24 Februari 2024

Basa Basi Beauty: Gua Sha dan Jade Roller, Benar Ngefek atau Cuma Gimmick?

tentang gua sha

Hai hai, welcome back to segmen basa basi beauty. Kayaknya aku udah lama banget gak nulis buat segmen ini karena belum nemu harus bahas apa. Nah, setelah beberapa saat, akhisnya aku nemu satu pembahasan yang unik banget nih, yaitu mengenai beauty tools yang populer banget, gua sha dan jade roller.

Kedua beauty tools ini namanya jadi naik, terutama gua sha, gara-gara Nikita Willy nge-share skincare rotuine-nya dan dia pakai gua sha buat memijat wajahnya. Aku juga merupakan pengguna gua sha, meskipun baru aja sih. Di sini aku mau mengupas dan mengutarakan pendapatku, sebenarnya gua sha atau jade roller itu beneran ngefek gak sih, atau cuma gimmick aja? Yuk baca selengkapnya di basa basi beauty episode gua sha!

Baca juga: Basa Basi Beauty: Trend Wash Off Peeling Serum, Beneran Worth To Try atau Cuma Gimmick?

Kenalan dengan Gua Sha dan Jade Roller


gua sha dan jade roller

Tapi sebelum itu, yuk kenalan dulu sama apa itu gua sha dan apa saja sih manfaatnya untuk kulit. Jadi, gua sha adalah salah satu alat pijat yang terbuat dari batu dan sudah digunakan sejak jaman China kuno. Meskipun sudah lama eksis, tapi alat ini baru nge-trend selama beberapa tahun terakhir.

Gua sha dan jade roller umumnya digunakan bersamaan dan saling melengkapi. Jade roller berguna untuk memijat wajah secara ringan, sedangkan gua sha lebih berfokus memijat wajah dengan intens. Gua sha dinilai dapat membuat struktur wajah lebih tegas jika pakainya rutin, lho! Percaya gak?

Kenapa kedua ini ada dan populer

Gua sha dan jade roller sempat booming di tahun 2018-2019 seingatku, karena banyak yang mereview tools ini dapat melancarkan peredaran darah serta bikin pipi lebih tirus, dan of course bikin performa skincare lebih bagus. Tapj apa iya seperti itu?

Jujur, aku tipe orang yang skeptis banget sama klaim-klaim seperti ini, like, ini cuma batu, apa beneran se-magical itu? Karena aku juga penasaran dengan tren ini, jadi aku beli juga jade roller di e-commerce. Aku gak beli yang premium ya, aku belinya yang di bawah harga 10ribu. Aku gak tau apa bedanya sama yang mahal karena menurutku ya sama aja, hehehe.

Percobaan pertama pakai jade roller, aku pakai pas lagi maskeran (re: sheet mask). Sebenernya cukup enak sih, jadi lebih relax dan bikin sensasi maskeran next level. Cuma ya bukan yang gimana-gimana, pakai gak pakai pun hasilnya ya sama aja. Dan mungkin aku belinya yang murah ya, jade roller-nya tiba-tiba terbelah jadi 2. Hiks. Untuk gua sha, jujur, aku belum pernah coba-coba kayak pas aku coba jade roller karena kurang tertarik aja sama produknya. Tapi tahun lalu, aku mencoba duo beauty tools ini tapi yang versi premium.

Baca juga: Cara Gampang Dapat Skincare Gratis, Pecinta Produk Gratisan Wajib Tahu!

Produk yang aku coba


relieve tinkerblush gua sha and jade roller

Jadi, aku mencoba gua sha dan jade roller dari Tinkerblush. Kedua tools ini aku dapatkan sebagai hadiah dari ikut challenge veetcation bareng Veet Indonesia. Hasil hadiah ya, bukan beli sendiri. Mengingat harganya yang menurutku agak mahal, aku juga gak akan beli sih, hehehe.

Meskipun awalnya aku merasa produk ini kurang berguna, tapi aku baru menyadari kalau jade roller dan gua sha ini oke banget buat memijat. Aku paling suka pakai gua sha buat memijat area leher. Lumayan relaxing, apalagi pas aku merasa leher kaku dan berat. Asli deh, dipijat pakai guasha rasanya enak banget!

Kalau untuk jade roller, aku merasa fungsinya ya buat estetis aja sih. Gak se-amaze itu sama produk ini. Kalau dibandingkan antara jade roller dengan gua sha, aku lebih suka guasha. Secara desain lebih compact, dan secara performa juga lebih oke.

Kesimpulan dari bahasan kali ini

Gak usah beli kalau kalian memang gak perlu-perlu banget atau cuma FOMO. Karena menurutku jade roller dan gua sha ini ya cuma tambahan aja. Bukan tools yang penting juga buat perawatan kulit wajah. Tapi kalau kalian tetap ngotot mau coba, ya monggo sih! Kalian bisa pilih antara gua sha atau jade roller, atau mungkin beli keduanya kalau punya budget lebih.

Tapi menurutku pribadi, kalau kalian pengen banget cobain kedua tools ini, mending kalian beli gua sha. Karena lebih fungsional dan gampang dipakai daripada jade roller. Aku juga gak menyarankan untuk beli yang harganya mahal, karena aku rasa ya sama aja hasilnya. Toh fungsinya juga cuma buat pijat-pijat wajah atau leher.

Jadi, kalian team yang mau beli gua sha dan jade roller atau skip dulu nih?!

11 Comments:

  1. asli, aku sebenernya juga bertanya-tanya apakah kedua tools ini works?? soalnya akupun juga punya, tapi malah jarang dipake wkwk
    kayanya kalo guasha lumayan deh soalnya cara pemakaiannya kan ditarik gitu jadi cukup membantu untuk membuat kulit kencang selama pemakaiannya rutin..
    kalo jade rollen baru deh aku kurang yakin wkwk

    BalasHapus
  2. Ini sempet beberapa kali masuk keranjang belanja lalu aku masih maju mundur buat beli, aku sempat hapus, lalu tambahkan lagi. Karena emang SE ragu ragu itu, apalagi kalo harganya mahal. Makasih ini review nya ya

    BalasHapus
  3. kaget banget pas baca jade roller pecah jadi kedua, kebayang kalau pas pecahnya pas kita lagi roller muka kita kan bisa melukai wajah kita ya, beberapa orang mengkalim it works ya, kualitas barang pastinya mempengaruhi sih ya, saya juga ada di rumah tapi jarang pakai dulu beli karena ditawarin teman saja, pakai beberapa kali enak aja pas lagi maskeran, selebihnya udah ga pernah pakai lagi

    BalasHapus
  4. hmmmm jadi kesimpulannya bukan produk yang penting banget ya kak heheh..semacam alat relaksing melancarkan peredaran darsh di sekitar wajah...okee kak makasih informasi nya :)

    BalasHapus
  5. Kalo jaman dulu pake sendok yg abis ditaro di kulkas 🤣

    BalasHapus
  6. Jadi kayak semacam alat buat bikin rileks disekitar wajah aja ya, nice banget info nya.

    BalasHapus
  7. Jadi gua sha adalah alat pijat dari batu buat memijat wajah lebih intens dan udah ada sejak jaman China kuno ya kak. Jadi dia booming lagi setelah Nikita Willy ngeshare cara skinkerannya. Noted banget berarti dibanding jade roller, mending beli gua sha ya.

    BalasHapus
  8. Jujur si aku tertarik sama alat pijat wajah ini, ka. Buat relaksasi bagus deh, apalagi kalau kepala sudah mumet, mata mulai gak enak, waja juga tegang. Bakalan asyik nih pijat-pijat sendiri.

    BalasHapus
  9. Menurutku yaa, guasha dan jade roller ini ngaruh dan ngefeknya ketika orangnya juga rajin buat make, buat self treatment. Jadi emang harus rutin sih biar keliatan hasilnya

    BalasHapus
  10. aku punya yang gua sha kak. tapi nggak terlalu telaten pakainya hehehehe

    BalasHapus
  11. Aku pernah beli merk MG, baru banget buka box, patah lemnya ga kuat, gak kepake juga hahahah... Untung murah

    BalasHapus

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.