3 April 2023

Tips Rawat Kulit Selama Bulan Ramadan + Rekomendasi Produk

Bulan Ramadan selalu ditunggu kehadirannya karena banyak memberikan suka cita serta banyak momen-momen khusus yang hanya ada saat Ramadan. Diantara jutaan orang yang excited, aku juga turut menjadi salah satu orang yang tidak sabar menyambut bulan Ramadan. Semoga aku biasa puasa tanpa bolong-bolong (kecuali pas haid) sampai akhir bulan Ramadan.

Biasanya, kulitku jadi lebih rewel saat puasa karena asupan minum jadi berkurang. Yang biasanya masih rutin dapat asupan air mulai pagi sampai malam hari, harus terpangkas dan hanya bisa minum pas malam hingga pagi hari sebelum subuh. Perihal minum-minuman ini memang berpengaruh banget ke kulitku. Karena hal ini, kulitku jadi mudah dehidrasi dan perlu dapat asupan hidrasi kulit dari skincare yang aku gunakan.

Makanya, selama bulan puasa, biasanya aku lebih suka pakai produk-produk yang memang memiliki fungsi hidrasi karena lebih bersahabat untuk kulitku yang sering dehidrasi selama puasa. Selain produk yang menghidrasi, aku juga lagi suka pakai produk yang sedikit ngasih efek cooling ke kulit karena lumayan bikin segar apalagi pas siang-siang. Cocok banget deh kalau dipakai pas panas-panas, apalagi pas lagi puasa gini.

Karena pasti banyak dari kalian yang lagi berpuasa dan mungkin butuh pencerahan buat pakai skincare apa yang bagus buat kulit pas puasa, aku sudah merangkum beberapa tips untuk merawat kulit saat puasa + akan aku sertakan rekomendasi produk yang aku gunakan. So, berikut beberapa tips skincare selama bulan Ramadan anti kulit dehidrasi ala aku.

Pilih produk-produk yang menghidrasi


Saat puasa ataupun hari biasa, aku suka pakai produk skincare yang fokusnya buat menghidrasi kulit. Karena aku paham banget kalau kulitku suka sama hidrasi. Saat kulitku sudah terhidrasi dengan baik, udah gak akan ada masalah lagi di kulitku. Nah, karena pas puasa aku gak bisa minum terlalu sering seperti hari-hari biasa, otomatis kulitku jadi lebih kering. Maka dari itu aku memilih buat pakai skincare yang punya efek hidrasi yang oke.

Akhir-akhir ini, aku lagi suka banget sama duo skincare dari Jumiso yang seri Waterfull Hyaluronic. Aku coba toner dan moisturizernya dan kedua produk ini punya efek hidrasi yang oke banget di kulitku. Tonernya punya tekstur yang agak thick dan punya hidrasi yang nampol, moistuirizernya punya tekstur gel cream dan lembapnya oke buat kulitku yang cenderung oily.

Aku gak akan bahas full reviewnya di sini karena aku sudah menyiapkan review khusus untuk membahas kedua produk ini, so stay tune ya!

Beli Jumiso Waterfull Hyaluronic Acid Toner di sini:

Blibli    Lazada    Shopee    Tokopedia

Rajin pakai pelembap dan sunscreen



Selain pakai hydrating toner, aku juga rutin pakai pelembap untuk menjaga kelembapan kulit tetap balance. Seringnya aku pilih pelembap yang teksturnya ringan seperti gel atau gel cream karena kedua tekstur ini cocok banget buat kulitku yang cenderung berminyak. Seperti yang sudah aku sebutkan di poin pertama, aku pakai pelembap dari Jumiso Water Full Hyaluronic yang memang ringan di kulit tapi efek lembapnya oke.

Beli Jumiso Waterfull Hyaluronic Acid Cream di sini:

Blibli    Lazada    Shopee    Tokopedia



Aku juga selalu pakai sunscreen dan gak pernah terlewat buat apply, apalagi saat akan beraktivitas di luar ruangan. Biasanya matahri terasa lebih terik saat puasa, jadi aku selalu jaga-jaga buat apply sunscreen biar kulitku gak gampang terbakar. Sunscreen yang sering aku pakai selama bulan puasa adalah SNP UV Perfect Air-Cool Sun Cream, karena sunscreen ini nyaman, lembap, dan punya proteksi yang oke.

Baca juga: Review SNP UV Perfect Air-Cool Sun Cream

Beli SNP UV Perfect Air-Cool Sun Cream di sini:

Blibli    Lazada    Shopee    Tokopedia

Cooling cleanser is a good choice!


Meskipun aku belum lama coba produk cleanser dengan efek cooling, tapi aku jatuh cinta banget sama cleanser semacam ini. Aku merasa cleanser semacam ini cocok banget untuk dipakai saat siang hari di bulan puasa, auto bikin kulit segar! Produk cleanser dengan efek cooling kayak gini memang jarang ada, sayang banget sih, padahal pasti enak kalau dipakai pas siang-siang.

Kebanyakan produk cleanser dengan efek cooling cuma ada di cleanser untuk cowok, dan jarang ada produk cleanser cewek yang punya sensasi unik kayak gini. Jadi aku happy banget pas coba cleanser dengan efek cooling. Produk yang aku pakai adalah dari Wardah Perfect Bright yang namanya Cooling Jelly Facial Wash. Aku sudah pernah menulis reviewnya di blog.

Baca juga: Review Wardah Perfect Bright Cleansing Duo

Yang aku suka dari cleanser ini adalah gak bikin kering. Aku pernah coba cooling cleanser semacam ini tapi dari merk lain dan dikhususkan buat pria + ada scrubnya, rasanya kulitku jadi kering banget dan gak nyaman. Pokoknya berbanding terbalik sama cleanser Wardah yang aku coba. Kalau kalian belum pernah coba cleanser satu ini, please, cobain! Aku yakin kalian pasti akan suka dengan cleanser ini.

Beli Wardah Perfect Bright Jelly Facial Foam di sini:

Blibli    Lazada    Shopee    Tokopedia

Selama bulan puasa, step skincare yang aku pakai memang lebih simple. Karena aku lebih fokus ke hidrasi dan kelembapan kulit. Bisa dibilang skincare yang aku pakai sekarang ini cuma yang basic. Tapi meskipun aku gak pakai banyak bahan aktif, aku merasa cukup puas karena skincare yang aku pakai memberikan hasil yang sesuai dengan yang aku mau.

Kalian punya trik khusus gak sih untuk merawat kulit saat bulan puasa? Kalau ada, coba share juga di kolom komentar, ya!

0 Comments:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.