Informasi Seputar Lowongan Kerja S1 Ilmu Farmasi yang Bisa Dicoba

by - February 23, 2020


Source
Jurusan ilmu farmasi menjadi salah satu jurusan kesehatan yang memiliki prospek pekerjaan yang cerah. Pilihan karir yang bisa dipilih para alumninya juga cukup banyak. Lulusan ilmu farmasi bisa menjadi seorang apoteker dan bekerja di bidang industri maupun kesehatan. Mengingat prospek kerjanya yang cerah sehingga banyak ditemukan lowongan kerja S1 ilmu farmasi yang bisa dipilih. Selain itu, gaji yang ditawarkan juga menjanjikan. 

Fakta Tentang Jurusan Ilmu Farmasi 
1. Tidak Hanya Tentang Obat 
Ketika berbicara tentang jurusan ilmu farmasi, hal pertama yang diingat adalah mempelajari tentang obat. Jawaban ini memang tidak salah tetapi ilmu farmasi tidak hanya mempelajari tentang obat saja. Ilmu farmasi juga belajar tentang makanan, kosmetik dan perawatan kulit.
2. Lebih Banyak Praktik 
Kegiatan belajar mengajar jurusan ilmu farmasi hampir 70% adalah praktik di laboratorium. Praktikum yang dilakukan bertujuan untuk membiasakan mahasiswa berada di lingkungan kerja. Memang dunia kerja farmasi didominasi kegiatan di dalam laboratorium. Bahkan satu kali praktek di laboratorium bisa menghabiskan waktu selama 4 jam.
3. Mata Kuliah Ilmu Farmasi 
Mata kuliah jurusan ilmu farmasi berkaitan dengan dunia medis. Selain itu juga belajar fisika maupun kimia. Mahasiswa jurusan ini juga belajar tentang anatomi manusia. Materi yang diberikan kebanyakan dilakukan dengan metode praktik. Penjurusan ilmu farmasi ada dua yaitu farmasi klinis dan farmasi industri.
4. Lulus Tidak Langsung Menjadi Apoteker 
Salah satu prospek kerja dari jurusan ilmu farmasi adalah menjadi apoteker. Tetapi lulusan dari jurusan ini tidak bisa langsung menjadi apoteker karena setelah lulus S1 diharuskan mengambil profesi apoteker selama satu tahun. Setelah lulus baru bisa membuka praktek di apotek.
6 Lowongan Kerja S1 Ilmu Farmasi yang Bisa Dipilih
Dari keempat fakta jurusan ilmu farmasi di atas, tidak mengherankan jika jurusan ini memiliki prospek yang cerah. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya lowongan kerja S1 ilmu farmasi. 
1. Pegawai Negeri Sipil

Source
Lowongan kerja S1 ilmu farmasi yang pertama adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Posisi yang seringkali dicari adalah tenaga penyuluh kesehatan. Tugas dari tenaga penyuluh kesehatan adalah memberikan sosialisasi kepada masyarakat maupun mengedukasi program gaya hidup sehat. Gaji yang akan diperoleh mulai dari 3 juta rupiah.
2. Industri Farmasi 
Pekerjaan favorit lulusan ilmu farmasi adalah bekerja di bidang farmasi industri. Lulusan ilmu farmasi biasanya menempati posisi research and development. Tugas dari research and development adalah menentukan racikan, teknik pembuatan dan juga menentukan spesifikasi bahan baku yang akan digunakan. Gaji yang nantinya diperoleh mulai 47 juta hingga 86 juta. Gaji tersebut termasuk sangat fantastis.
3. Lembaga Pemerintah 

Source
Lembaga pemerintah seringkali juga membuka lowongan kerja S1 ilmu farmasi. Biasanya lulusan farmasi yang dicari akan untuk bekerja di BPOM. Selain BPOM juga untuk lembaga pemerintah lainnya seperti BPJS. Gaji yang diperoleh jika bekerja di BPOM berkisar 3 juta ke atas sedangkan BPJS berkisar 2,5 juta. Gaji akan terus meningkat sesuai dengan jabatan yang diduduki.
4. Terapis Kecantikan 
Saat ini profesi terapis kecantikan sangat membutuhkan lulusan ilmu farmasi. Alasannya karena banyak klinik kecantikan yang membuka cabang di berbagai kota di Indonesia. Untuk gaji yang didapatkan terapis kecantikan mulai dari 2,5 juta hingga 4 juta, tergantung berapa lama bekerja di klinik kecantikan.
5. Farmasi Manajemen 

Source
Lulusan jurusan ilmu farmasi juga memiliki prospek kerja di bidang manajemen yaitu menjadi farmasi manajemen. Manajemen yang dimaksud adalah pimpinan yang memiliki tanggung jawab terhadap berjalannya suatu perusahaan. Untuk itu menjadi seorang apoteker tidak harus berhubungan dengan obat saja. Tetapi juga harus bisa menciptakan hubungan yang baik dengan teman satu profesi, di luar profesi serta pasien. 
6. Farmasi Rumah Sakit 
Lowongan kerja S1 ilmu farmasi yang sering ditemui adalah bekerja sebagai farmasi di rumah sakit. Pekerjaan ini sangat cocok untuk lulusan ilmu farmasi yang mengambil konsentrasi di farmasi klinik dan komunitas. Nantinya mereka akan bertanggung jawab dalam pengadaan, penyimpanan, peracikan, inventaris obat yang kadaluarsa dan memberikan obat kepada pasien rawat jalan. 
Itulah informasi mengenai lowongan kerja S1 ilmu farmasi. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan ilmu farmasi? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

You May Also Like

0 comments

Tinggalin komentar setelah baca post ku ya supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar unfaedah. Thank you.