31 Maret 2023

Random Talk: Perjalananku Melawan Jerawat + Tips Bebas Jerawat


Sebenernya postingan ini udah nangkring di draft blogku dari tahun 2019 dan aku baru nemu setelah aku scroll draft di blog. Ternyata ada postingan ini yang kayaknya bakal asik kalo aku up dalam waktu dekat. Oh iya, aku juga mencoba buat aktif lagi disini setelah aku janji bakal up 2x seminggu sejak berabad-abad yang lalu. Semoga bisa ya, soalnya udah nemu support system yang pas, hiyaaa.

Kali ini aku gak mau review produk tapi aku mau share gimana cara aku survive dari jerawat dan aku mau ngasih beberapa tips yang siapa tau bisa berguna bagi nusa dan bangsa kalian. Nanti tetep aku spill sih produk-produk apa aja yang aku pakai selama perjalanan untuk mendapatkan kulit bebas jerawat. Mostly produk-produknya udah pernah aku review disini.

Sebelum itu, kalian perlu tau kalau tipe kulitku normal-oily dan gak gampang jerawatan. Banyak dari temanku yang masa pubernya dipenuhi jerawat tapi aku anteng-anteng wae, karena kulitku gak jerawatan sama sekali dan meskipun mens juga cuma muncul 1-3 biji yang gak begitu besar, dibiarin aja 3-4 hari udah kempes.

Tapi di peralihan remaja ke dewasa, kulitku jadi ngambek, aku gatau kenapa. Jerawat jadi banyak tumbuh. Siklusnya kayak mati 1 tumbuh 1000. Bukannya jerawat makin reda, malah makin menjadi. Jujur aja, ini pernah bikin aku stress banget dan sempet mau nyerah buat ngobatin jerawatku. Ditambah lagi aku juga gak dapet dukungan dari orang-orang terdekat. Tapi untungnya, i'm fine, aku bisa bebas dari jerawat, and here i'm now.

So, this is my journey.

*Note: Di postingan ini terdapat gambar kulit berjerawat yang mungkin menjijikkan!

2017: Awal Mula


Jadi awal mula aku jerawatan karena breakout gara-gara pakai BB cream Missha. Awalnya kukira kulitku pakai apa aja tahan dan akhirnya tumbang gara-gara Missha😌.

Awalnya cuma muncul satu jerawat besar dan kesalahanku adalah, aku sering pegang jerawat itu dan berkali-kali aku coba pencet jerawatnya, akhirnya meradang. Yang awalnya cuma ada satu jerawat, berakhir jerawatan di dagu, pipi dan rahang. Aku sempat stress saat itu karena gak pernah jerawatan sebanyak ini sebelumnya (Sorry karena aku gak punya foto saat pertama kali breakout).

Hal ini makin diperparah dengan aku yang jarang pakai skincare, ditambah lagi pas itu aku kerja dan mengharuskan aku buat pakai makeup meskipun tipis. Jadi jerawat-jerawat yang awalnya cuma beberapa biji, jadi muncul banyak banget kayak hujan huhuhu.

Di tahun-tahun ini aku masih buta, produk skincare yang aku pakai juga masih ngasal. Aku masih belum paham apa itu basic skincare, apa itu double cleansing, aku juga belum tau apa yang kulitku mau. Jadi buat jaga-jaga, aku cuma sedia obat totol jerawat dari Acnol. Membantu? Sedikit, seenggaknya jerawatku bisa mati 1 meskipun nanti tumbuh lagi yang jumlahnya 2x lebih banyak.

And FYI, blog ini aku bikin di tahun 2017. Produk pertama yang aku post adalah review sunscreen Emina yang saat itu jadi sunscreen favoritku.


2018: Mulai Coba Berbagai Skincare


Tahun 2018 jadi tahun yang jadi saksi gimana perjuanganku buat menghempas jerawat-jerawat yang kayak gak ada matinya di kulitku. Aku mulai melek skincare, aku jadi rajin pakai skincare dan milih produk-produk yang spesifik buat kulit berjerawat. Sayangnya, produk-produk ini malah bikin kulitku kering sampai ngelupas di beberapa bagian. Padahal aku punya kulit berminyak.


Karena kondisi kulitku kayak kurang kelembapan, jadilah jerawat-jerawat makin subur, tumbuh dimana-mana. Ditambah lagi aku jadi makin stress karena jerawat yang gak udah-udah. Jerawat yang udah ilang juga ninggalin bekas yang susah ilang, aku jadi bingung mau nuntasin jerawat dulu atau ilangin bekasnya atau keduanya. Maklum, pas itu aku masih belum begitu paham.

Di akhir tahun 2018, aku baru nyoba acid toner dari Some By Mi dan udah sempet aku review juga disini. Jujur aja, aku beli karena kemakan iklan, katanya kan bisa ngilangin jerawat dan semua masalah kulit dalam 30 hari. Tapi ya, we know kalo produk magical kayak gitu gapernah eksis di dunia kita, hahaha.


Akhir tahun 2018 ini, aku juga udah mulai paham gimana skincare bekerja, basic skincare tuh apa aja, aku juga lebih memahami kulitku. Akhirnya aku balik ke basic dan mulai ngasih hidrasi ke kulit meskipun cuma pakai produk seadanya. Di tahun ini juga aku mulai aktif ngeblog dan sempat membagikan urutan pemakaian skincare (yang basic) + rekomendasi produk meskipun pas itu aku masih belum paham-paham banget hahaha. Tapi gapapa, infonya gak sesat kok karena cuma bahas basicnya.


2019: Jerawat Mulai Reda + Plot Twist


Nah, di awal tahun 2019, kulitku masih muncul jerawat yang ukurannya lumayan besar dan warnanya merah. Aku rajin fotoin progress selama 13 hari, jadi aku take fotonya tiap 3 hari sekali. Masuk bulan Februari, jerawat udah mulai reda dan di akhir Maret udah tinggal bekas kemerahan.



Mulai saat itu, aku merasa kulitku makin membaik. Dari yang awalnya jerawatan jadi lebih kalem. Jerawat udah gak mati 1 tumbuh 1000. Tekstur kulit udah agak membaik meskipun masih ada jerawat yang tersisa. Aku rutinin terus tuh pakai skincare yang selama ini aku pakai.

Tapi pas awal bulan Juni, kulitku kembali meradang dan muncul banyak jerawat. Aku mulai panik lagi karena takut mengalami siklus yang sama seperti sebelumnya. Jerawat yang muncul kebanyakan menonjol, seminggu kemudian mulai kempes dan meninggalkan bekas kemerahan.


Pertengahan bulan Juli, kondisi kulitku juga gak begitu membaik. Setelah bebas dari jerawat yang berukuran besar dan menonjol, aku malah dihadapkan sama jerawat pasir yang kecil-kecil dan jumlahnya banyak. Ini bikin aku gak nyaman banget karena aku gak tahu gimana mengatasinya. amu ditotol spot treatment satu-satu ya gabisa, mau dipake semuka ntar kulit jadi kering. Jadi aku tetap pakai skincare yang aku gunakan, dan untungnya lumayan bekerja.



Di bulan September, kulitku sudah mulai membaik. Gak ada lagi jerawat kecil-kecil yang kasar dan mengganggu, tapi banyak bekas jerawat merah dan hitam yang bikin aku insecure. Ditambah lagi masih ada muncul jerawat. Tapi untungnya aku udah kenal sama produk acne patch, jadi bisa teratasi dengan lebih cepat.


Aku masih inget pas itu produk yang membantu banget buat bikin kondisi kulitku membaik tuh produk-produknya Hada Labo. Aku coba Hada Labo seri Gokujyun, masih inget banget. Aku beli yang ukurannya mini dan aku irit-irit karena pas itu budgetku pas-pasan, kalo boros pakainya ntar gabisa beli lagi.

Di tahun ini juga aku mulai rajin bikin postingan di blog. Dan di pertengahan tahun, aku bersahabat baik sama produk acne patch. Favoritku dari Nourish Skin yang warna pink karena harganya murah. Aku juga udah mulai pakai produk-produk Korean mulai dari Innisfree, Axis-y, dan Etude House.


Aku juga jadi kenal sama banyak blogger dan reviewer lain di tahun ini. I'm so glad to meet you, guys, karena mereka semua positif banget dan gaada yang toxic. Pokoknya tahun ini tuh asik banget, aku juga dapet tawaran partnership pertama di tahun ini, lho!

Sepanjang bulan September-Oktober, aku merasa kulitku ya gitu-gitu aja. Jerawat muncul 1-2 di tempat yang sama dan masih banyak bekas jerawat. Tapi masuk bulan November, aku ngerasa kulitku yang awalnya oke-oke aja jadi tiba-tiba jerawatan. Anehnya jerawat-jerawat ini muncul di bagian lain seperti dahi, pipi, hingga dagu yang bikin aku gak percaya diri. Awalnya aku gak tau apa penyebabnya, akhirnya aku ngeh gara-gara aku pakai cleansing balm nya Fanbo yang aku beli di event Surabaya x Beauty. Maybe bukan karena produknya jelek sih, tapi aku aja yang salah pakainya huehehehe.


Di bulan Desember, beberapa jerawat yang muncul di kulit akibat salah pakai produk, perlahan kempes dan tinggal bekas-bekasnya. Meskipun tekstur kulit masih belum halus, setidaknya masalah jerawatku sudah sedikit demi sedikit berkurang di akhir tahun ini.


2020: Berjuang dengan Bekas Jerawat


Setelah aku tahu penyebab utama dari masalah kulitku, aku terbebas sepenuhnya dari jerawat. Tapi karena aku sering coba berbagai produk skincare, jerawat juga kerap muncul kalo aku salah pakai produk. Tapi gak lama sih, lebih cepat teratasi karena aku udah paham kulitku maunya gimana.

Tapi ya, tapiii, kulitku jadi meradang lagi gara-gara aku gak rajin double cleansing. Awalnya sih aku cuma pakai micellar water tanpa pakai facial wash lagi. Kesalahanku ada di situ sih. Untungnya masalah ini bisa teratasi dengan cepat tanpa banyak drama.

Udah gak urusan lagi nih sama jerawat, aku malah berhadapan sama bekas jerawat yang ngilanginnya juga lumayan susah. Pas itu aku fokus ke produk-produk brightening karena emang mau ngilangin bekas jerawat. Karena sering banget pakai produk brightening, kulitku jadi lebih cerah dan glowing gitu, tapi belang banget sama tangan yang jarang aku rawat hahaha.

But, gapapa. Di tahun ini aku banyak nemu produk-produk bagus yang work di kulit, bahkan sempet jadi produk favoritku karena emang bagus banget. I can't say much buat tahun ini, yang jelas aku seneng kulitku udah berjalan dengan normal seperti kulit manusia pada umumnya.

2021: I'm Totally Fine


Di tahun 2021, kulitku juga gak mengalami banyak masalah. Sayangnya pas tahun ini aku jadi agak males pakai skincare karena beberapa alasan. Alasan utamanya sih karena jenuh, aku udah bosen coba skincare dan pengen rehat sejenak hahaha. Tapi gara-gara alasan konyol itu, kulitku jadi kering, gampang dehidrasi, dan kusam.

Akhirnya ya aku mulai rajin skincare-an lagi buat ngurangin kulit kusam, dan aku jadi addicted banget sama produk-produk yang melembapkan dan menghidrasi. Ya bisa dibilang, tahun ini berjalan mulus tanpa bikin aku kesal dengan masalah kulit.

2022-Seterusnya: The Endless Skin Journey


Tahun 2022 jadi saksi aku flashback nyeritain perjuanganku melawan jerawat 5 tahun lalu. Di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya bakal jadi perjalanan gak berujung karena aku akan tetep pakai skincare tanpa tapi. Karena misi utamaku sekarang bukan lagi sembuh dari jerawat, tapi biar bebas dari penuaan dini alias emoh peyot, hahaha.

Salah satu alasan awalku bikin blog ini adalah untuk nge-track skincare apa aja yang aku pakai dan gimana progressnya di kulitku. Ternyata lama-lama banyak juga yang baca dan terbantu banget sama review produk yang aku tulis. I'm so glad pas banyak yang bilang kalau reviewku sangat membantu mereka untuk menemukan produk yang pas. Selain skincare, aku juga mulai merambah review makeup. Mulai dari makeup yang emang aku pakai dan aku suka, sampai produk-produk makeup yang baru aku coba berkat sponsopship.

Tips Bebas Jerawat


Dari 5 tahun perjuanganku dapetin kulit bebas jerawat, aku jadi nangkep beberapa poin buat terbebas dari jerawat yang bakal aku rangkum disini.

Jaga Kulit Tetap Lembap dan Terhidrasi


Aku baru menyadari kalo kulit lembap dan terhidrasi adalah kunci kulit yang sehat. Pas itu, kulitku emang berminyak dan aku berpikir kalo kulit berminyak gak butuh pelembap. Itu salah besar sih, hal itu malah bikin kulitku dehidrasi dan barrier nya rusak. Makanya kulitku yang awalnya mungkin cuma breakout biasa dan bisa diatasi dengan cepat, jadi lebih parah karena skin barrier ku rusak.

Produk pelembap dan hydrating toner yang aku pakai pas itu cuma dari Hada Labo Gokujyun Lotion & Milk. Kemudian aku beralih pakai Innisfree Green Tea Seed Cream. Kalo aku lebih ngejagoin Hada Labo karena murah dan hasilnya lebih oke dari Innisfree.

Rutin Eksfoliasi


Aku baru rutin melakukan eksfoliasi sejak akhir 2018 dengan menggunakan exfoliating toner. Hal ini berdampak banget sih karena dengan eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang menumpuk jadi terangkat sehingga kulit jadi cepat beregenerasi. Tapi jangan over sih, apalagi kalo masih pemula, cukup 2-3x aja seminggu.

Buat eksfoliasi ini aku emang lebih menyarankan pakai exfoliating toner, atau serum. Karena kalo pakai scrub gitu malah harsh di kulit dan gak bagus buat kulit berjerawat. Untuk produknya, aku paling rekomen Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner sama SbcSkin 2% BHA Toner.

Double Cleansing Itu Penting!


Jangan kayak aku yang udah terlena sama jerawat yang jarang muncul, aku jadi males double cleansing. Pas itu aku cuma pakai micellar water, habis itu yauda, aku gak lanjut cuci muka dan pakai skincare lainnya. So, I warn you, double cleansing itu penting!

Buat produknya sih aku lebih rekomen kalian pakai cleansing oil atau cleansing balm daripada micellar water. Kalian bisa coba cleansing oil-nya Hada Labo atau cleansing balm-nya Heimish. Menurutku kedua produk itu yang terbaik sih, harganya juga gak begitu mahal. Untuk second cleansernya, kalian sesuaikan aja sama preferensi kalian. But, I highly recommended cleanser yang gentle kayak punyanya Hada Labo.

Back to Basic Skincare


Kalo kulit kalian udah gak mempan dipakein ini itu, it's time to back to basic. Udah lepas aja penggunaan skincare berlayer-layermu, ayo kita kembali ke awal, ke basic-nya. Dengan pakai skincare yang basic (cleanser-toner, moisturizer, sunscreen), kulit jadi lebih kalem dan kamu pasti bakal paham kulitmu maunya kayak gimana.

Dengan balik ke basic skincare, kamu juga gak perlu buang banyak uang buat beli bermacam-macam serum atau essence yang mungkin aja gak ada manfaatnya di kulitmu. Kalo emang kulitmu gak bisa diatur, kembali ke basic emang kuncinya, coba aja deh.

In The End...


Kayaknya segitu dulu ya sharing dari aku. Aku nulis beberapa poin yang bisa kamu terapin buat dapet kulit bebas jerawat. Intinya sih kamu harus paham sama kemauan kulit dan jangan pernah bikin kulitmu dehidrasi. Semoga ceritaku kali ini lebih memotivasi kalian untuk bebas dari jerawat. Yuk bisa yuk, kalo aku bisa, kalian juga pasti bisa!

Kalau kalian punya pengalaman melawan jerawat yang serupa, kalian boleh banget bagi link postingan di kolom komentar. Aku akan dengan senang hati mengunjungi dan membaca kisah kalian. So, terima kasih sudah membaca postingan random ini sampai selesai, sampai jumpa di lain cerita. 

6 Comments:

  1. asli pas wajah yang tadinyn kita kira bandel terhadap badai xD terynata bisa breakout kaya gitu aku juga sempet ngerasain yg hopeless sampe jadi males di apa apain. Tapi ternyata back to basic skincare dan pelan2 sembuhin jerawatnya sampe kulit kita jadi lebih flawless tuh memuaskan banget akhirnya.

    BalasHapus
  2. Perjuangan ga mengkhianati hasil ya beb, semangat acne warrior

    BalasHapus
  3. Kalau bahas jerawat tuh suka sedih. Karena dulu aku jerawatan sampe ada orang yang bilang "ngobrol sama kamu tuh enggak fokus, fokusku ke jerawat mu."

    BalasHapus
  4. Setujuuu, rutin exfo penting banget emang sih

    BalasHapus
  5. sama banget, yg ak kira kulitku badak.. pas masuk kepala tiga tumbang.. hormonal parah..smp skrg hampir 2thn jerawatan trs.. capek bgt 😭

    BalasHapus
  6. Semangat buat acne fighter! Congrats ya akhirnya nemuin produk yang beneran cocok

    BalasHapus

Tinggalkan komentar setelah baca postinganku, ya, supaya bisa aku visit back. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi untuk menghindari komentar-komentar negatif. Thank you.