHT, Tocopherol, Citric Acid, Dipotassium Glycyrrhizate, Sodium Metaphosphate, Trisodium EDTA, Hydroxypropyl Methylcellulose Stearoxy Ether, Sodium Citrate, Butylene Glycol, PEG/PPG-14/7 Dimethyl Ether, Sodium Metabisulfite, Talc, Red 33 (CI No: 17200), Camellia Sinensis Leaf Extract, Potentilla Erecta Root Extract, Blue 1 (CI No: 42090), Sodium Acetylated Hyaluronate, Polyquaternium-51, Soluble Collagen.

Dari baca daftar komposisi, Anessa sunscreen gel ini merupakan perpaduan physical sunscreen dan chemical sunscreen, lebih tepatnya produk Anessa ini merupakan hybrid sunscreen. Aku suka banget sama hybrid sunscreen karena lebih nyaman di kulitku dan gak bikin gampang berkeringat. Sayangnya, jarang banget aku menemukan hybrid sunscreen. Makanya aku senang banget pas ketemu sama produk ini.


Result


Karena namanya sunscreen gel, aku sempat mikir teksturnya seperti produk gel pada umumnya, yang jiggly seperti jelly. Tapi ternyata bukan, teksturnya lebih ke liquid gel gitu. Warnanya juga sedikit pink agak keunguan. Aku paling suka sama wanginya karena segar banget.

sunscreen anessa

Aku kalau pakai sunscreen selalu sesuai takaran, yaitu 2 jari. Biasanya kalau pakai 2 jari rasanya berat dan bikin cepat berkeringat di kulit, tapi pas pakai sunscreen ini rasanya nyaman. Meskipun agak susah di-blend pas awal-awal karena efek tone up-nya. But it's okay karena aku suka banget sama finish-nya yang dewy, bikin kelihatan glowing dan gak berat di kulitku.

Sebagai pecinta hybrid sunscreen, aku langsung jatuh cinta dengan produk ini karena teksturnya ringan dan nyaman di kulitku yang berminyak. 

Biasanya aku kalau pakai sunscreen selalu gak nyaman karena bikin cepat berkeringat dan bikin kulit kelihatan kusam. Tapi sunscreen Anessa ini beda! Karena sunscreen ini memberikan efek tone up yang bikin kulit bebas kusam.  Nah, kalau kalian cari sunscreen yang tidak bikin kusam, bisa coba sunscreen Anessa yang ini.

Jujur, sebenarnya aku kurang suka sama produk-produk yang memberikan efek tone up karena terlihat kontras banget di kulitku yang sawo matang. Tapi ada case aku suka sama produk itu karena lama-lama warnanya menyatu di kulit dan bisa diakali pakai loose powder, salah satunya ya Anessa sunscreen gel ini.

sunscreen anessa

Meskipun awalnya bikin kulitku kelihatan putih banget seperti pakai topeng, tapi setelah didiamkan beberapa menit warnanya mulai menyatu. Apalagi setelah aku set pakai loose powder, tambah oke banget.

Untuk proteksi, menurutku sunscreen Anessa ini punya proteksi yang bagus. Saat aku pakai untuk aktivitas outdoor, gak ada drama kulit terbakar atau jadi gosong. Terus, menurutku sunscreen ini juga gak gampang luntur, karena dia juga punya klaim super waterproof. Aku pakai berkebun dan keringetan juga masih aman.

Gimana performanya sebagai base makeup? Menurutku ini oke kalau dipakai sebagai base makeup. Complexion jadi nempel banget dan lebih kelihatan smooth.

Menurutku, ini sunscreen yang oke dan sangat worth to buy. Ya, meksipun aku agak kurang cocok sama efek tone up-nya, jadi perlu didiamkan sebentar agar menyatu dengan kulit dan di-set pakai loose powder. Kayaknya aku mau coba varian lainnya yang gak ada efek tone-up, otw beli lagi dan otomatis masuk list sunscreen favorit.

Anessa Brightening UV Sunscreen Gel ini bisa kalian beli secara online di e-commerce. Belinya di official store Anessa atau di Watsons ya! Harganya memang agak mahal sih, sekitar 290-390ribuan, tapi menurutku worth it banget karena sunscreen ini nyaman pas dipakai. Bisa jadi good invest kalau mau kulit lebih sehat + cerah. Daripada terjebak sunscreen SPF palsu, mending beli yang pasti-pasti aja, kayak sunscreen-nya Anessa!

12 Comments:

  1. Aku baru tau soal berita kadar spf yang ada di produk sunscreen beberapa hari lalu dan kaget juga. Ternyata bisa aja tulisan yang ada di kemasannya berbeda dengan komponen bahannya ya. Kebohongan publik gitu

    Waktu tau brand Anessa pertama kali, penasaran pengen cobain sunscreennya tapi kayaknya kemasannya bukan yang ini. Ada beberapa varian ya?

    BalasHapus
  2. Tiap kali aku ke jepang, sunscreen ini selalu paling laku di titip Ama temen2ku mba 😄. Krn Hrg di sana lebih murah juga drpd yg di indo. Sayangnya aku sendiri belum pernah coba, Krn terlanjur cocok Ama sunscreen lain. Tapi jadi penasaran sih. Cuma kayaknya aku prefer Ama anessa yg botolnya kecoklatan itu drpd yg putih ini. Sama sih, aku ga suka kalo ada tone up nya. Krn kulitku juga sawo matang 😄. Jadi lebih suka yg ga ada warna aja.

    BalasHapus
  3. Formulanya ok banget, jasi penasaran nih pengen cobain juga sunscreen ini

    BalasHapus
  4. jujurly ini salah satu sunscreen yang pengen banget tak cobain dalam waktu deket ini:)

    BalasHapus
  5. Sunscreen yang agak pricey tapi ini tuh emang wishlist banget!

    BalasHapus
  6. Akkk aku belum cobain yang ini, baru coba yang gold aja, Anessa tu termasuk salah satu sunscreen terbaik menurutku

    BalasHapus
  7. Fix annesa masuk ke wishlist aku tapi harganya cukup pricey buatku

    BalasHapus
  8. ya banget dah, dari pada terjebak dengan pembelian sunscreen yang belum jelas karena belum BPOM

    BalasHapus
  9. Aku suka sih yang ada efek tone up, soalnya biasanya lebih matte gitu hasilnya.

    BalasHapus
  10. Ini ss terbaik yg pernah aku coba sih, tp harganya mehong wkwkwk

    BalasHapus
  11. kak share tes uji lab nya juga dong kak, sejak isue kemaren jadi lebih strict pilih sunscreen

    BalasHapus
  12. Tone up nya masih natural dan masuk ke warna kulit yaa. Jadi finish-nya cakep.

    BalasHapus

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.