25 Februari 2020

Prospek Kerja Teknik Kimia dan Gaji yang Menjanjikan di Tahun 2020

Source

Ketika memutuskan akan kuliah maka perlu untuk benar-benar memikirkan jurusan apa yang akan diambil. Salah satu jurusan yang memiliki kesempatan kerja cukup banyak adalah jurusan teknik kimia. Jurusan ini berada di fakultas teknik dan mempelajari tentang pengolahan produk kimia, dari bahan baku, barang setengah jadi hingga barang jadi bernilai ekonomis.  Lulusan dari jurusan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan pengolahan bahan kimia dan industri kosmetik maupun makanan. Lalu bagaimana prospek kerja teknik kimia dan gaji yang didapatkan?

Seputar Jurusan Teknik Kimia 

Source

Teknik kimia merupakan salah satu jurusan di fakultas teknik yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi bahan yang lebih bernilai seperti barang jadi atau barang setengah jadi. Bisa dikatakan bahwa jurusan ini merupakan perpaduan antara jurusan teknik industri dengan jurusan kimia. Tugas akhir mayoritas mahasiswa teknik kimia membahas tentang bagaimana merancang alur produk di suatu pabrik.

Seperti yang diketahui jika jurusan teknik kimia memiliki nama kimia, tetapi tidak hanya mempelajari tentang kimia. Karena juga akan belajar tentang fisika maupun matematika dengan porsi lumayan banyak.

6 Prospek Kerja Teknik Kimia dan Gaji yang Akan Didapatkan 

Kebanyakan lulusan jurusan kimia disiapkan untuk menjadi seorang peneliti. Meski begitu, ada banyak pekerjaan lainnya yang bisa dipilih. Berikut merupakan 6 prospek kerja teknik kimia dan gaji yang akan didapatkan: 

1. Pegawai Negeri Sipil 

Lulusan teknik kimia juga memiliki prospek kerja untuk bisa menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil. Sebelum mendapatkan posisi ini tentunya harus melewati seleksi penerimaan di setiap daerah. Prospek kerja teknik kimia dan gaji yang didapatkan di masa depan ketika telah menjadi seorang PNS juga menjanjikan.

Biasanya lulusan teknik kimia akan ditempatkan di posisi kementerian kesehatan, badan pengawas obat dan makanan, dan posisi lainnya. untuk gaji yang diperoleh juga bervariasi, tergantung seberapa lama bekerjanya. Gaji yang didapatkan antara 2,5 juta hingga 3 juta rupiah. gaji tersebut akan mengalami kenaikan seiring dengan meningkatnya status jabatan dan lama waktu menjabat.

2. Pengusaha 

Lulusan teknik kimia bisa memilih untuk menjadi seorang pengusaha dengan membuka peluang usahanya sendiri. Biasanya lulusan kimia akan menjadi pengusaha di bidang industri makanan dan minuman. Untuk bisa menekuni bidang ini dibutuhkan keahlian maupun keterampilan khusus dalam menciptakan makanan dan minuman yang siap dikonsumsi.

Untuk gaji yang diperoleh pengusaha disesuaikan dengan seberapa kerja keras dan usaha yang telah dilakukan. Jika produk makanan dan minuman yang dibuat diterima baik oleh konsumen, maka akan mendapatkan keuntungan sangat besar. 

3. Menjadi Guru dan Dosen 

Source

Prospek kerja teknik kimia dan gaji yang didapatkan ketika menjadi guru atau dosen juga akan sangat bagus. Alasannya karena lulusan teknik kimia bisa menjadi guru kimia di SMA maupun SMK baik negeri atau swasta. Jika berkeinginan menjadi dosen berarti terlebih dahulu harus melanjutkan pendidikan S2.

Jika bekerja menjadi seorang guru kimia di SMA atau SMK gaji yang diperoleh disesuaikan dengan UMR. Sedangkan menjadi dosen akan mendapatkan gaji antara 3 juta hingga 6 juta setiap bulannya.

4. Industri Makanan 

Lulusan teknik kimia memiliki prospek kerja terbuka lebar untuk bekerja di industri makanan dengan posisi sebagai tenaga ahli. Tugas dari pekerjaan ini cukup banyak mulai dari proses pengolahan makanan, pemilihan bahan baku, proses pengawetan dan pengemasan. Gaji yang akan diperoleh ketika bekerja di industri makanan tergantung dari UMR setiap daerah. Besarnya gaji tersebut berkisar antara 2,5 juta hingga 6 juta rupiah. 

5. Industri Minyak dan Gas 
Banyak mahasiswa teknik kimia yang memiliki mimpi untuk bekerja di perusahaan minyak dan gas. Perusahaan tersebut seperti Chevron, Halliburton, Medco, Exxon Mobil, Baker Hughes dan sebagainya. Salah satu alasan ingin bekerja di perusahaan minyak dan gas adalah gaji yang didapatkan sangat besar. Mulai dari 5 juta hingga belasan juta rupiah.

6. Industri Kosmetik 

Source

Prospek kerja teknik kimia dan gaji yang diperoleh apabila bekerja di industri kosmetik juga sangat cerah dengan jumlah gaji yang besar. Hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya industri kosmetik di Indonesia. Tugas lulusan teknik kimia adalah menentukan komposisi yang sesuai dan ramah lingkungan saat memproduksi kosmetik. Gaji yang diperoleh adalah 4 hingga 5 juta rupiah.

Itulah informasi mengenai prospek kerja teknik kimia dan gaji yang menjanjikan. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan teknik kimia? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

0 Comments:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.