4 Februari 2023

Review: Wardah Colorfit Matte Foundation

Happy new year! Meskipun udah masuk di bulan kedua, tapi masih termasuk tahun baru, yakan? Hahaha. Agak telat, tapi gak masalah.

Untuk merealisasi resolusi tahun baruku, yaitu lebih rajin ngeblog dan bikin konten, jadi aku akan share review produk pertamaku di tahun 2023 dengan postingan ini. Aku sebenarnya udah lama banget pengen bikin review produk ini, bahkan sejak aku pertama coba produknya. Tapi karena kesibukan ini itu dan ditambah dengan rasa malas yang terus menyerang, aku jadi menunda terus buat nulis review foundation Wardah ini.

review wardah colorfit matte foundation

So, let me introduce you, Wardah Colorfit Matte Foundation. Produk ini udah aku coba dari tahun 2021, i guess. Tapi baru sering aku coba tahun kemarin karena aku sering apply make up untuk ngedate, hahaha. Jadi produk pertama yang aku beli udah habis, tube-nya udah bersih, kosong. Karena aku suka banget sama foundation ini, jadi aku memutuskan untuk re-purchase produk ini.

Saking sukanya, aku sampai kepikiran buat share review produk ini (tapi ketunda terus gara-gara aku malas). Jadi aku akan bikin review ini sebagai momen spesial, anggap aja aku mematahkan kemalasanku di awal tahun (meskipun udah masuk bulan kedua hehehe) dan mulai rajin bikin review sejak aku menulis review Wardah Colorfit Matte Foundation.

Jadi kenapa aku lebih memilih foundation ini daripada foundation yang lain? Jawabannya cuma satu sih, harganya murah. Udah itu aja. Jujur, pas awal beli, aku memang mempertimbangkan harga. Sebenarnya banyak produk yang harganya under 20k, tapi aku gak yakin sama performanya. Jadi biar aku dapat performa yang cukup dan gak buang banyak uang, pilihanku jatuh ke Wardah Colorfit Matte Foundation.

Selain itu, pilihan warna dari foundation ini juga cukup banyak. Buat foundation seharga 50ribuan, punya lebih dari 4 shade tuh menurutku udah cukup bagus. Aku agak bingung pas milih shade-nya karena banyak dan aku gak punya referensi shade mana yang cocok untuk kulitku.

So, hal pertama yang aku lakukan buat milih shade yang tepat adalah dengan cek undertone. Kebetulan aku punya undertone yang netral cenderung warm, jadi aku memutuskan untuk membeli shade 42N karena menurutku itu warna yang paling tepat. Gak terlalu gelap, dan gak terlalu terang.

Apakah warna yang aku pilih tepat buat kulitku? Buat harga 50ribuan, apakah produknya bagus dan worth it untuk dicoba? Kalau kelian penasaran, simak terus review Wardah Colorfit Matte Foundation ini hingga selesai, ya!

Baca Juga: Rekomendasi Toko Skincare dan Make Up di Shopee

Packaging

Wardah Colorfit Matte Foundation ini dikemas dalam tube berukuran setelapak tanganku. Gak terlalu kecil atau besar, nyaman digenggam, dan gak makan banyak tempat kalau dibawa bepergian. Tutupnya ulir dan ada moncong buat produknya keluar pas tutupnya dibuka.

review wardah colorfit matte foundation

Aku suka pemilihan warna kemasannya karena kelihatan kalem dan gak ramai. Kayaknya semua produk Wardah di seri Colorfit punya kemasan dengan warna nude kayak gini.

Ada box-nya juga yang berisi keterangan produk, of course. Di bagian atasnya juga ada segel berupa shade produk. Tapi bagian bawahnya bisa dibuka dengan sangat mudah. menurutku segel di bagain atasnya sia-sia sih.

Kalau dari kemasan, menurutku gak banyak minusnya. Aku suka dengan pemilihan bahan, warna, hingga desainnya. Tapi yang bikin aku kecewa cuma kenapa produknya gampang bleber? Aku sampai bingung gimana caranya biar bagian tutup dan moncongnya gak kotor kena foundation dan mencegah produknya bleber.

My thought

Seperti yang sudah aku bilang di awal, aku suka banget sama foundation ini. Teksturnya gak se-kental Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation. Teksturnya agak cair tapi punya coverage yang cukup buat kulitku. Karena teksturnya cair dan ringan, jadi foundation ini gampang diblend dan punya finish yang ringan juga.

Shade 42N ternyata cukup pas di kulitku, meskipun agak kelihatan sedikit cerah tapi masih bisa diakali dengan pakai loose powder yang warnanya agak gelap. Menurutku ini gak jadi masalah sih, karena foundation ini oksidasi setelah beberapa jam pemakaian. Jika aku bandingkan dengan warna kulit leher, shade ini pas banget! Shade 42N foundation Wardah colorfit ini cocok banget di kulitku yang kuning langsat cenderung ke sawo matang.

Karena shade 42N ini pas di aku, aku jadi berpikir kalau semua shade N (neutral), bakal masuk di kulitku. Tapi ternyata pas aku coba cushion YOU Noutiwear, warnanya agak terang dan jadinya aneh. Untung masih bisa diatasi sama loose powdernya yang warnanya sedikit kekuningan.

Baca Juga: Review YOU Noutriwear Cushion Foundation & Loose Powder

Seperti namanya, Wardah Colorfit Matte Foundation ini punya finish matte yang pas banget buat kulitku karena aku punya kulit cenderung berminyak. Meskipun matte tapi gak bikin kulit terasa kering, jadi masih nyaman banget pas dipakai. Aku lebih suka apply foundation Wardah ini tanpa primer. Jadi setelah pakai sunscreen, langsung aku timpa dengan foundation.

Aku juga gak perlu pakai banyak-banyak, karena pakai sedikit sudah cukup untuk meng-cover seluruh kulit wajahku. Biasanya aku apply dengan sponge basah karena lebih mudah diratakan dan memberikan sedikit efek pori-pori yang lebih samar. Coverage foundation matte Wardah ini juga lumayan sih meskipun gak bisa meng-cover dark spot yang ada di kulitku, tapi bisa bikin warna kulit terlihat lebih rata.

Sayangnya foundation ini masih transfer ke masker, tapi transfernya masih dalam jumlah yang wajar, bukan yang nempel semua terus hilang gitu. Paling yang transfer seringnya di bagian hidung dan pipi, tapi meskipun transfer masih aman karena gak bikin kelihatan belang.

Aku sering pakai foundation ini selama hampir seharian tanpa re-touch. Biasanya foundation ini bisa tahan selama 3-5 jam di kulitku, selebihnya ya sudah mulai memudar. Tapi pudarnya cantik, bukan yang bolong-bolong dan bikin kulit kelihatan gak oke. Meskipun klaimnya matte, tapi foundation ini cuma bisa menahan minyak di 2-3 jam awal pemakaian. Tapi aku sudah cukup puas dengan performanya.

Wardah Colorfit Matte Foundation ini pas banget kalau mau kalian pakai buat sehari-hari, I highly recommend this. Dengan harga cuma 50ribuan, foundation Wardah colorfit ini punya finish yang ringan, lumayan tahan lama, dan punya coverage cukup buat sehari-hari. Cocok banget buat yang lagi cari foundation matte murah dan ringan.

Oh iya, foundation Wardah ini memiliki formula non-comedogenic, non-acnegenic, serta dermatology tested. Jadi selama aku pakai foundation ini, aku gak khawatir akan muncul komedo atau jerawat di kulit. Dan so far aku merasa foundation ini juga gak menambah komedo atau jerawat di kulitku.

Apakah aku akan beli produk ini lagi? Definitely yes! Aku akan re-purchase terus sampai aku bosan pakai foundation Wardah satu ini. Dengan harga yang terjangkau, aku jadi gak perlu mikir 2x untuk re-purchase. Setelah nyoba foundation ini, aku jadi penasaran sama produk Wardah Colorfit lainnya. Haruskah aku coba produk-produk lainnya? Coba leave comment di bawah ya!

Beli Wardah Colorfit Matte Foundation di sini:

10 Comments:

  1. Kemarin nyobain cushion cocok, jadi penasaran mau cek yang foundi ini juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku penasaran juga sama cushionnya kak. Ayo cobain ini kak, enak banget. Dijamin gak nyesel.

      Hapus
  2. Kira2 di kulit kering dan sensi saya gimana ya? Auto kepo nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih oke kok kak buat kulit kering, karena formulanya enak, meskipun matte tapi gak bikin kulit kering

      Hapus
  3. keliatan banget nih kalo ini jadi favorit sampe begitu packagingnya

    BalasHapus
  4. Cakep ya, ada berapa shade kak?

    BalasHapus
  5. Penasaran shade lain juga, shade ini kyaknya kegelapan di aku, thanks review nya

    BalasHapus

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.