Lowongan Kerja S1 Teknik Lingkungan yang Bisa Dipilih dengan Prospek Cerah

by - February 25, 2020

Source

Bagi yang sangat mencintai lingkungan dan ingin selalu berperan aktif dalam bidang tersebut maka direkomendasikan untuk kuliah di jurusan teknik lingkungan. Ketika mengambil jurusan ini maka tidak akan pernah dipisahkan dengan lingkungan, saat kuliah maupun sudah bekerja. Ketika bekerja lulusan teknik lingkungan bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jurusannya. Ini cukup penting karena ilmu yang didapatkan selama kuliah bisa bermanfaat. Untuk itu, informasi mengenai lowongan kerja S1 teknik lingkungan ini sangat penting untuk disimak.

Kenapa Harus Memilih Teknik Lingkungan? 

Ada banyak alasan yang menguatkan kenapa memilih jurusan teknik lingkungan adalah pilihan terbaik. Alasan pertama adalah bisa menjaga lingkungan dari pencemaran, terlebih saat ini perkembangan teknologi memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Alasan selanjutnya adalah ada banyak lowongan kerja S1 teknik lingkungan yang bisa dipilih.

Bisa dikatakan memilih jurusan ini merupakan pilihan tepat karena memiliki prospek dan peluang kerja yang cerah. Selain itu ilmu yang dimiliki bisa bermanfaat untuk sesama maupun lingkungan. Dan yang paling penting bisa membantu menjaga lingkungan supaya terus dinikmati oleh generasi selanjutnya. 

8 Lowongan Kerja S1 Teknik Lingkungan dengan Prospek Cerah

1. Konsultan Lingkungan 

Beberapa kali ditemukan lembaga pemerintah membuka lowongan kerja S1 teknik lingkungan untuk menempati posisi sebagai konsultan lingkungan. Tugas dari konsultan lingkungan itu sendiri adalah menentukan tingkat kontaminasi air, udara dan tanah. Untuk menentukannya maka terlebih dahulu harus dilakukan penelitian. Setelah itu konsultan lingkungan baru bisa untuk melakukan identifikasi apakah kontaminasi tersebut berbahaya bagi lingkungan dan manusia atau tidak.

2. Ahli Ekologi

Source

Perlu dipahami terlebih dahulu apabila memiliki pekerjaan ahli ekologi bertugas untuk meneliti ekosistem secara keseluruhan. Adapun yang diteliti adalah melakukan klasifikasi makhluk hidup, bertambahnya makhluk hidup tertentu pada suatu ekosistem, meneliti pengaruh berkurang dan sebagainya. Biasanya seorang ahli ekologi bekerja untuk pemerintah, perusahaan dan lembaga non-profit.

3. Ahli Biologi Kelautan  

Lowongan kerja S1 teknik lingkungan ada yang membutuhkan ahli biologi kelautan. Seorang ahli biologi kelautan akan meneliti seluruh aspek kehidupan di laut dan lingkungan. tujuan dari biologi kelautan adalah meningkatkan pemahaman tentang dunia kelautan serta memahami terjadinya perubahan ekosistem akibat adanya gangguan manusia dan alam. Ahli biologi laut biasanya bekerja di perusahaan komersial, instansi pemerintah, instansi pendidikan, dan lembaga penelitian kelautan.

4. Energy Manager 

Menjadi energy manager memiliki tanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi penggunaan energi dalam suatu perusahaan supaya berjalan lancar. Selain itu juga perlu melakukan evaluasi penggunaan energi supaya bisa mengubah dan menerapkan kebijakan agar penggunaan energi menjadi lebih efisien. Tetapi jika ingin menjadi energy manager terlebih dahulu harus mengikuti pelatihan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

5. Manajer Lingkungan 

Source

Jika ingin memiliki pekerjaan ini berarti harus bekerja perusahaan swasta, instansi pemerintah dan NGO. Manajer lingkungan ini bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja lingkungan tempatnya bekerja. Selain itu juga bertugas untuk mengembangkan, menerapkan serta mengawasi jalannya strategi maupun program yang menerapkan pembangunan lingkungan ke arah positif. 

6. Petugas Pengelolaan Limbah  

Bagi lulusan teknik lingkungan serta menyukai tantangan sangat cocok untuk bekerja sebagai petugas pengelolaan limbah. Petugas pengelola limbah bertugas untuk mengatur dan mengelola fasilitas pengumpulan, pembuangan serta daur ulang limbah. Selain itu juga mengarahkan bagaimana pembuangan limbah yang aman melalui pertimbangan lingkungan dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah pemahaman tentang undang-undang tentang lingkungan.

7. Petugas Konservasi Lingkungan 

Source

Masuk jurusan teknik lingkungan dengan alasan sangat mencintai lingkungan sehingga harus bisa mengajak orang lain untuk mencintai dan melindungi lingkungan. petugas konservasi lingkungan bertanggung jawab melindungi, mengelola serta mengembangkan suatu lingkungan. Tujuannya adalah membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman orang-orang tentang lingkungan alam sekitar. Seorang petugas konservasi alam dituntut bekerja di lapangan dengan jam yang bebas.

8. Bagian Pemelihara Kualitas Air 

Lowongan kerja S1 teknik lingkungan selanjutnya adalah bekerja pada bagian pemelihara kualitas air. Seperti yang diketahui jika air merupakan sumber kehidupan sehingga keberadaannya perlu dijaga. Bekerja menjadi seorang pemelihara kualitas air ternyata bisa mendapatkan gaji mulai 3 juta rupiah.

Itulah informasi mengenai lowongan kerja S1 teknik lingkungan. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan teknik lingkungan? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

You May Also Like

0 comments

Tinggalin komentar setelah baca post ku ya supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar unfaedah. Thank you.